PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN PENDAFTARAN ONLINE DI LINGKUNGAN HOME CARE KESEHATAN: STUDI KASUS DI PRAKTIK DR NOVITA MARTA TUMANGGOR

Authors

  • Bagas Saputra Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Daniel Happy Putra Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Puteri Fannya Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Laela Indawati Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6913

Keywords:

perancangan sistem, pendaftaran, wordpres

Abstract

Pemanfaatan teknologi dan perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat dimana hampir setiap kegiatan di lakukan sehari-hari tidak dapat di pisahkan dari pengaruh teknologi informasi, baik sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan bisnis yang baik. dr Novita Marta Tumanggor  adalah layanan kesehatan mandiri yang berlokasi di Kalimantan utara. Demi memenuhi kebutuhan dalam layanan pasien maka perancangan sistem pendaftaran pelayanan pasien berbasis komputer benar-benar sangat diperlukan untuk mencapai pelayanan kesehatan yang sangat optimal. Pendaftaran pasien pada layanan home care dilakukan diruang home care yang penjadwalanya masih menggunakan nomor antrian sehingga pasien harus antri diruang klinik untuk menunggu nomor antrian pelayanan yang mengakibatkan penuhnya ruangan pada satu waktu. Pengembangan sistem yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan metode waterfall, dengan melakukan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analiys, design, coding dan testing, sehingga pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linierPenelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap pengguna. Dalam perancangan sistem menggunakan metode waterfall dengan perancangan sistem menggunakan aplikasi wordpres. untuk menjalankan local host di gunakan software xamp dan Mysql sebagai basis data. Hasil dari penelitian ini berupa website yang dapat mempermudah dalam memberikan informasi.

References

Andreas, I. M. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Delanggu Klaten.

Gunawan, Indra, R. (2021). Keamanan Data (Issue January).

Jayanto, M. S. (2016). Kewajiban Dokter Dan Sanksi Terhadap Dokter Yang Memberikan Pelayanan Medis Kepada Pasien Menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009/Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004.

Pratama, T. W. Y., Sudalhar, & Abdillah, F. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran dan Pelayanan Pasien Rawat Jalan Berbasis Website di Puskesmas Padangan Kabupaten Bojonegoro. Jmiki.Aptirmik.or.Id, 8(2), 171–178.

Pujiwidodo, D. (2016). Perancangan Website Pt. Kertas Leces Sebagai Media Informasi Dengan Konsep Simple Natural. III(2), 2016.

Rumbaugh, J. (2014). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berbasis Website Pada Rumah Sakit Rawamangun. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 5(2), 14–36.

Sopandi, R., Taufik, A., Abdussomad, A., & Kurnia, R. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Berbasis Web Pada Klinik Johar Kabupaten Karawang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(2), 61–70.

Suprihadi, U. (2021). Mudah dan Praktis Membuat Website Menggunakan Wordpress.

Tampubolon, N. (2018). Sistem Pengisian Data Identitas Pasien Pada Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Karya Husada Kota Perdagangan. Skripsi, 1–89.

Waralalo, M. haya. (2019). Analisis User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada AIS UIN Jakarta Menggunakan Metode Heuristik Evaluation dan Webuse dengan Standar Iso 13407. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2022-09-21

How to Cite

Saputra, B., Putra, D. H. ., Fannya, P. ., & Indawati, L. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN PENDAFTARAN ONLINE DI LINGKUNGAN HOME CARE KESEHATAN: STUDI KASUS DI PRAKTIK DR NOVITA MARTA TUMANGGOR. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(3), 466–478. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6913