HUBUNGAN RESPON TIME DAN PENERAPAN TRIAGE PERAWAT DENGAN TINGKAT ANSIETAS DAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH

Authors

  • Nurul Fadila Prodi Ners, Jurusan Keperawatan, Universitas Widya Nusantara
  • Afrina Januarista Prodi Ners, Jurusan Keperawatan, Universitas Widya Nusantara
  • Elin Hidayat Prodi Ners, Jurusan Keperawatan, Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32581

Keywords:

Kata kunci: Ansietas, Kepuasan, Penerapan Triage, Respon time

Abstract

Respon time dan triage yang tidak tepat dapat meningkatkan kecemasan dan ketidakpuasan pasien, tujuan penelitian ini yaitu telah dibuktikan hubungan respon time dan penerapan triage perawat dengan tingkat ansietas dan kepuasan pasien di IGD RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian kuantitatif, desain survey analitik, pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu semua pasien yang masuk di IGD RSUD Undata, sampel berjumlah 96 responden, teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Dari 96 responden, sebagian besar mendapatkan kategori respon time yang cepat sebanyak 67 responden (69.8%), kategori penerapan triage sesuai sebanyak 53 responden (55.2%). Variabel ansietas kategori terbanyak adalah kecemasan sedang sebanyak 55 responden (57.3%), kategori puas sebanyak 54 responden (56.2%). Hasil uji chi square, terdapat hubungan respon time dengan tingkat ansietas pasien di IGD RSUD Undata dengan p value 0.000 < 0.05. Terdapat hubungan respon time dengan kepuasan pasien di IGD RSUD Undata dengan p value 0.000 <0.05. Terdapat hubungan penerapan triage dengan tingkat ansietas pasien di IGD RSUD Undata dengan p value 0.000 < 0.05. Terdapat hubungan penerapan triage dengan kepuasan pasien di IGD RSUD Undata dengan p value 0.000 < 0.05. Ada Hubungan respon time dan penerapan triage dengan tingkat ansietas dan kepuasan pasien di Instalasi Gawat darurat RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Bagi rumah sakit dapat memberikan edukasi audio visual kepada pasien maupun keluarga terkait respon time dan triage, melalui videotron agar pasien dan keluarga mengetahui alur proses triage dan respon time, sehingga dapat membantu menurunkan kecemasan pada pasien.

References

Akhirul dan Fitriana (2020) ‘Hubungan Rensponse Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.’, jurnal keperawatan muhammadiyah, pp. 2597–7539.

Andi (2022) Modifikasi teletriase. malang: Media Nusa Creative.

Anggraini, D. and Febrianti, A. (2020) ‘Response time dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di unit gawat darurat rumah sakit Dr. A. K .Gani Palembang’, In Proceeding Seminar Nasional Keperawatan, 6(1), pp. 202–206. Available at: http://conference.unsri.ac.id / index.php/SNK/article/view/1793.

Annur, M.A., Harianti, R. and Randika, R. (2023) ‘respons time perawat terhadap tingkat kecemasan dan kepuasan pasien bpjs di puskesmas rawat inap kabupaten indragiri hilir’, Al-Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences), 12(1), pp. 62–69. Available at: https://doi.org/10.35328/kesmas.v12i1.2432.

Aprillia, M. (2021) ‘Hubungan Respon time Perawat Terhadap Kepuasaan Keluarga Pasien Di Instalasi Gawat Darurat’, Media Husada Journal Of Nursing Science, 2(1), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.33475/mhjns.v1i2.3.

Badan Pusat Statistik (2020) BPS. Available at: https://www.bps.go.id/id/publication/2020/04/29 /e9011 b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html.

Daud, I. et al. (2023) ‘Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pada Ruang IGD Rumah Sakit’, Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN: 2085-5931 e-ISSN: 2623-2871, 14(3), pp. 541–545.

Diyaningrum (2022) ‘Kecemasan pada wanita monopause di wilayah pesisir desa’, keperawatan diponegoro.

Eryanto Nabuasa (2019) Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perawat Terhadap Pelaksanaan Triage di IGD RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang. Universitas Citra Bangsa.

