TINJAUAN KEPUASAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) DI RUMAH SAKIT SILOAM BALIKPAPAN

Authors

  • Hanif Andini Universitas Esa UnggulProgram Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Adi Widodo Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Nanda Aula Rumana Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Laela Indawati Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.8021

Keywords:

dimensi, evaluasi, rekam medis

Abstract

Rekam Medis Elektronik (RME) adalah teknologi informasi yang digunakan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) dalam mengumpulkan, menyimpan, mengolah dan peng-akses-an data rekam medis pasien dari berbagai sumber data medis di fasyankes. Rumah Sakit Siloam Balikpapan sendiri telah menggunakan RME sejak tahun 2017. Salah satu bentuk evaluasi sistem yaitu melakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem RME di Rumah Sakit Siloam Balikpapan, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah staf yang dapat mengakses dan dapat menggunakan sistem RME, dimana besaran sampel yang didapat dari hasil penghitungan jumlah populasi yaitu berjumlah 76 orang. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan sistem random sampling. Teknik pengumpulan data dengana cara wawancara adapun intrumen pengumpulan data yaitu berupa kuisioner. Hasil dari penelitian terhadap 5 dimensi didapat kepuasan pengguna terhadap dimensi dimensi isi (content) sebesar 53,9%, dimensi keakuratan (accuracy) sebesar 56,5%, dimensi tampilan (format) sebesar 69,7%, dimensi ketepatan waktu (timeliness) sebesar 50% dan dimensi kemudahan dalam penggunaan (ease of use) sebesar 82,9%. Hasil akhir kepuasan pengguna terhadap sistem RME di Rumah Sakit Siloam Balikpapan didapatkan hasil 52,6% pengguna merasa puas dan 47,4% pengguna merasa tidak puas.

References

Adrianti, H. (2019). Peer Review Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction (Eucs) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik (E-Puskesmas) Di Puskesmas Sawah Besar Jakarta. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 6(2), 63–69.

Damayanti, A. S. (2018). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi TAPP Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). SKRIPSI.

Handiwidjojo, W. (2009). Perkembangan Teknologi Rekam Medis Elektronik Di Rumah Sakit. Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, 2(1), 36–41.

Munthe, N. S. (2019). Tingkat Kepuasan Pengguna Opac Dengan Metode End User Computing Statispaction (Eucs) Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. SKRIPSI, 1–51.

Nilawati. (2019). Sistem Rekam Medis Elektronik Dalam Pandangan Perawat Manajer.

Pemerintah RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Siregar, Y. D. F. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode EUCS Di RSUD Dolokasanggul Tahun 2020. 7(1), 581–593.

Suprapta, K. (2018). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pemilihan Konsentrasi Dengan Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Sistem Dan Informatika, 13(1), 6–11.

Supriyono, Meliala, A., & Sri Kusumadewi. (2017). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Metode Hot Fit Di Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi. Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat, 2(3), 39–44.

Syahrullah, Ngemba, H. R., & Hendra, S. (2016). Evaluasi EMR Menggunakan Model EUCS. Yogyakarta: Semnasteknomedia, 73–78.

Wahyuningsih Nugraheni, S. (2017). Evaluasi Sistem Informasi Rekam Medis di RSUD Kota Surakarta dalam Mendukung Rekam Kesehatan Elektronik. Indonesian Journal On Medical Science, 4(1), 33–43.

Downloads

Published

2022-12-17