ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT PASIEN RAWAT JALAN BPJS DI RUMAH SAKIT SWASTA : TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Risna Mulyanti Program Pasca Sarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit, Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Yaslis Ilyas Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.33622

Keywords:

instalasi farmasi, kepuasan pasien, rawat jalan, waktu tunggu

Abstract

Berdasarkan data statistik, jumlah peserta JKN sudah mencapai 96% dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia di tahun 2024. Sekitar 64% rumah sakit swasta di Indonesia sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di tahun 2024. Dari banyak penelitian yang telah dilakukan ditemukan masih banyak pelayanan farmasi yang masih belum memenuhi standar pelayanan minimal yang sudah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang memengaruhi waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan pasien BPJS di instalasi farmasi rumah sakit swasta. Penelitian ini menggunakan studi tinjauan literatur. Penelusuran jurnal diperoleh melalui google scholar dan researchgate mulai tahun 2021 sampai tahun 2024. Terdapat 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil literature review yang telah dilakukan didapatkan bahwa 3 artikel sudah memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit dan 4 artikel belum memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit. Faktor-faktor yang memengaruhi belum terpenuhinya standar pelayanan minimal rumah sakit di antaranya adalah peresepan masih dilakukan secara manual, pengaturan jadwal poliklinik spesialis secara bersamaan sehingga berdampak jumlah resep yang masuk ke Instalasi Farmasi, banyaknya jumlah resep pasien BPJS Prolanis dan belum terpenuhinya jumlah SDM sesuai dengan kebutuhan pelayanan di Instalasi Farmasi. Kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang farmasi juga menjadi kendala. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada kepuasan pasien, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kesalahan pengobatan.

References

Amaiany, A. (n.d.). GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT IF RAWAT JALAN RSUD KOTA BOGOR TAHUN 2018. 2018.

Bachtiar, A., Amelia, R., Hidayati, R., & Komariah, O. (2022). EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT MITRA PLUMBON CIREBON EVALUATION OF WAITING TIME FOR DRUG AT THE INSTALLATION OF MITRA PLUMBON HOSPITAL CIREBON. 2(2).

Ertavia, A. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI.

Fahrozy, A. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan. Psikoborneo, 5(1), 117–121.

Fika, R., & Septiani Ratna Sari, S. (2023). Science Midwifery Analysis of waiting time for prescription services at the outpatient pharmacy installation of hospital x Pariaman city. In Science Midwifery (Vol. 11, Issue 3). Online. www.midwifery.iocspublisher.orgJournalhomepage:www.midwifery.iocspublisher.org

Fitriah, R., Therecella, G., Sinaga, A. R., Mardiati, N., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Lestari, B. (2019). ANALYSIS OF WAITING TIME FOR CONCOTION AND NON CONCOTION PRESCRIPTION SERVICES IN OUTPATIENT UNIT PHARMACEUTICAL INSTALLATION HOSPITALS SUAKA INSAN BANJARMASIN. Borneo Journal of Phamascientech, 03(01).

Indonesia. (2011). UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. https://peraturan.bpk.go.id/Details/39268

Kastella, N. A. (2019). Evaluasi Pelayanan Instalasi Farmasi Terhadap Waktu Tunggu Obat dan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kecepatan Pelayanan Resep Di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob tahun 2018. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 3(1), 74–84.

KEMENKES RI. (n.d.). KMK NO.129 TAHUN 2008 TTG STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT.

Luh, N., Septi, A., Oviani, G. A., Bagus, G., Marangyana, I., Diploma, P. S., Akademi, F., Bintang, K., Denpasar, P., Gatot, J., Barat, S., 466a, N., Kaja, P., Utara, K. D., Denpasar, K., & -Indonesia, B. (n.d.). ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BPJS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSU X UBUNG. https://s.id/jurnalpharmactive

Maharani, A. E., & Mutmainah, N. (2022). Hubungan Antara Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD Pandan Arang Boyolali. UsadhaJournalofPharmacy, 1, 13–25.

Ningrum, D. M., Agus, D., & Permana, S. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Pasien Umum dan Pasien BPJS di Instalasi Farmasi RS Islam Fatimah CIlacap. Sains Indonesiana, 1(6).

Nurjanah, I., Maramis, F. R. R., Engkeng, S., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2016). HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN DI APOTEK PELENGKAP KIMIA FARMA BLU PROF. DR. R.D. KANDOU MANADO. In PHARMACONJurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT (Vol. 5, Issue 1).

PerMenKes No. 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit, KEMENKES (2016). https://peraturan.bpk.go.id/Details/114491/permenkes-no-72-tahun-2016

Roy Sulo, H. (2020). Hubungan Pemberian Informasi Obat dan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Samarinda. SainstechFarma, 13(2), 73–79.

Setyorini, B. (2023). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan Di RSU Bella Bekasi_2023.

Siregar, C., & Amalia, L. (2004). FARMASI RUMAH SAKIT-TEORI & PENERAPAN.

Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, Pub. L. No. 17 (2023). https://peraturan.bpk.go.id/Details/258028/uu-no-17-tahun-2023

Wafiq Azizah, N., Haryani, R., Maniarti Gusmali, D., Sri Rachmayanti, A., Hasan, N., Studi Sarjana Farmasi Institut Kesehatan Mitra Bunda, P., & Studi Pendidikan Profesi Apoteker Institut Kesehatan Mitra Bunda, P. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Non Racikan Pada Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) Kota Batam. Jurnal Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(2), 243–254. https://doi.org/10.59841/an-najat.v1i2.965

Downloads

Published

2024-09-12