HUBUNGAN PENGETAHUAN PETUGAS KESEHATAN TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.34472Keywords:
Budaya Keselamatan Pasien, Patient Safety, PengetahuanAbstract
Rumah sakit sebagai institusi pemberi pelayanan kesehatan harus menjamin pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien melalui penerapan keselamatan pasien. Untuk menjamin keselamatan pasien maka manajemen pelayanan kesehatan harus mampu membangun Budaya Keselamatan Pasien yang baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara Pengetahuan Petugas Kesehatan tentang Patient safety dengan Budaya Keselamatan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilaksanakan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dengan jumlah responden 46 petugas kesehatan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan di analisi menggunakan uji spearman rank dan uji kendall tau. Hasil penelitian diperoleh 87% responden termasuk kategori pengetahuan baik dan 85% responden termasuk kategori budaya baik. Hasil uji spearman rank didapatkan nilai sig 0,002 dengan correlation coefficient 0,564. Dan hasil uji Kendall Tau didapatkan nilai sig 0,007 dengan correlation coefficient 0,515. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara pengetahuan petugas kesehatan tentang patient safety dengan budaya keselamatan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Saran bagi RSUD Arifin Achmad hasil penelitian ini menjadi bahan evaluasi dalam membuat suatu kebijakan di masa yang akan datang.References
Abdurrahman, N.N. (2018). Hubungan Persepsi Perawat tentang Patient Safety dengan Budaya Keselamatan Pasien di RSUD A.W. Sjahranie Samarinda. Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur. Sk Abdurrahman.pdf
Agency for Healthcare Research and Quality. (2016). Hospital Survey on Patient Safety Culture. United States: Department of Health and Human Services.
Anggraeni, D. (2016). Pengaruh Budaya Keselamatan Pasien terhadap Sikap Melaporkan Insiden pada Perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), Vol 14 No 2, 309-321
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinelka Cipta.
Bachori. (2006). Manajemen Kerja. Rineka Cipta.
Baihaqi, L. F. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Pelaksanaan Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Ruang Rawat Inap RSUD Kardinah Tegal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 318-325.
Buhari, B. dkk. (2022). Budaya Keselamatan Pasien Rumah Sakit Dalam Perspektif Keperawatan. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Diah, T. (2023). Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Penerapan Patient Safety. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 50-56.
Farisia, S.N. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Patient Safety Dalam Menghindari Kejadian Tidak Diharapkan Pada Pasien Di Rumah Sakit Jember (Doctoral dissertation, Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Keperawatan Univeristas Jember 2020).
Hadi, I. (2017). Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Ismaniar, H. (2015). Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Istikhairiyah, L. (2023). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Perawat Terhadap Standar Keselamatan Pasien di Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. Tidak diterbitkan. Universitas Awal Bros: Pekanbaru.
Iswadi. (2022). Keselamatan Pasien, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pendekatan Dalam Praktek Keperawatan. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Latupeirissa, L.W. (2022). Manajemen Rumah Sakit untuk Mahasiswa dan Praktisi. Pekalongan, Jawa Tengah: Penerbit NEM.
Melius, V. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat dengan Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Mitra Paramedika Sleman Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol 14 No 1, 7-14.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Nurmala, I. (2018). Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.
Nursalam. (2009). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional (Kedua). Salemba Medika.
Permenkes RI. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien.
Permenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.
Pratama, M.I. (2021). Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Sebagai Upaya Pencegahan Adverse Event : Literature Review. Jurnal Keperawatan Medika (JKM), Vol 1 No 2, 169-182.
Profil Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau Tahun 2022
Rachmawati, D.S, dkk. (2023). Manajemen Keselamatan Pasien. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rini, P.S & Maya F. (2021). Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Penerapan Prinsip Enam Tepat Dalam Pemberian Obat di Ruang Rawat Inap. Jawa Tengah: Wawasan Ilmu.
Simas, R.U. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Penerapan Keselamatan Pada Pasien di RSUD Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan Panrita Husada, Vol 7 No 1, 37-52.
Sriningsih, N. (2020). Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Pada Petugas Kesehatan. Jurnal Kesehatan, Vol 9 No 1.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Research & Development. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17. (2023). UU Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan.
Utami, W. dkk. (2023). Manajemen Patient Safety Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.
Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pengantar Ringkas). Sleman, D.I Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Salim, Dwina Tetiany Fauz, Muhammad Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).