PENGARUH PENYULUHAN MENCUCI TANGAN DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG CUCI TANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 091666 NAGA BAYU

Authors

  • Anissa Syafira Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Reni Agustina Harahap Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.33119

Keywords:

CTPS, Pengetahuan, Poster, Sikap

Abstract

Cuci tangan pakai sabun dapat membunuh kuman sebanyak 73% dan lebih efektif membunuh kuman penyakit dibandingkan menggunakan hand sanitizer yang hanya membunuh kuman sebanyak 60%. Berdasarkan data UNICEF (2020) mengungkapkan bahwa 75,5% masyarakat Indonesia tidak mencuci tangan karena menganggap tangan mereka bersih. Sedangkan data Laporan Riskesdas tahun 2018, proporsi perilaku cuci tangan dengan benar pada penduduk berumur 10 tahun di Indonesia rata-rata hanya 49.8%. Menurut WHO, setiap tahun rata-rata 100 ribu anak meninggal karena diare. Namun kesadaran masyarakat Indonesia untuk cuci tangan pakai sabun terbukti masih sangat rendah. Tangan yang tidak bersih dapat menjadi media yang sangat efektif untuk penyebaran kuman dan virus penyebab penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan mencuci tangan dengan media poster terhadap pengetahuan dan sikap tentang cuci tangan pada siswa kelas V SD Negeri 091666 Naga Bayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan menggunakan instrument yang digunakan yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan dan sikap siswa tentang cuci tangan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi dengan media poster (p value = 0,000). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan mencuci tangan dengan media poster terhadap pengetahuan dan sikap tentang cuci tangan pada siswa kelas V SD Negeri 091666 Naga Bayu.

References

Adista, N. F., & Yulvia, N. T. (2021). Pengaruh penyuluhan mencuci tangan dengan media poster terhadap praktik cuci tangan pada kelompok usia anak sekolah di kampung Pejaten Kramatwatu Serang. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 5(2), 99–102.

Anugerah, M. F., . H., Yulianti, W., & Juariah, S. (2019). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabui DI SDN 128 Pekanbaru Kelurahan Rantau Panjang Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(1), 29–35.

F.E Manurung, I. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Praktek Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Diare Pada Anak Sekolah Dasar Marsudirini Kefamenanu. Warta Pengabdian.

Handayani, L., & Rusli Afa, J. (2024). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDN 08 Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Veompuh Journal, 1(1).

Hidayatulloh, I. (2023). Karakteristik Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. 3(1).

Huda, A. M., Maritsa, A., & Husna, D. (2021). Kedudukan Guru Dalam Perspektif Pendidikan.

Ibrahim, I. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia.

Kurniasih, K., & Peranginangin, H. (2022). Efektifitas Penggunaan Poster Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Darussalam Sukaslamet Indramayu. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 9(1), 227–254.

Ningsih, N. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Dengan Pendekatan Etnosa.

Downloads

Published

2024-09-17