STRES IBU TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN ASANO

Authors

  • Diyah Astuti Nurfa'izah Universitas Cenderawasih
  • Winda Julyarni Departemen Maternitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4527

Keywords:

stress, online learning, orang tua

Abstract

Akibat adanya pandemi COVID-19, Kemendikbud RI melakukan sistem pembelajaran secara daring. Adanya perubahan sistem pembelajaran mengakibatkan terjadinya peningkatan stres terhadap ibu. Dari hasil studi pendahuluan dengan wawancara didapatkan hasil bahwa ibu mengalami kesulitan dengan sistem pembelajaran daring, disebabkan ibu mengalami kesulitan dalam membagi waktu dan ibu masih belum memahami aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui gambaran stres ibu dengan anak usia sekolah dasar pada pembelajaran daring saat pandemic COVID-19 di kelurahan Asano. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji korelasi bivariat dengan chi Square. Jumlah sampel 189 orang dan dipilih dengan quota ssampling dan proportional sampel disetiap tingkat/kelas yang memenuhi kriteria inklusi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil yang mengalami stres terbanyak berdasarkan karakteristik usia <35 tahun sebanyak 60 responden (50,8%), pendidikan rendah sebanyak 80 responden (42,3%), tidak berkerja sebanyak 67 reponden (35,4%), dan pendapatan <UMP sebanyak 73 responden (38,6%). Berdasarkan analisa bivariate didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara pekerjaan, pendidikan, dan pendapatan ibu yang mendampingi putra/putrinya secara daring dengan kejadian stres dengan nilai p-value=0,00, tetapi tidak ada hubungan antara usia ibu yang mendampingi putra/putrinya secara daring dengan kejadian stres, p-value= 0,83. Berdasarkan hasil disarankan bagi ibu yang mengalami stres diharapkan dapat mengelola manajemen stres dan mampu menerapkan strategi coping sehingga dapat mengurangi stres selama mendampingi putra/putrinya secara daring.

References

Chairini, N. (2013) ‘Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak usia prasekolah di posyandu kemiri muka’, Skripsi, pp. 1–93.

Dewi, W.A.F. (2020) ‘Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’, Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi:10.31004/edukatif.v2i1.89.

Gloria, J.T. (2020) ‘Stress Pada Ibu Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19’.

Indriani, I. (2011) ‘Pengaruh kepuasan pernikahan terhadap parenting stress: studi pada ibu dengan anak usia 2-5 tahun’, Skripsi [Preprint].

Januwarsih, S. and Triastuti, N.J. (2020) ‘Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Salat Tahajud dan Rekreasi dengan Stres Orang Tua dari Penderita Autis’, 42(October), pp. 444–456.

Kemendikbud, P. (2020) ‘Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)’.

Kemenkes (2020) Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). dr. Listia.

Listyanti, H. and Wahyuningsih, R. (2020) ‘Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring’, Literasi?: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), pp. 23–48. doi:10.22515/literasi.v1i1.3256.

Maraqa, B., Nazzal, Z. and Zink, T. (2020) ‘Palestinian Health Care Workers’ Stress and Stressors During COVID-19 Pandemic: A Cross-Sectional Study’, Journal of Primary Care and Community Health, 11. doi:10.1177/2150132720955026.

Maulana, H.A. and Iswari, R.D. (2020) ‘Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi’, Khazanah Pendidikan, 14(1), pp. 17–30.

Mawartiwi, N.D. and Mendrofa, H.K. (2022) ‘Pengaruh Beban Kerja Terhadap Tingkat Stres Perawat Di Ruang Isolasi Covid-19 Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang’, MAHESA?: Malahayati Health Student Journal, 2(2), pp. 199–205. doi:10.33024/MAHESA.V2I2.5200.

Monks, F.. et al (2006) Psikologi Pekembangan. Yogyakarta: UGM Press.

Muklis, M. (2013) Pendekatan Psikologi Kontemporer Perilaku Masyarakat Pada Aras Kekinian. Malang: UIN MALIKI Press.

Mutiara, R. (2020) ‘No Title’, BENTARA HIKMAH.

Notoatmodjo, S. (2012) Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuha, F.A., Putri, A.M. and Triswanti, N. (2020) ‘Hubungan Antara Karakteristik Orang Tua Dengan Stres Pengasuhan Pada Orang Tua Anak Gangguan Spektrum Autisme’, Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2), pp. 36–47. doi:10.33024/jpm.v2i2.2953.

Nurmalia, P.H. et al. (2021) ‘HUBUNGAN KARAKTERISTIK ORANG TUA DENGAN STRES PENGASUHAN ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB SE_BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019’, Jurnal Psikologi Konseling, 18 No.1.

Palupi, T.N. (2021) ‘Tingkat Stres Ibu Dalam Mendampingi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jp3Sdm, 10(1), pp. 36–48.

Ramadhany, S.D., Larasati, T.A. and Soleha, T.U. (2017) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Tunagrahita di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Related Factors to Parenting Stress in Mothers of Children with Mental Retardation at Extraordinary School Dharma Bh’, 4.

Rochmah, L., Zaenuri, I. and Sudarsih, S. (2019) ‘Hubungan Stres Dengan Mekanisme Koping Ibu Dalam Pemberian Belajar Membaca Alfabet Pada Anak Retardasi Mental Ringan’, Jurnal Keseh [Preprint].

Rudianto, Y. (2020) Faktor-faktor Individual Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pada Karyawan RS X Yongyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. SANATA DHARMA YOGYAKARTA.

Sihombing, S.J. (2021) ‘Coping stress antara ibu rumah tangga dengan ibu bekerja dalam menghadapi pembelajaran daring’, 10(1), pp. 49–57.

Simanullang, R.H. et al. (2021) ‘The Satisfaction of Health Students to Online Learning Methods During the Covid-19 Pandemic’, Jurnal Aisyah?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2), pp. 307–315. doi:10.30604/jika.v6i2.507.

Simatupang, I.P. and Ricky, D. (2021) ‘TINGKAT STRES IBU DENGAN ANAK BALITA PADA MASA PANDEMIK COVID-19 DI KECAMATAN PARONGPONG’, 9(2), pp. 258–269.

Wawan, A. and M, D. (2011) Teori & Pengukuran, Sikap dan Perilaku Manusia Dilengkapi Contoh Kuesioner. Jogjakarta: Nuha Medika.

WHO (2020) ‘Corona disease (Covid-19)’, World Health Organization.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Nurfa’izah, D. A., & Julyarni, W. . (2022). STRES IBU TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN ASANO. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4527

Issue

Section

Articles