KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT DI APOTEK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.33410Keywords:
kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, model service quality, standar pelayanan kefarmasianAbstract
Kepuasan merupakan perasaan puas, senang dan kelegaan seseorang. Jika konsumen telah merasa puas pada sebuah produk atau jasa, hal tersebut dapat meningkatkan permintaan yang akan mengarah pada peningkatan pendapatan dari penjualan. Konsumen yang merasa puas dengan suatu pelayanan, dapat memberikan informasi yang baik kepada masyarakat luas. Kepuasan tiap orang tentunya berbeda-beda sehingga sebagai penyedia layanan harus dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah mengevaluasi kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di apotek mengacu pada standar pelayanan kefarmasian yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016. Kepuasan tiap orang tentunya berbeda-beda sehingga sebagai penyedia layanan harus dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen. Studi ini memanfaatkan Systematic Literature Review (SLR) sebagai metode penelitian, dengan cara melakukan penelusuran literatur terkait kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat di apotek yang terdapat pada Google Scholar, PubMed, dan ScienceDirect. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar apotek telah mencapai kualitas pelayanan yang sangat memuaskan bagi konsumen berdasarkan model service quality yang meliputi lima dimensi kualitas pelayanan, diantaranya ketanggapan, kehandalan, jaminan, empati, serta bukti fisik. Namun masih ada apotek yang kualitas pelayanannya berada di kategori cukup sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan oleh pihak apotek dengan mengikuti standar pelayanan kefarmasian yang berlaku.References
Shafira, A. (2024). Kepuasan Pelanggan Atas Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Katrina. Edu Masda Journal, 08(01).
Umar, A., & Jklr, /. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek X Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1), 22–27.
Wulandari, T. W., & Chandraini, I. S. (2022). Gambaran Kualitas Pelayanan Obat Pasien Swamedikasi Di Apotek Martadinata Farma Kabupaten Bangkalan. Indonesian Journal Pharmaceutical and Herbal Medicine (IJPHM), 2(1).
Wuri Handayani, E., & Cahyani Widiastuti, T. (2023). Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Swamedikasi. Jurnal Farmasetis, 12(4), 425–430. http://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/far/article/view/1633
Destiyani, Nisa, N. A., Zaila M.A, T., & Agus Santoso, A. P. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obatdi Apotek Kinan Farma Mojosongo Periode November-Desember Tahun 2021. Media Farmasi Indonesia, 17(1).
Feneranda, E., Pambudi, R. S., & Septiana, R. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Sehati Surakarta Selama Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sahid Surakarta, 1(1), 789–797.
Jani, I., Fitriani Sammulia, S., Maniarti Gusmali, D., Rachdiati, H., Oktaviyanti, N., Studi Pendidikan Profesi Apoteker Institut Kesehatan Mitra Bunda, P., & Studi Sarjana Farmasi Institut Kesehatan Mitra Bunda, P. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Kimia Farma Batam Center. Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 1(4), 1–14.
Kurniawati, S. L., Pasaribu, M. L., Prabowo, P., Prasetya, D. Y., Studi, P., Fakultas, F., Kesehatan, I., Kadiri, U., Timur, J., Sampling, A., Pasien, T. K., & Kefarmasian, P. (2023). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Apotek X Lumajang. Java Health Jounal, 10(02), 46–57.
Maulina, E. V., Ratnasari, D., & Yunitasari, N. (2023). Swamedikasi di Apotek MK: Studi Kepuasan Konsumen. Jurnal Pharmascience, 10(2), 223.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiara Yulistia Bahtiar, Tiara Yulistia Bahtiar, Yoga Dwi Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).