GAMBARAN PENGETAHUAN PENANGANAN CEDERA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA ANGGOTA MERPATI PUTIH SMA NEGERI 2 PURBALINGGA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6541Keywords:
Audiovisual, cedera, pengetahuanAbstract
Atlet pencak silat dalam setiap latihan atau pertandingan sering mengalami cedera, tetapi mereka tidak mengetahui tentang penanganan cedera. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang baik dari atlet pencak silat sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan. Dengan demikian, untuk mencapai perubahan tersebut perlu dilakukan edukasi terhadap atlet pencak silat supaya dapat mengetahui tentang penanganan dan pencegahan cedera. Edukasi yang baik dapat dilakukan dengan menggunakan media audiovisual. Media audiovisual merupakan media yang dapat memberikan gambaran yang lebih nyata karena menarik dan mudah untuk di ingat. Untuk mengetahui gambaran pengetahuan penanganan cedera melalui media audiovisual pada anggota Merpati Putih SMA Negeri 2 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental with one group pre test-post test design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Purbalingga dengan jumlah sampel 24 responden dan dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan Paired Sample T - test. Penelitian ini menunjukkan peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian intervensi menggunakan media audiovisual dengan hasil nilai p value menunjukkan 0,000 (< 0,005). Media audiovisual berpengaruh sangat signifikan terhadap pengetahuan penanganan cedera pada anggota Merpati Putih SMA Negeri 2 Purbalingga.References
Addiarto, W. (2018). Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Audio Visual Dan Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Skill Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Pada Mahasiswa Keperawatan. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 1(2), 83–88. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v1i2.104
Adelborg, K., Thim, T., Secher, N., & Grove, E. (2011). Benefits and Shortcomings of Mandatory First Aid and Basic Life Support Courses for Learner Drivers. Resuscitation, 82.
Aisyah, S., Syafar, M., & Amiruddin, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv & Aids Di Kota Parepare. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 3(1). https://doi.org/10.30597/jkmm.v3i1.10299
Alwi, H. (2008). Sejarah Perkembangan Pencak Silat. Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Amichai, Y. (2013). The Handbook of Intergroup Communication Chapter Reducing Intergroup Conflict In The Digital Age. New York : Routledge.
Ariani. (2014). Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Nuha Medika.
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Batas, A., Mongan, S., & Mewengkang, M. (2014). Pengetahuan dan Sikap Wanita Mengenai Kanker Serviks dan Pap Smear Di RSU. Hermana Lembean Bulan November-Desember Tahun 2013. E-CliniC, 2(1). https://doi.org/10.35790/ecl.2.1.2014.3598
Endiyono, & Aprianingsih, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Saka Bakti Husada. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(2), 83–92. http://medika.respati.ac.id/index.php/Medika/article/view/178
Fatmawati, B. R., Suprayitna, M., & Prihatin, K. (2019). Efektifitas Edukasi Basic Life Support dengan Media Audiovisual dan Praktik Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Jenjang D.III Stikes Yarsi Mataram Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(1), 6–12. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i1.2019.68
Fitri, A., Wulandini, P., & Sari, T. K. (2019). Pengetahuan Siswa/I Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Saat Berolahraga Di Sma Olahraga Rumbai Pekanbaru Provinsi Riau 2019. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.36341/jka.v3i1.815
George, D., Rovniak, L., & Kraschnewski, J. (2013). Dangers and Opportunities for Social Media in Medicine. Clin Obstet Gynecol, 3(56), 453–462. https://doi.org/10.1097/GRF.0b013e318297dc38.Dangers
Hita, & Dharma, I. P. A. (2020). Pengetahuan Siswa Ekstrakurikuler SMA Sederajat Kota Surakarta Tentang Pencegahan, Perawatan, Dan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal Menssana, 5 No.2, 146–156.
Isyunanto, A. A. (2014). Konstruksi Sosial Perempuan dalam Mengikuti Bela Diri (Studi Deskriptif Tentang Makna Bela Diri bagi Perempuan serta Masyarakat dalam Melihat Perempuan yang Mengikuti Bela Diri Persaudaraan Setia Hati Terate di Universitas Negeri Surabaya).
Khaterina, & Garliah, L. (2012). Perbedaan Kecerdasan Emosi pada Pria dan Wanita yang Mempelajari dan Yang Tidak Mempelajari Alat Musik Piano. Predicara, 1(1), 17–20.
Khayudin, B. A. (2020). Pengalaman Masyarakat Sebagai Penolong Awam Dalam Memberikan Pertolongan Kepada Korban Kecelakaan Lalu Lintas Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 10(2), 62–65. https://doi.org/10.37413/jmakia.v10i2.8
Kureckova, V., Gabrhel, V., Zamecnik, P., Rezac, P., Zaoral, A., & Hobl, J. (2017). First aid as an important traffic safety factor – evaluation of the experience–based training. European Transport Research Review, 9(1). https://doi.org/10.1007/s12544-016-0218-4
Madinah, S., Rahfiludin, M. Z., & S. A, N. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Thd Tingkat Pengetahuan Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(1), 332–340.
Moorhead, S. A., Hazlett, D. E., Harrison, L., Carroll, J. K., Irwin, A., & Hoving, C. (2013). A new dimension of health care: Systematic review of the uses, benefits, and limitations of social media for health communication. Journal of Medical Internet Research, 15(4), 1–17. https://doi.org/10.2196/jmir.1933
PMI DKI JAKARTA. (2018). Pertolongan Pertama. PMI DKI Jakarta. Diambil pada Januari 2022. Diakses melalui https://pmidkijakarta.or.id/
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Primavera, I. R. C., & Suwarna, I. P. (2014). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1, 122–129.
Setiawan, B., & Rustiana, E. R. (2014). Pengembangan Self Massage Dan Terapi Latihan Pada Cedera Ankle (Pergelangan Kaki). Journal of Physical Education and Sports, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.15294/jpes.v3i1.4784
Sumadi, P., Laksmi, I. A. A., Putra, P. W. K., & Suprapta, M. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Anggota PMR Di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.2874
Triyani, E., & Ramdani, M. L. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Dengan Metode Prices Pada Anggota Futsal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September, 377–384.
Ulya, I., Ratnawati, R., & Kumboyono, K. (2017). Studi Fenomenologi: Pengalaman Petugas Kepolisian Dalam Memberikan Tindakan Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan Lalu Lintas. Majalah Kesehatan, 4(4), 200–208. https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.2017.004.04.6
Usman, Almumtahanah, Kawuryan, U., Kartika, W., Halwa, A. S., & Wariani. (2021). Kejadian Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan. 12(1), 58–62.
Zaidi, Z. F. (2010). Gender Differences in Human Brain?: A Review. The Open Anatomy Journal. 37–55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Purbo Asmoro Widagdo, Atika Dhiah Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).