HUBUNGAN MANAJEMEN KOPING DAN PERAN TEMAN SEBAYA TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS WIDYA NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32599Keywords:
Kata Kunci: Manajemen Koping, Peran Teman, StresAbstract
Skripsi dianggap sebagai salah satu tuntutan akademik yang dapat menimbulkan tingkat stres. Stres adalah keadaan ketegangan emosional dan dapat mempengaruhi tahap perkembangan seseorang. Setiap individu menggunakan berbagai strategi untuk mengurangi stres, baik secara internal maupun eksternal. Manajemen koping berbeda-beda antar individu, tergantung pada reaksi unik mereka terhadap stres. Memberikan dukungan yang tinggi kepada mahasiswa yang sedang menulis skripsi memilik dampak positif, karena dapat menghasilkan rasa optimis dan keterampilan dalam menangani masalah saat proses penyusunan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan hubungan manajemen koping dan peran teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir Universitas Widya Nusantara. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian cross sectional design. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir 117 orang, sampel 54 orang dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling dan menggunakan uji chi square. Dari 54 responden manajemen koping adaptif dan mengalami stres sedang 6 responden (11,1%), mengalami stres berat 1 responden (1,9%), peran teman sebaya tinggi mengalami mengalami stres sedang 4 responden (7,4%), mengalami stres berat 4 responden (7,4%). Hasil penelitian didapatkan Mekanisme koping terhadap stres dengan p-valiu 0,000 dan peran teman sebaya terhadap stres dengan p-value 0,023. Terdapat hubungan mekanisme koping terhadap stres akademikdan terdapat hubungan peran teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir Universitas Widya Nusantara.References
Afnuhazi, R. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Stres Kerja Perawat Di Ruang Rawat Ambun Suri Rsud Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 8(1), 126.
Ardi, V. D., Zukhra, R. M., & Agrina. (2022). Tingkat Stres Dan Mekanisme Koping Remaja Di Lapas. Jurnal Cakrawala Bahari, 6(1), 37–50.
Aris, Y., Sarfika, R., & Erwina, I. (2019). Stress Pada Mahasiswa Keperawatan Dan Strategi Koping Yang Digunakan. NERS Jurnal Keperawatan, 14(2), 81. https://doi.org/10.25077/njk.14.2.81-91.2018
Arisandi, W., & Setia, A. (2021). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Mitra Indonesia Tahun 2020. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKMI), 2(2), 1–9.
Arum, R. P., & Wibawanti, I. (2023). Hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di Fakultas Psikologi UPI YAI. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 73–84.
Arwina, A., Fadilah, R., & Murad, A. (2021). Hubungan Regulasi Diri dan Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 1981–1991.
Azizah, J. N., & Satwatika, Y. W. (2021). Hubungan Antara Hardiness dengan Stres Akademik Pada Mahsiswa yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemik Covid 19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212–223.
Dewi, D. K., Savira, S. I., Satwik, Y. W., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Profile Perceived Academic Stress pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(3), 395–403.
Dinkes Kota Palu. (2021). Profil Kesehatan Kota Palu 2021. Dinas Kesehatan Kota Palu.
Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Jambura Health and Sport Journal, 6(1), 52–59.
Hakimah, N., Rochani, & Conia, putri dian dia. (2022). Gambaran Emotional Focused Coping dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Sistema: Jurnal Pendidikan, 03(01), 14–20.
Hale, L. K. (2023). Hubungan Tingkat Kecemasan dan Stres Terhadap Pola Makanan Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir di Universitas WIdya Nusantaran Palu. Universitas Widya Nusantara.
Hardianti, R., Fitriani, & Fatimah. (2022). Relationship between Spirituality and Coping Strategies in Diabetes Mellitus Patients at Tk IV Hospital Aryoko Sorong. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 5(1), 75–81.
Hayatizen, E. H., & Prasetyo, M. E. (2023). Berpikir Positif Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa. Al-Kamilah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 1–8.
Idris, M. S. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Dalam Mengerjakan Skripsi Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2013 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan Antara Kesabaran dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Pekanbaru. An – Nafs: Jurnal Fakultas Psikologi, 13(1), 21–34.
Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa sebagai Agen Of Change melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193.
Kartikasari, A. P., & Arianti, R. (2023). Gambaran penyesuaian diri mahasiswa dalam menyusun tugas akhir selama pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), 1821–1830.
