KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMPIT AL-GHOZALI

Authors

  • Adinda Hibatul Khoir Khosazi [email protected]
  • Edo Tri Handoko Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nabilatulbalqis Nabilatulbalqis Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Sofia Rhosma Dewi Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jember
  • Shinta Puspita Sari Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.5045

Keywords:

Adolescent, Emotional intelligence

Abstract

Kecerdasan emosional ialah keterampilan individu yang bisa memahami perasaannya dan sekitarnya, kemampuan stimulus dalam diri, bertahan terhadap frustasi, dorongan hati, serta kemampuan mengolah emosi dalam diri maupun dengan lingkungan sekitar. Faktor internal dan eksternal merupakan faktor-faktor yang bisa memengaruhi tingkat kecerdasan emosional pada masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember. Pada artikel ini memakai metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskripsi analitik dengan Survey Research. Jumlah anggota keseluruhan dalam penelitian ini sejumlah 329 orang, dengan pengambilan sampel sebesar 115 remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember menggunakan metode pengambilan simple random sampling. Pengambilan data menggunakan angket Schutte Emotional Intelligence Scale (SEIS) yang memuat 30 pernyataan positif (favorable) dan 3 pernyataan negatif (unfavorable). Penilaian kriteria kecerdasan emosional pada artikel ini dibedakan menjadi dua, ialah tinggi =100-165 rendah =33-99. Pada hasil penelitian ini diketahui frekuensi kecerdasan emosional remaja dengan nilai tinggi ialah sebesar 107 responden (93,04%) dan tingkat kecerdasan emosional rendah sebesar 8 responden (6,96%).  Kesimpulan dari penelitian ini ialah kecerdasan emosional remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember diketahui frekuensi kecerdasan emosional remaja dengan nilai tertinggi adalah sebesar 107 responden (93.04%). Data tersebut menunjukkan tingkat kecerdasan emosional dengan nilai tinggi merupakan kecerdasan emosional yang paling dominan bagi remaja di SMPIT Al-Ghozali Jember sehingga remaja dapat mengoptimalkan berpikir positif pada saat menangani situasi dan menangani tekanan yang terjadi di dalam hidupnya.

References

Astuti, P.S. and Sukanadi, N. lLuh (2018) ‘Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak’, pp. 139–144. Available at: http://digilib.uinsgd.ac.id/21505/1/Ijah Bahijah - COVER %2804-04-2017%29.pdf.

Asyik, M.F., Ismanto, Y.A. and Babakal, A. (2015) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Remaja dikelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan’, Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), p. 110232. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/download/8161/7877.

Auliah, M., Fitriani, Y. and Widjayatri, D. (2019) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Permisif terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun’. Available at: http://antologi.upi.edu/file/PENGARUH_POLA_ASUH_ORANG_TUA_PERMISIF_TERHADAP_PERKEMBANGAN_EMOSI_ANAK_USIA_5-6_TAHUN1.pdf.

Karaki, K.B., Rina, K. and Karundeng, M. (2016) ‘Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Perilaku Sulit Makan pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Taman Kanak-Kanak Desa Palelon Kec. Modoinding Minahasa Selatan’, ejournal Keperawatan (e-Kp), 4, pp. 1–7. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/viewFile/10797/10386.

Novianty, A. (2016) ‘Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosi pada Remaja Madya’, Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(1), p. 100459. Available at: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1539.

Nursalam (2015) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th ed.), Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://adoc.pub/metodologi-penelitian-ilmu-keperawatan.html&ved=2ahUKEwjMsZOqwsX4AhUJTGwGHULuBMIQFnoECBIQAQ&usg=AOvVaw2v6AXM_5ZWKnKBQGXNc7k_.

Sagita Zulfadillah, L. (2018) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tanjung Gusta. Universitas Sumatera Utara.

Setyaningrum, R., Utami, H.N. and Ruhana, I. (2016) ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), pp. 211–220. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/87120-ID-pengaruh-kecerdasan-emosional-terhadap-k.pdf&ved=2ahUKEwjo6sj_h9bzAhUZOisKHTi1DVkQFnoECC8QAQ&usg=AOvVaw0_8I-j2jwUHNekvUpRAEOD.

Solechan (2019) ‘Pengembangan Kecerdasan Emosional di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang’, 1(2), pp. 43–64. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/download/108/73/243&ved=2ahUKEwjo6sj_h9bzAhUZOisKHTi1DVkQFnoECEMQAQ&usg=AOvVaw2ejEKLQqNfmUsU0BUZ0bvO.

Susilowati, R. (2018) ‘Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini’, ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), p. 145. doi:10.21043/thufula.v6i1.4806.

Winarno (2013) Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Available at: https://www.researchgate.net/publication/322652202_Buku_Metodologi_Penelitian.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Khoir Khosazi, A. H., Handoko, E. T. ., Nabilatulbalqis, N., Dewi, S. R. ., & Sari, S. P. . (2022). KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMPIT AL-GHOZALI. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 219–225. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.5045

Issue

Section

Articles