GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI POSYANDU PILANGSARI SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6912Keywords:
Ibu, perkembangan motorik kasar, tingkat pengetahuanAbstract
Menurut Data UNICEF 2019 menyebutkan bahwa terdapat 27,5% atau 3 juta anak mengalami gangguan khususnya gangguan perkembangan motorik. Pada saat ini banyak orang tua yang tidak memperhatikan perkembangan motorik anaknya sehingga anak mengalami gangguan/keterlambatan perkembangan motorik. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik yaitu pengetahuan ibu. Pengetahuan orangtua tentang perkembangan pada anak diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak. Ibu yang mempunyai cukup pengetahuan dan pendidikan yang tinggi akan lebih memperhatikan perkembangan anaknya. Sedangkan, jika ibu tidak memperhatikan perkembangan anak maka anak akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di posyandu Pilangsari Sragen. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif survey, populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun di Posyandu Pilangsari Sragen sebanyak 38 ibu, pengambilan sampel menggunakan tekhnik total sampling dengan jumlah sampel 38 responden, alat untuk pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun, analisis data menggunakan analisa univariat. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan ibu dengan kategori kurang sebanyak 7 orang (18.4%), kategori cukup sebanyak 26 orang (68.4%) dan kategori baik sebanyak 5 orang (13.2%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun mayoritas dalam kategori cukup.References
Afifah, Nisrina, dan Roro Rukmi Windi Perdani. 2018. Hubungan Stimulasi Orangtua Dengan
Perkembangan Motorik Halus Dan Personal Anak Usia 0-3 Tahun Di Kelurahan Penengahan Raya
Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Majority, 2(1).
Asmuddin, Salwiah, dan Muh. Zaenal Arwih. 2022. Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Di
Taman Kanak-kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi, 6(4): 3429-3438.
Fitriani, I. S., dan Oktobriani, R. R. 2017. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Orang Tua terhadap
Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Indonesian Journal for
Health Sciences, 1(1).
Ifahlama, D., dan Hikmah, N., 2020. Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Kasar Pada Balita
Usia 3-4 Tahun. Infokes, 10(2): 20-27.
Inggriani, D. M., Rinjani, M., dan Susanti, R. 2019. Deteksi dini tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun
berbasis aplikasi android. Jurnal Wellness and Healthy Magazine, 1(1), 115 124.
Jurana. 2017. Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak Usia 1-3 Tahun (Toodler) Di Kelurahan
Mamboro Barat Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro. Jurnal Ilmiah Kedokteran Medika
Tadulako, 4(3).
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kementrian
Kesehatan Republik Indonesia.
Nugrahaningtyas, D. 2020. Hubungan pengetahuan orangtua dengan pelaksanaan stimulasi
perkembangan anak pra sekolah usia 2 tahun di PAUD Kecamatan Ngaglik Yogyakarta. Poltekkes
Kemenkes Yogyakarta. Yogyakarta.
Perwira, M. I., Indriati, G., dan Dewi Y.I. 2022. Gambaran Pengetahuan Ibu Dalam Menstimulasi Perkembangan
Motorik Anak Toodler. Jurnal Kesehatan Indonesia. 7(1).
Prastiwi, M. H. 2019. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan
Sandi Husada, 10(2): 234.
Pratiwi, E. P. 2017. Meningkatkan Kemampouan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Pada
Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Melati Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. 6(1).
Tamasengge. J., Surudani, C.J., Hinonaung, J. S. H., 2018. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang
Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 2-5 Tahun Di Kelurahan Mahena. Jurnal Ilmiah
Sesebanua, 2(2): 115-117.
UNICEF. 2019. The state of the world’s children 2019: Children, food and nutritioin growing well in a
changing world (The State of The World’s Children). New York. UNICEF.
WHO. 2018. Levels and trends in child malnutritioin. http://www.who.int/nutgrowthdb
Yuliana, E., 2017. Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dan Bergizi Terhadap
Pemilihan Jajanan di Sekolah. Diakses dari
http://repository.ump.ac.id/4114/3/Erlin%Yuliana_BAB%20II.pdf pada 23 Juli 2022 pukul 19.30
WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novia Ariani, Erika Dewi Noorratri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).