ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT PASIEN RAWAT JALAN BPJS DI RUMAH SAKIT SWASTA : TINJAUAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.33622Keywords:
instalasi farmasi, kepuasan pasien, rawat jalan, waktu tungguAbstract
Berdasarkan data statistik, jumlah peserta JKN sudah mencapai 96% dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia di tahun 2024. Sekitar 64% rumah sakit swasta di Indonesia sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di tahun 2024. Dari banyak penelitian yang telah dilakukan ditemukan masih banyak pelayanan farmasi yang masih belum memenuhi standar pelayanan minimal yang sudah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang memengaruhi waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan pasien BPJS di instalasi farmasi rumah sakit swasta. Penelitian ini menggunakan studi tinjauan literatur. Penelusuran jurnal diperoleh melalui google scholar dan researchgate mulai tahun 2021 sampai tahun 2024. Terdapat 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil literature review yang telah dilakukan didapatkan bahwa 3 artikel sudah memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit dan 4 artikel belum memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit. Faktor-faktor yang memengaruhi belum terpenuhinya standar pelayanan minimal rumah sakit di antaranya adalah peresepan masih dilakukan secara manual, pengaturan jadwal poliklinik spesialis secara bersamaan sehingga berdampak jumlah resep yang masuk ke Instalasi Farmasi, banyaknya jumlah resep pasien BPJS Prolanis dan belum terpenuhinya jumlah SDM sesuai dengan kebutuhan pelayanan di Instalasi Farmasi. Kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang farmasi juga menjadi kendala. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada kepuasan pasien, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kesalahan pengobatan.References
Amaiany, A. (n.d.). GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT IF RAWAT JALAN RSUD KOTA BOGOR TAHUN 2018. 2018.
Bachtiar, A., Amelia, R., Hidayati, R., & Komariah, O. (2022). EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT MITRA PLUMBON CIREBON EVALUATION OF WAITING TIME FOR DRUG AT THE INSTALLATION OF MITRA PLUMBON HOSPITAL CIREBON. 2(2).
Ertavia, A. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI.
Fahrozy, A. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan. Psikoborneo, 5(1), 117–121.
Fika, R., & Septiani Ratna Sari, S. (2023). Science Midwifery Analysis of waiting time for prescription services at the outpatient pharmacy installation of hospital x Pariaman city. In Science Midwifery (Vol. 11, Issue 3). Online. www.midwifery.iocspublisher.orgJournalhomepage:www.midwifery.iocspublisher.org
Fitriah, R., Therecella, G., Sinaga, A. R., Mardiati, N., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Lestari, B. (2019). ANALYSIS OF WAITING TIME FOR CONCOTION AND NON CONCOTION PRESCRIPTION SERVICES IN OUTPATIENT UNIT PHARMACEUTICAL INSTALLATION HOSPITALS SUAKA INSAN BANJARMASIN. Borneo Journal of Phamascientech, 03(01).
Indonesia. (2011). UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. https://peraturan.bpk.go.id/Details/39268
Kastella, N. A. (2019). Evaluasi Pelayanan Instalasi Farmasi Terhadap Waktu Tunggu Obat dan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kecepatan Pelayanan Resep Di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob tahun 2018. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 3(1), 74–84.
KEMENKES RI. (n.d.). KMK NO.129 TAHUN 2008 TTG STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT.
Luh, N., Septi, A., Oviani, G. A., Bagus, G., Marangyana, I., Diploma, P. S., Akademi, F., Bintang, K., Denpasar, P., Gatot, J., Barat, S., 466a, N., Kaja, P., Utara, K. D., Denpasar, K., & -Indonesia, B. (n.d.). ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BPJS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSU X UBUNG. https://s.id/jurnalpharmactive
Maharani, A. E., & Mutmainah, N. (2022). Hubungan Antara Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali. UsadhaJournalofPharmacy, 1, 13–25.
Ningrum, D. M., Agus, D., & Permana, S. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Pasien Umum dan Pasien BPJS di Instalasi Farmasi RS Islam Fatimah CIlacap. Sains Indonesiana, 1(6).
Nurjanah, I., Maramis, F. R. R., Engkeng, S., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2016). HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN DI APOTEK PELENGKAP KIMIA FARMA BLU PROF. DR. R.D. KANDOU MANADO. In PHARMACONJurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT (Vol. 5, Issue 1).
PerMenKes No. 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit, KEMENKES (2016). https://peraturan.bpk.go.id/Details/114491/permenkes-no-72-tahun-2016
Roy Sulo, H. (2020). Hubungan Pemberian Informasi Obat dan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Samarinda. SainstechFarma, 13(2), 73–79.
Setyorini, B. (2023). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan Di RSU Bella Bekasi_2023.
Siregar, C., & Amalia, L. (2004). FARMASI RUMAH SAKIT-TEORI & PENERAPAN.
Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, Pub. L. No. 17 (2023). https://peraturan.bpk.go.id/Details/258028/uu-no-17-tahun-2023
Wafiq Azizah, N., Haryani, R., Maniarti Gusmali, D., Sri Rachmayanti, A., Hasan, N., Studi Sarjana Farmasi Institut Kesehatan Mitra Bunda, P., & Studi Pendidikan Profesi Apoteker Institut Kesehatan Mitra Bunda, P. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Non Racikan Pada Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) Kota Batam. Jurnal Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(2), 243–254. https://doi.org/10.59841/an-najat.v1i2.965
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Risna Mulyanti, Yaslis Ilyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).