PERUBAHAN PENGETAHUAN TERKAIT PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN DI PONDOK PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v3i4.7691Keywords:
pengetahuan, kecelakaan, pertolongan pertamaAbstract
Pertolongan pertama adalah penanganan atau perawatan awal dari terjadinya suatu penyakit atau kecelakaan. Hal ini dapat biasanya dilakukan oleh orang yang bukan ahli dalam menangani kejadian sakit atau cedera, sampai menunggu pengobatan definitif dapat diakses. Saat ini santri di pondok pesantren Al Hijrah belum terpapar terkait gambaran pertolongan pertama padahal hal tersebut penting untuk diketahui hingga diimplementasikan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan sekaligus motivasi pembina dan kader UKS untuk berperan aktif dalam pertolongan pertama pada kecelakaan. Jenis penelitian kuantitatif, design eksperimen dengan sampel merupakan santri sebanyak 28 orang yang merupakan kader UKS terdiri dari santri tingkatan aliyah, tsanawiyah, ibtidaiyah dan menggunakan total sampling serta variabel utama adalah pengetahuan. Data dikumpulkan lewat kegiatan pre dan post test, yang diantara tes tersebut diberikan edukasi seputar gambaran pertolongan pertama pada kecelakaan. Dilakukan analisis data dan ditemukan data merupakan data tidak berdistribusi normal sehingga digunakan uji statistik wilcoxon. Hasil diketahui terdapat perbedaan antara tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan edukasi dengan statistik nilai (p) 0019. Kesimpulan : Terdapat distribusi frekuensi kurang pada pengetahuan sebelum pemberian, distribusi frekuensi baik setelah dilakukan edukasi, disarankan kepada kader UKS yang telah diberikan edukasi untuk giat menyebarluaskan informasi kepada santri lainnya terkait pertolongan pertama pada kecelakaan.References
Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Siswa Anggota PMR Di SMA Negeri 1 Binangun. 1-7, 1.
Kristanto,(2016). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Keterampilan P3K Pada Siswa MPR di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kurniasari, M. D. (2014). Efektivitas Media Pembelajaran Video Compact Disk (VCD) Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Pada Siswa SMP 2 Mejobo Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Lasut, N. G. C., Mulyadi, N., & Killing, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Akibat Kecelakaan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pertolongan Pertama Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 6 Manado l. Jurnal Keperawatan, 6(1).
Sai, I. Y., Kundre, R., & Hutauruk, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(2).
Winarto, R. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Dengan Motivasi Menolong Kecelakaan Lalu Lintas Pada Remaja Di Smk Binakarya I Karanganyar (Doctoral dissertation, Stikes Muhammadiyah Gombong).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muh Fauzar, Heriyati Heriyati, Hermin Husaeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).