Kemenkes, R. (2018). Hasil Utama Rikesdas 2018. In Kemenkes RI 2018.
Kurniawaty, Y., & Purnama, N. L. A. (2023). Strategi Koping Berhubungan dengan Stres Remaja SMA di Surabaya COOPING STRATEGIES ASSOCIATED WITH STRESS OF HIGH SCHOOL ADOLESCENTS IN SURABAYA. Jurnal Keperawatan Stikes Kendal, 15(03), 1139–1148.
Lestari, F. P., Ruzain, R. B., & Rosyida. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Ners Indonesia, 14(1), 28–34.
Maharani, F. A., Dewi, E. I., & Kurniyawan, E. H. (2022). The Correlation of Peer Social Support with Anxiety Levels of Students Working on Undergraduate Thesis at The Faculty of Nursing, University of Jember. Nursing and Health Sciences Journal (NHSJ), 2(2), 56–62.
Nurfariza, Lutfianawati, D., Fitriani, D., & Lestari, S. M. P. (2023). Hubungan efikasi diri dengan mekanisme koping dalam menghadapi skripsi mahasiswa kedoteran Universitas Malahayati. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1003–1014.
O’Neill, M., Slater, G. Y., & Batt, D. (2019). Social work student Self-Care and academic stress. Journal of Social Work Education, 55(1), 141–152.
Permenristekdikti Nomor 44. (2015). tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Prasetyawan, A. B., & Ariati, J. (2020). Hubungan Antara Adversity Intelligence Dan Stres Akademik Pada Anggota Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Di Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 619–632.
Prawira, B., & Sukmaningrum, E. (2020). Suicide Stigma as a Predictor of Help-Seeking Intention among Undergraduate Students in Jakarta. Makara Human Behavior Studies in Asia, 24(1), 24–36.
Putri, R. M., Oktaviani, A. D., Utami, A. S. F., Mahturrohmah, N., Addiina, H. A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku Dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1), 38–45.
Putrikita, K. A., Asih, D. R., & Budiyani, K. (2021). Optimisme Dan Coping Stress Pada Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional 2021 Fakultas Psikologi UMBY, 2000(2015), 243–251.
Rahayu, R. A., Kusdiyati, S., & Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh Stress Akademik terhadap Resiliensi Pada Remaja Di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Psikologi, 7(2), 398–403.
Rahmawan, F. R., & Selviana. (2021). Hubungan Adversity Quotient dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 67–75.
Rais, R. arif. (2023). Pengaruh Terapi Kognitif: Relaksasi Napas Dalam Terhadap Tingkat Stress Dalam Menjalani Skripsi Pada Mahasiswa Ekstensi Kelas 2B Di UIMA Tahun 2022. Indonesian Scholar Journal of Nursing and Midwifery, 02(08), 829–837.
saputri, anggun, K. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy dan Social Support Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir Penyusun SKripsi Di FIP UNNES Tahun 2019. Konseling Edukasi: Journal Of Gaudance and Couseling, 4(1), 101–102.
Sari, J. F., & Haryati, A. (2023). Hubungan antara Religiusitas dengan Coping Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi BKI di UINFAS Bengkulu. Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(2), 1–16.
Siregar, F. I. H. (2022). Hubungan Tingkat Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Profesi Ners Di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Padang [Universitas Andalas].
Situmorang, G. C. I., & Desiningrum, D. R. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Jurusan Musik Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurnal EMPATI, 7(3), 1112–1118.
Stefany. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Keluarga Terhadap Motivasi Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 44–55.
Usraleli, Melly, & Deliana, R. (2020). Hubungan Strategi Koping dengan Tingkat Stres Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Riau yang Menyusun Skripsi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 967–970.
Yoga, P. D. K., Febi K, K., & Grace, E. C. K. (2019). Hubungan jenis kelamin dan pengaruh teman sebaya dengan tingkat stres mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Kesmas, 7(5).
Yuda, M. P., Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2023). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Pinang Masak Nursing Journal, 2(1), 38–42.
Yuliastri, D., & Gismin, S. S. (2023). Gambaran Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Penyelesaian Skripsipada Mahasiswa di Universitas Bosowa. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 65–71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 wasti puspita lakamati, viere Allanled Siauta, Wendi Muh Fadhli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).