PENGARUH MERAJUT (CROCHET) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK AUTISME KELAS 3-6 DI SLB NEGERI SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32775Keywords:
Autisme, Motorik halus, Merajut(Crochet)Abstract
Autisme merupakan gangguan perkembangan neurobiologis yang mengakibatkan adanya gangguan Bahasa, perilaku, interaksi sosial, gerakan yang terbatas, persepsi sensori, gangguan perkembangan motorik halus maupun kasar. Anak autisme mengalami keterlambatan motorik halus lebih besar dibandingkan dengan anak normal. Keterampilan motorik halus merupakan gerakan yang memerlukan pengendalian otot dan koordinasi tangan, jari, dan mata untuk mencapai sebuah pekerjaan. Stimulus keterampilan motorik halus pada anak autis dilakukan untuk membantunya dalam menggunakan jari-jari tangan dengan cekatan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan motorik halus pada anak autis harus segera ditangani dengan diberikan terapi. Terapi yang dapat diberikan pada anak autis yaitu terapi okupasi/fisik, terapi bermain, terapi perilaku/ABA, terapi wicara, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merajut (Crochet) terhadap perkambangan motorik halus anak autisme kelas 3-6 di SLB Negeri Sragen. Metode penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan menggunakan one-group pre test-post test design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 20 anak. Hasil uji Wilcoxon diperoleh p value = 0,000 (p value < 0,05) bahwa terdapat pengaruh terhadapat merajut (crochet) terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme kelas 3-6 di SLB Negeri Sragen. Disimpulkan bahwa merajut (crochet) efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan motorik halus pada anak autisme.References
Agustono, B., Pujiono, M., & Ayuningtyas, N. (2018). IBM Pengembangan Rajutan Di Kampung Aur Medan. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 21-30.
Cahyani, R. M. (2020). Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Gugus III Se-Kecamatan Karanganyar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 3Tahun ke-9, 240-251.
Dhea. (2021). Manfaat Merajut bagi anak. https://mommiesdaily.com/2021/08/05/6-manfaat-kegiatan-merajut-pada-anak
Indiyana, A.Utami, P. (2021). Hubungan antara parental awareness dengan kemandirian ADL (Activity daily living) pada anak autis di SLB YPAC PROF. DR. SOEHARSONO SURAKARTA. Surakarta, 001. http://eprints.ukh.ac.id
Khotimah, K. (2021). masalah perkembangan anak autisme. SIPAKDEDIFA. https://sipakdedifa.bpbd.klaten.go.id/artikel/8
Kurnianingsih, R. P., & Alfiyanti, D. (2020). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Autis Berdasarkan Kategori Anak Autis, Usia dan Jenis Kelamin (Studi Observasi Pada Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang). E-Journal Stikes Telogorejo.
Kusumawati, M. . & P. (2024). stimulus perkembangan fisik motorik halus anak autisme melalui terapi okupasi di TK Adni
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 mira wigati Rochmah, Ratih Dwilestari Puji Utami, setiyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).