PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN RSUD HAJI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6574Keywords:
relationship marketing, kepuasan pasien, instalasi rawat inapAbstract
Kepuasan pasien adalah suatu keadaan yang dirasakan oleh seseorang setelah ia mengalami suatu Tindakan atau hasil dari Tindakan atau hasil dari Tindakan yang memenuhi harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross-sectional study. Sampel pada penelitian ini adalah pasien di Instalasi rawat jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 170 responden. Analisis data menggunakan uji chi square. Rata-rata responden berada pada tingkat umur 25-35 tahun (53.5%), jenis kelamin perempuan (74.1.%), pekerjaan wiraswasta (52,9%), pendidikan terakhir SMA (46.4%), Poliklinik Interna (39.5%), Jarak < 5 Km (66.5%), Jumlah kunjungan Tidak terhingga (89%). Uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan relationship marketing dengan kepuasan pasien dengan nilai (P=0.000), jika strategi bisnis dan pemasaran yang dilakukan dengan baik oleh rumah sakit akan dapat memberdayakan keinginan pelanggan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Disarankan untuk meningkatkan relationship marketing dengan mempromosikan pelayanan-pelayanan yang ada dirumah sakit melalui media sosial dan juga pada setiap loket pendaftaran pasien sehingga para pengunjung akan mendapatkan informasi yang jelas, melakukan strategi pemasaran untuk menciptakan keunikan dari rumah sakit, menyediakan fasilitas yang ada diruang perawatan canggih atau modern, petugas kesehatan (dokter atau perawat)melibatkan keluarga dalam menyampaikan informasi tentang kondisi pasien, memberikan saran terhadap kondisi yang dihadapi pasien.References
Alrubaiee, L. (2011). The Mediating Effect of Patient Satisfaction in the Patients â€TM Perceptions of Healthcare Quality – Patient Trust Relationship, 3(1), pp. 103–127.
Arab, M., Rashidian, A., Pourreza, A., Tajvar, M., Nemati, R. K., Sari, A. A., & Forooshani, A. R. (2014). Developing a Persian inpatient satisfaction questionnaire. Internaional Journal of Health Care Quality Assurance, 27, 4–14. https://doi.org/10.1108/IJHCQA-10-2011-0059
Koné Péfoyo, A. J. and Wodchis, W. P. (2013) ‘Organizational performance impacting patient satisfaction in Ontario hospitals: a multilevel analysis.’, BMC research notes, 6, p. 509.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, 14th Edition United States of America: Pearson
Maulidi., Rofiq, A. (2012). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Studi Pada Nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Cabang Bawen. Jurnal Manajemen Universitas Brawijaya Malang.
Murti, S. H. (2013). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Unnes, (1), ISSN 2552-6552.
Rahmani, Z. et al. (2017) ‘The study of the relationship between value creation and customer loyalty with the role of trust moderation and customer satisfaction in Sari hospitals’, pp. 4474–4478.
Samuel, H. (2012). Customer Relationship Marketing Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Perbankan Nasional. Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), ISSN 1907-235X.
Smeltzer & Bare. (2008). Medical Surgical Nursing. (3rd ed.). Australia: Lippincott & Wilkins.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, S.Ernawati. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: CV. Andi
Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi
Tjptono, F. (2010). Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul hidayah Nur, Nurfitriani Nurfitriani, Andi Niartiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).