HUBUNGAN PELAKSANAAN TELEMEDICINE PADA KEPUASAN PASIEN SAAT PANDEMI COVID-19 : SYSTEMATIC REVIEW

Authors

  • Alya Diah Ullhaque Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta
  • Endah Pravita Putri Aldia Pratama Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta
  • Putri Aulia Rosmayani Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta
  • Resa Listiani Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta
  • Rizki Amalia Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4403

Keywords:

Covid 19, Kepuasan Pasien, Telemedicine

Abstract

Telemedicine diartikan sebagai pemberian pelayanan kesehatan jarak jauh oleh profesional kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang meliputi pertukaran informasi diagnosis, pengobatan, pencegahan penyakit dan cedera untuk kepentingan kesehatan individu dan masyarakat. Sejak pandemi Covid-19, masyarakat sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu keterbatasan jumlah dokter yang persebarannya belum merata juga menjadi permasalahan utama karena semakin tingginya angka lonjakan kasus Covid-19 maka masyarakat sangat membutuhkan tenaga medis atau dokter. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan telemedicine dengan kepuasan pasien di era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (systematic review) dengan search engine yang digunakan dalam penelusuran literatur diantaranya adalah Google Scholar dan PubMed dengan kata kunci covid-19, kepuasan pasien, telemedicine. Artikel yang dihasilkan dipilih berdasarkan publikasi yang diterbitkan antara tahun 2018 sampai 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pelaksanaan telemedicine di era pandemi Covid-19 dengan kepuasaan pasien berdasarkan faktor usia dan jarak. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan usia pasien dan jarak perjalanan tempat tinggal ke pelayanan kesehatan secara signifikan dapat memengaruhi preferensi untuk kunjungan telemedicine di masa yang akan datang. Selain itu pasien dapat menghemat waktu dan biaya. Jika dilihat dari segi usia, pasien remaja dan dewasa puas dengan kunjungan telemedicine, namun pasien lansia cenderung tidak memilih kunjungan telemedicine di masa depan karena lebih sulit menerima perubahan dan menerima teknologi

References

Abigael, N. F. and Ernawaty, E. (2020) ‘Literature Review: Pengukuran Kesiapan Tenaga Kesehatan dalam Menerima Telehealth atau Telemedicine antara Negara Maju dan Negara Berkembang’, Jurnal Kesehatan, 11(2), p. 302. doi: 10.26630/jk.v11i2.2000.

Alexandra, S., Handayani, P. W. and Azzahro, F. (2021) ‘Indonesian hospital telemedicine acceptance model: the influence of user behavior and technological dimensions’, Heliyon, 7(12). doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e08599.

Bassi, M. et al. (2022) ‘Patient Satisfaction of Telemedicine in Pediatric and Young Adult Type 1 Diabetes Patients During COVID-19 Pandemic’, Frontiers in Public Health, 10(March), pp. 1–8. doi: 10.3389/fpubh.2022.857561.

Cui, F. et al. (2020) ‘Implementation and application of telemedicine in China: Cross-sectional study’, JMIR mHealth and uHealth, 8(10). doi: 10.2196/18426.

Haleem, A. et al. (2021) ‘Telemedicine for healthcare: Capabilities, features, barriers, and applications’, Sensors International, 2(June), p. 100117. doi: 10.1016/j.sintl.2021.100117.

Hentati, F. et al. (2021) ‘Patient satisfaction with telemedicine in rhinology during the COVID-19 pandemic’, American Journal of Otolaryngology - Head and Neck Medicine and Surgery, 42(3), p. 102921. doi: 10.1016/j.amjoto.2021.102921.

Herwando, H. and Sitompul, T. H. (2021) ‘Evaluasi Manfaat Penerapan Telemedicine di Negara Kepulauan: Systematic Literature Review’, Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(2), pp. 91–101. doi: 10.47007/inohim.v9i2.261.

Indria, D., Alajlani, M. and Sf. Fraser, H. (2020) ‘Clinicians perceptions of a telemedicine system: a mixed method study of Makassar City, Indonesia’, BMC Medical Informatics and Decision Making, 20(1), pp. 1–8. doi: 10.1186/s12911-020-01234-7.

Khairat, S. et al. (2020) ‘Evaluating the Telehealth Experience of Patients With COVID-19 Symptoms: Recommendations on Best Practices’, Journal of Patient Experience, 7(5), pp. 665–672. doi: 10.1177/2374373520952975.

Lubis, Z. I. (2021) ‘Analisis Kualitatif Penggunaan Telemedicine sebagai Solusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia pada Masa Pandemik COVID-19’, Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 2(2), pp. 76–82. doi: 10.22219/physiohs.v2i2.15148.

Ngo, S. Y., Bauer, M. and Carel, K. (2022) ‘Telemedicine utilization and incorporation of asynchronous testing in a pediatric allergy clinic during the COVID-19 pandemic’, Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, 10(4), pp. 1096-1098.e2. doi: 10.1016/j.jaip.2022.01.004.

Ohannessian, R., Duong, T. A. and Odone, A. (2020) ‘Global telemedicine implementation and integration within health systems to fight the COVID-19 pandemic: A call to action’, JMIR Public Health and Surveillance, 6(2). doi: 10.2196/18810.

Pinzon, R., Paramitha, D. and Wijaya, V. O. (2020) ‘Acceleration of telemedicine use for chronic neurological disease patients during COVID-19 pandemic in yogyakarta, Indonesia: A case series study’, Kesmas, 15(2), pp. 28–31. doi: 10.21109/KESMAS.V15I2.3929.

Raffan, F. et al. (2021) ‘The Virtual Care Experience of Patients Diagnosed With COVID-19’, Journal of Patient Experience, 8, pp. 1–7. doi: 10.1177/23743735211008310.

Rahim, A. H. (2019) ‘Implementasi Telemedicine Di Indonesia’, Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, pp. 1–19. Available at: https://www.persi.or.id/images/2019/data/materi_webinar/implementasi-telemedicine.pdf.

Ramaswamy, A. et al. (2020) ‘Patient satisfaction with telemedicine during the COVID-19 pandemic: Retrospective cohort study’, Journal of Medical Internet Research, 22(9), pp. 1–9. doi: 10.2196/20786.

Salsabilla, A. et al. (2021) ‘Cost-Effectiveness of Telemedicine in Asia: A Scoping Review’, Journal of Multidisciplinary Healthcare, Volume 14, pp. 3587–3596. doi: 10.2147/jmdh.s332579.

Saputro, A. R. et al. (2021) ‘Tantangan Konektivitas dan Aksesibilitas Dalam Pengembangan Pelayanan Kesehatan Berbasis Telemedicine di Indonesia: Sebuah Tinjauan’, JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System, 6(1), p. 27. doi: 10.33021/jie.v6i1.1412.

Satin, A. M. et al. (2020) ‘Spine Patient Satisfaction With Telemedicine During the COVID-19 Pandemic: A Cross-Sectional Study’, Global Spine Journal. doi: 10.1177/2192568220965521.

Zimmerman, M. et al. (2021) ‘Patient satisfaction with partial hospital telehealth treatment during the COVID-19 pandemic: Comparison to in-person treatment’, Psychiatry Research, 301. doi: 10.1016/j.psychres.2021.113966.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Ullhaque, A. D. ., Pratama, E. P. P. A. ., Rosmayani, P. A., Listiani, R. ., & Amalia, R. . (2022). HUBUNGAN PELAKSANAAN TELEMEDICINE PADA KEPUASAN PASIEN SAAT PANDEMI COVID-19 : SYSTEMATIC REVIEW. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4403

Issue

Section

Articles