KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMPIT AL-GHOZALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.5045Keywords:
Adolescent, Emotional intelligenceAbstract
Kecerdasan emosional ialah keterampilan individu yang bisa memahami perasaannya dan sekitarnya, kemampuan stimulus dalam diri, bertahan terhadap frustasi, dorongan hati, serta kemampuan mengolah emosi dalam diri maupun dengan lingkungan sekitar. Faktor internal dan eksternal merupakan faktor-faktor yang bisa memengaruhi tingkat kecerdasan emosional pada masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember. Pada artikel ini memakai metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskripsi analitik dengan Survey Research. Jumlah anggota keseluruhan dalam penelitian ini sejumlah 329 orang, dengan pengambilan sampel sebesar 115 remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember menggunakan metode pengambilan simple random sampling. Pengambilan data menggunakan angket Schutte Emotional Intelligence Scale (SEIS) yang memuat 30 pernyataan positif (favorable) dan 3 pernyataan negatif (unfavorable). Penilaian kriteria kecerdasan emosional pada artikel ini dibedakan menjadi dua, ialah tinggi =100-165 rendah =33-99. Pada hasil penelitian ini diketahui frekuensi kecerdasan emosional remaja dengan nilai tinggi ialah sebesar 107 responden (93,04%) dan tingkat kecerdasan emosional rendah sebesar 8 responden (6,96%). Kesimpulan dari penelitian ini ialah kecerdasan emosional remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember diketahui frekuensi kecerdasan emosional remaja dengan nilai tertinggi adalah sebesar 107 responden (93.04%). Data tersebut menunjukkan tingkat kecerdasan emosional dengan nilai tinggi merupakan kecerdasan emosional yang paling dominan bagi remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember sehingga remaja dapat mengoptimalkan berpikir positif pada saat menangani situasi dan menangani tekanan yang terjadi di dalam hidupnya.References
Astuti, P.S. and Sukanadi, N. lLuh (2018) ‘Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak’, pp. 139–144. Available at: http://digilib.uinsgd.ac.id/21505/1/Ijah Bahijah - COVER %2804-04-2017%29.pdf.
Asyik, M.F., Ismanto, Y.A. and Babakal, A. (2015) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Remaja dikelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan’, Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), p. 110232. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/download/8161/7877.
Auliah, M., Fitriani, Y. and Widjayatri, D. (2019) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Permisif terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun’. Available at: http://antologi.upi.edu/file/PENGARUH_POLA_ASUH_ORANG_TUA_PERMISIF_TERHADAP_PERKEMBANGAN_EMOSI_ANAK_USIA_5-6_TAHUN1.pdf.
Karaki, K.B., Rina, K. and Karundeng, M. (2016) ‘Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Perilaku Sulit Makan pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Taman Kanak-Kanak Desa Palelon Kec. Modoinding Minahasa Selatan’, ejournal Keperawatan (e-Kp), 4, pp. 1–7. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/10797/10386.
Novianty, A. (2016) ‘Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosi pada Remaja Madya’, Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(1), p. 100459. Available at: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1539.
Nursalam (2015) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th ed.), Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://adoc.pub/metodologi-penelitian-ilmu-keperawatan.html&ved=2ahUKEwjMsZOqwsX4AhUJTGwGHULuBMIQFnoECBIQAQ&usg=AOvVaw2v6AXM_5ZWKnKBQGXNc7k_.
Sagita Zulfadillah, L. (2018) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tanjung Gusta. Universitas Sumatera Utara.
Setyaningrum, R., Utami, H.N. and Ruhana, I. (2016) ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), pp. 211–220. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/87120-ID-pengaruh-kecerdasan-emosional-terhadap-k.pdf&ved=2ahUKEwjo6sj_h9bzAhUZOisKHTi1DVkQFnoECC8QAQ&usg=AOvVaw0_8I-j2jwUHNekvUpRAEOD.
Solechan (2019) ‘Pengembangan Kecerdasan Emosional di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang’, 1(2), pp. 43–64. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/download/108/73/243&ved=2ahUKEwjo6sj_h9bzAhUZOisKHTi1DVkQFnoECEMQAQ&usg=AOvVaw2ejEKLQqNfmUsU0BUZ0bvO.
Susilowati, R. (2018) ‘Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini’, ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), p. 145. doi:10.21043/thufula.v6i1.4806.
Winarno (2013) Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Available at: https://www.researchgate.net/publication/322652202_Buku_Metodologi_Penelitian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Adinda Hibatul Khoir Khosazi, Edo Tri Handoko, Nabilatulbalqis, Nafilatulbalqis, Sofia Rhosma Dewi, Shinta Puspita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).