EFEKTIVITAS PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN VIDEO DAN POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3938Keywords:
ENYULUHAN KESEHATAN, VIDEO DAN POWERPOINTAbstract
Remaja mengalami perubahan-perubahan pesat secara fisik dan emosi sehingga membuat remaja rentan terhadap dampak negatif dari perubahan tersebut. Remaja diterpa berbagai masalah salah satunya yaitu seputar Tiga Permasalahan Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR). Permasalahan seksualitas pada remaja dipengaruhi tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi rendah. Pemberian informasi kesehatan melalui Promosi kesehatan dan pemberian penyuluhan dengan metode dan media yang efektif diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja (Studi kasus di SMK HIKMAH Garut). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyuluhan kesehatan dengan menggunakan media video dan powerpoint terhadap pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi experiment dengan rancangan Pre test dan Post tes with control group. Instrumen penelitian ini menggunakan kusioner, penelitian mulai dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 dengan sample siswa SMK HIKMAH Garut yang dipilih acak sebanyak 56 orang. Kemudian sample dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah Paired t-test, Independen t-test, dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pengetahuan antara kelompok eksprimen dan kelompok kontrol dengan nilai p-value=0.000. penyuluhan kesehatan. Penyuluhan dengan menggunakan video lebih efektif dalam peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dibanding dengan powerpoint, dengan selisih rata-rata antara responden sebesar 2.286 ±0,421 Kata kunci : Kesehatan Reproduksi Remaja, Powerpoint, VideoDownloads
Published
2022-03-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Asep Nidzar Faijurahman Asep Nidzar Faijurahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).