Socialization of CBRN-E Threat and Its Anticipation Toward Students of a Particular Senior High School in Bogor Area

Authors

  • Elva Stiawan Department of Chemistry, Faculty of Military Mathematics and Natural Sciences, The Republic of Indonesia Defense University
  • Dini Rusfita Sari Master of Education Management, Postgraduate School, Pakuan University
  • Mutiara Gita Department of Chemistry, Faculty of Military Mathematics and Natural Sciences, The Republic of Indonesia Defense University
  • Atmadi Department of Physics, Faculty of Military Mathematics and Natural Sciences, The Republic of Indonesia Defense University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.33269

Keywords:

CBRN-E, Chemistry for Defense, Innovative Chemistry Learning, National Defense Awareness

Abstract

Kesadaran bela negara sudah sepatutnya disadari secara luas dan khususnya diterapkan oleh generasi muda Indonesia saat ini. Gagasan tersebut hendaknya disampaikan secara strategis kepada siswa-siswa SMA untuk mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang mendukung pertahanan negara, khususnya dalam mengantisipasi ancaman Bahan Kimia, Biologi, Radiologi, Nuklir, dan Bahan Peledak (CBRN-E). Namun informasi mengenai pemahaman CBRN-E pada tingkat siswa SMA di Indonesia masih terbatas. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan profil khusus pemahaman siswa SMA setempat terhadap ancaman CBRN-E sebagai wawasan program selanjutnya dalam mengantisipasi ancaman CBRN-E. Selain melakukan sosialisasi kepada siswa SMA di salah satu SMA tertentu di Kabupaten Bogor, kami menganalisis secara singkat pemahaman awal mereka terhadap isu-isu terkait pertahanan dan topik terkait kimia melalui pre-test kuesioner yang dirancang. Hasil studi pendahuluan ini menunjukkan bahwa pengetahuan mereka tentang ancaman CBRN-E harus diperkuat. Menariknya, sebagian besar peserta mempunyai persepsi positif mengenai preferensi karir mereka untuk mendukung sektor pertahanan negara, misalnya minat mereka untuk berkontribusi di bidang kimia untuk memperkuat pertahanan negara. Temuan ini menyiratkan mendorong pemangku kepentingan pendidikan untuk berkolaborasi secara strategis dengan lembaga pertahanan negara untuk mengintegrasikan materi pembelajaran terkait CBRN-E ke dalam kurikulum yang ada.

Author Biographies

Dini Rusfita Sari, Master of Education Management, Postgraduate School, Pakuan University

Master of Education Management, Postgraduate School, Pakuan University, Jl. Pakuan, Bogor, Indonesia 16143

Mutiara Gita, Department of Chemistry, Faculty of Military Mathematics and Natural Sciences, The Republic of Indonesia Defense University

Department of Chemistry, Faculty of Military Mathematics and Natural Sciences, The Republic of Indonesia Defense University, Kawasan IPSC Sentul, Kabupaten Bogor, 16810, Indonesia

Atmadi, Department of Physics, Faculty of Military Mathematics and Natural Sciences, The Republic of Indonesia Defense University

Department of Physics, Faculty of Military Mathematics and Natural Sciences, The Republic of Indonesia Defense University, Kawasan IPSC Sentul, Kabupaten Bogor, 16810, Indonesia

References

Bolilanga, P. I. W., Sekarini, A., Toharani, D. C., Rahmawati, F., Basuki, R., Ishartono, B., & Fahri, M. (2022). Physical Strength Improvement of Nata de Coco by Water Replacement with Carboxymethylcellulose (CMC) as A Potential Bulletproof Material: A Preliminary Study. Indonesian Journal of Chemical Studies, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.55749/ijcs.v1i2.19

Hertz-Picciotto, I., Sass, J. B., Engel, S., Bennett, D. H., Bradman, A., Eskenazi, B., Lanphear, B., & Whyatt, R. (2018). Organophosphate exposures during pregnancy and child neurodevelopment: Recommendations for essential policy reforms. PLoS Medicine, 15(10). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1002671

Kartimi, & Liliasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis Pada Konsep Termokimia Untuk Siswa SMA Peringkat Atas Dan Menengah. In JPII (Vol. 1, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii

Liliasari. (2007). Pengembangan Keterampilan Generik Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 1–4.

Liliasari. (2009a). Pembelajaran Sains Untuk Membangun Insan Indonesia Cerdas Dan Kompetitif.

Liliasari. (2009b). Peningkatan Kualitas Pendidikan Kimia Dari Pemahaman Konsep Kimia Menjadi Berpikir Kimia.

Mariati. (2013). Konsep Dan Aplikasi Iptek Nuklir Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(1), 63–76.

Muñoz-Quezada, M. T., Lucero, B. A., Iglesias, V. P., Muñoz, M. P., Cornejo, C. A., Achu, E., Baumert, B., Hanchey, A., Concha, C., Brito, A. M., & Villalobos, M. (2016). Chronic exposure to organophosphate (OP) pesticides and neuropsychological functioning in farm workers: a review. In International Journal of Occupational and Environmental Health (Vol. 22, Issue 1, pp. 68–79). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/10773525.2015.1123848

Redhana, W., & Liliasari, D. (2008). Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis Pada Topik Laju Reaksi Untuk Siswa SMA.

Stiawan, E., & Lubis, S. H. N. D. (2023). Promising Feature and Challenge of Utilizing Erythropoietin Hormone to Support Emergency Teams’ Activities at High-Altitude Geographical Area. MUNISI: Military Mathematics and Natural Sciences, 1(1), 47–50.

Stiawan, E., & Lubis, S. H. N. D. (2023). Promising Feature and Challenge of Utilizing Erythropoietin Hormone to Support Emergency Teams’ Activities at High-Altitude Geographical Area. MUNISI: Military Mathematics and Natural Sciences, 1(1), 47–50.

Sunaidi, Y., & Meinar Dwi Rantisari, A. T. (2023). Gambaran Kadar Hemoglobin sebagai Salah Satu Uji Skrining Risiko Keracunan Pestisida pada Petani Bawang Merah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 610–616.

Tedy Aryani, I., Saktiawan, Y., Rupiwardani, I., Studi, P. S., & Lingkungan STIKES Widyagama Husada Malang, K. (2024). Pengolahan Limbah B3 Botol Infus dengan Metode Desinfeksi Kimiawi Menggunakan Kalsium Hipoklorit (Ca(CIO)2) di Rumah Sakit Baptis Batu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Tambusai, 5(3).

Xaviera, A. N., Hijrianisa, A., Lubis, A. B. C., Stiawan, E., & Gunaryo, G. (2024). Safety induction for agricultural workers in particular areas of Gadog Village in handling hazardous agrochemical exposures. Journal of Community Service and Empowerment, 5(2), 376–382. https://doi.org/10.22219/jcse.v5i2.30180

Downloads

Published

2024-09-22

How to Cite

Stiawan, E., Sari, D. R., Gita, M., & Atmadi. (2024). Socialization of CBRN-E Threat and Its Anticipation Toward Students of a Particular Senior High School in Bogor Area. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 9441–9447. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.33269