GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI POSYANDU PILANGSARI SRAGEN

Authors

  • Novia Ariani Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Erika Dewi Noorratri Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6912

Keywords:

Ibu, perkembangan motorik kasar, tingkat pengetahuan

Abstract

Menurut Data UNICEF 2019 menyebutkan bahwa terdapat 27,5% atau 3 juta anak mengalami gangguan khususnya gangguan perkembangan motorik. Pada saat ini banyak orang tua yang tidak memperhatikan perkembangan motorik anaknya sehingga anak mengalami gangguan/keterlambatan perkembangan motorik. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik yaitu pengetahuan ibu. Pengetahuan orangtua tentang perkembangan pada anak diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak. Ibu yang mempunyai cukup pengetahuan dan pendidikan yang tinggi akan lebih memperhatikan perkembangan anaknya. Sedangkan, jika ibu tidak memperhatikan perkembangan anak maka anak akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di posyandu Pilangsari Sragen. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif survey, populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun di Posyandu Pilangsari Sragen sebanyak 38 ibu, pengambilan sampel menggunakan tekhnik total sampling dengan jumlah sampel 38 responden, alat untuk pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun, analisis data menggunakan analisa univariat. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan ibu dengan kategori kurang sebanyak 7 orang (18.4%), kategori cukup sebanyak 26 orang (68.4%) dan kategori baik sebanyak 5 orang (13.2%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun mayoritas dalam kategori cukup.

References

Afifah, Nisrina, dan Roro Rukmi Windi Perdani. 2018. Hubungan Stimulasi Orangtua Dengan

Perkembangan Motorik Halus Dan Personal Anak Usia 0-3 Tahun Di Kelurahan Penengahan Raya

Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Majority, 2(1).

Asmuddin, Salwiah, dan Muh. Zaenal Arwih. 2022. Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Di

Taman Kanak-kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi, 6(4): 3429-3438.

Fitriani, I. S., dan Oktobriani, R. R. 2017. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Orang Tua terhadap

Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Indonesian Journal for

Health Sciences, 1(1).

Ifahlama, D., dan Hikmah, N., 2020. Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Kasar Pada Balita

Usia 3-4 Tahun. Infokes, 10(2): 20-27.

Inggriani, D. M., Rinjani, M., dan Susanti, R. 2019. Deteksi dini tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun

berbasis aplikasi android. Jurnal Wellness and Healthy Magazine, 1(1), 115 124.

Jurana. 2017. Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak Usia 1-3 Tahun (Toodler) Di Kelurahan

Mamboro Barat Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro. Jurnal Ilmiah Kedokteran Medika

Tadulako, 4(3).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kementrian

Kesehatan Republik Indonesia.

Nugrahaningtyas, D. 2020. Hubungan pengetahuan orangtua dengan pelaksanaan stimulasi

perkembangan anak pra sekolah usia 2 tahun di PAUD Kecamatan Ngaglik Yogyakarta. Poltekkes

Kemenkes Yogyakarta. Yogyakarta.

Perwira, M. I., Indriati, G., dan Dewi Y.I. 2022. Gambaran Pengetahuan Ibu Dalam Menstimulasi Perkembangan

Motorik Anak Toodler. Jurnal Kesehatan Indonesia. 7(1).

Prastiwi, M. H. 2019. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan

Sandi Husada, 10(2): 234.

Pratiwi, E. P. 2017. Meningkatkan Kemampouan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Pada

Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Melati Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. 6(1).

Tamasengge. J., Surudani, C.J., Hinonaung, J. S. H., 2018. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang

Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 2-5 Tahun Di Kelurahan Mahena. Jurnal Ilmiah

Sesebanua, 2(2): 115-117.

UNICEF. 2019. The state of the world’s children 2019: Children, food and nutritioin growing well in a

changing world (The State of The World’s Children). New York. UNICEF.

WHO. 2018. Levels and trends in child malnutritioin. http://www.who.int/nutgrowthdb

Yuliana, E., 2017. Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dan Bergizi Terhadap

Pemilihan Jajanan di Sekolah. Diakses dari

http://repository.ump.ac.id/4114/3/Erlin%Yuliana_BAB%20II.pdf pada 23 Juli 2022 pukul 19.30

WIB.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Ariani, N., & Noorratri, E. D. . (2022). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI POSYANDU PILANGSARI SRAGEN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(3), 453–458. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6912