PENERIMAAN DIRI PADA ORANGTUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTISME DAN PERANNYA DALAM TERAPI AUTISME

Authors

  • Yohanes Vidyawan Wisnugroho Progam Studi Psikologi, Universitas Nasional Karangturi Semarang
  • Shofwatun Amaliyah Progam Studi Psikologi, Universitas Nasional Karangturi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32761

Keywords:

Autisme, Berkebutuhan Khusus, Orang Tua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerimaan orangtua terhadap anak mereka yang didiagnosis autisme dan peran mereka dalam terapi autisme. Masalah yang ingin dipecahkan adalah bagaimana orangtua menerima kondisi anak mereka dan bagaimana mereka terlibat dalam proses terapi serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan dan peran mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data utama melalui wawancara dan pendukung melalui observasi. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang tua yang memiliki anak dengan diagnosis autisme dan 3 informan tambahan yang merupakan orang-orang dekat subjek. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait penerimaan orangtua dan peran mereka dalam terapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek orangtua dapat menerima kondisi autisme anak mereka secara penuh. Penerimaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti dukungan dari keluarga besar, kemampuan keuangan, latar belakang agama, tingkat pendidikan, status perkawinan, usia, serta dukungan dari ahli dan masyarakat. Dalam peran mereka dalam terapi, ketiga subjek aktif terlibat mulai dari memastikan diagnosis yang tepat, menjalin komunikasi efektif dengan dokter, mencari pendapat kedua jika diperlukan, bersikap jujur dalam konsultasi mengenai perkembangan anak, memperkaya pengetahuan tentang autisme, hingga mendampingi anak dalam proses terapi. Penerimaan orangtua terhadap anak dengan autisme berhubungan erat dengan dukungan keluarga, kondisi keuangan, dan latar belakang pribadi mereka. Peran aktif orangtua dalam terapi anak sangat penting, meliputi berbagai aspek dari diagnosis hingga terapi. Dukungan yang memadai dan pengetahuan yang baik mengenai autisme meningkatkan keterlibatan orangtua dalam proses terapi, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi perkembangan anak secara positif.

References

American Psychiatric Association. (2013). *Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (5th ed.)*.

Carter, A. S., Martinez-Pedraza, F., & Gray, S. A. (2009). Stability and individual change in depressive symptoms among mothers raising young children with ASD: Maternal and child correlates. *Journal of Clinical Psychology, 65*(12), 1270-1280.

Dabrowska, A., & Pisula, E. (2010). Parenting stress and coping styles in mothers and fathers of pre-school children with autism and Down syndrome. *Journal of Intellectual Disability Research, 54*(3), 266-280.

Ekas, N. V., Whitman, T. L., & Shivers, C. (2009). Religiosity, spirituality, and socioemotional functioning in mothers of children with autism spectrum disorder. *Journal of Autism and Developmental Disorders, 39*(5), 706-719.

Gray, D. E. (2002). Ten years on: A longitudinal study of families of children with autism. *Journal of Intellectual and Developmental Disability, 27*(3), 215-222.

Hastings, R. P., & Taunt, H. M. (2002). Positive perceptions in families of children with developmental disabilities. *American Journal on Mental Retardation, 107*(2), 116-127.

Kanner, L. (1943). Autistic disturbances of affective contact. *Nervous Child, 2*(3), 217-250.

Myers, B. J., Mackintosh, V. H., & Goin-Kochel, R. P. (2009). “My greatest joy and my greatest heart ache:” Parents' own words on how having a child in the autism spectrum has affected their lives and their families' lives. *Research in Autism Spectrum Disorders, 3*(3), 670-684.

Nealy, C. E., O’Hare, L., Powers, J. D., & Swick, D. C. (2012). The impact of autism spectrum disorders on the family: A qualitative study of mothers’ perspectives. *Journal of Family Social Work, 15*(3),187-201.

Phelps, K. W., Hodgson, J. L., McCammon, S. L., & Lamson, A. L. (2009). Caring for an individual with autism disorder: A qualitative analysis. *Journal of Intellectual and Developmental Disability, 34*(1), 27-35.

Pisula, E., & Kossakowska, Z. (2010). Sense of coherence and coping with stress among mothers and fathers of children with autism. *Journal of Autism and Developmental Disorders, 40*(12), 1485-1494.

Smith, L. E., Greenberg, J. S., & Seltzer, M. M. (2012). Social support and well-being at mid-life among mothers of adolescents and adults with autism spectrum disorders. *Journal of Autism and Developmental Disorders, 42*(9), 1818-1826.

Weiss, M. J. (2002). Hardiness and social support as predictors of stress in mothers of typical children, children with autism, and children with mental retardation. *Autism, 6*(1), 115-130.

Woodgate, R. L., Ateah, C., & Secco, L. (2008). Living in a world of our own: The experience of parents who have a child with autism. *Qualitative Health Research, 18*(8), 1075-1083.

Zuckerman, K. E., Lindly, O. J., & Sinche, B. K. (2015). Parental concerns, provider response, and timeliness of autism spectrum disorder diagnosis. *Journal of Pediatrics, 166*(6), 1431-1439.

Downloads

Published

2024-09-22