Gian Suherlan, Bambang Suryadi, dan A.P. (2024) ‘Hubungan Implementasi Protokol Triase dan Response Time Terhadap’, Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), pp. 61–66.

Harahap, L.A., Syarif, H. dan Amni, R. (2022) ‘Hubungan respon time perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien Triage merh’, jurnal ilmiah mahasiswa fakultas keperawatan, 6(2).

Haslinda Damansyah, dan P.Y. (2022) ‘Ketepatan penilaian triage dengan tingkat keberhasilan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD M.M Dunda Limboto’, Jurnal zaitun Universitas Muhammadiyah Gorontalo [Preprint], (2301–5691).

Hasyim, muh. R.Hasyim, muh. R. (2019) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kassi-kassi Kecematan Rappocini Kota Makassar.’, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. [Preprint].

Huzaifah, Z. et al. (2022) ‘Journal of Nursing Invention Hubungan Triase Pasien Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Di Instalasi Gawat Darurat’, jurnal of nersing intervension [Preprint].

Intan Hayati Husnul Khotimah, Ade Heli Yudiantono, S. (2020) ‘Respon time Perawat Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Kategori Australian Triage Scale (ATS) 2 dan 3 di Instalasi Gawat Darurat (IGD)’, Ilmu Jurnal Kesehatan immanuel, 14.

Jainurakhma, et al. (2022) Konsep dan sistem keperawatan gawat darurat. cetakan 1. Edited by Matias Julyus. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kemenkes RI (2019) ‘No Title’, efektivitas pelayanan gawat darurat berdasarkan emergency respon time [Preprint].

Mustofa, B.B., Widiani, N., & sulistiawati. . (2021) ‘hubungan respon time perawat Dengan Tingkat Keberhasilan Penanganan Pasien Emergency Di Igd Rs X’, Jurnal Mutiara Ners, 4, pp. 5–13.

Mutiarasari, Puspasari, & D. (2019) ‘Response Times and Patient Satisfaction in Emergency Room at Anutapura General Hospital, City of Palu.’, Journal of Vurrent Medical Research and Opinion, 02(05), pp. 152–157.

Nining Fitrianingsih d.a (2019) ‘Hubungan Antara Response Time Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien’, pp. 1–8.

Nurbianto, D.A., Septimar, Z.M. and Winarni, L.M. (2021) ‘Hubungan Pengetahuan Dengan Keterampilan Perawat Dalam Pelaksanaan Triase Di Rsud Kota Tangerang’, Jurnal Health Sains, 2(1), pp. 44–55. Available at: https://doi.org/10.46799/jhs.v2i1.75.

Nurcholis, Hudinoto Eko Y, S. (2022) ‘Respon time Perawat Dalam Penanganan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Kardinah Kota Tegal’, Update Keperawatan, Jurnal Eko, Hudinoto Y Studi DIII Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang, 2, p. 54. Available at: https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/JUK.

Nurcholis, Eko, H.Y. and Suparjo (2022) ‘Overview Of The Respon time Of Nurses In Handling Patients In The Emergency Instalation Of Kardinah Hospital Tegal City’, Juru Rawat:Jurnal Update Keperawatan, 2(2), pp. 53–59. Available at: https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/ JUK.

Nurhaeni Asrullah (2019) Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Penerapan Triage Di Igd Rsup Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Panakkukang Makassar.

Nurrahma, V.. (2021) ‘hubungan respn time dengan mutu pelayanan IGD di RS Amal Sehat Sragen’, Fakultas ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta [Preprint].

Nursalam (2015) Manajemen Keperawatan. edisi 5. Edited by P. puji Lestari. Jakarta selatan: Salemba Medika.

Prahmawati, P., Ayu Rinita, J. and Septiasari, Y. (2024) ‘Hubungan Ketepatan Pelaksanaan Triase Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Rs Asy-Syifa Medika Tulang Bawang Barat’, Selentific Journal of Nursing and Health, 2(1), pp. 1–8.

Prima, R. (2019) ‘Hubungan Jenis Kelamin Dan Pendidikan Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Fraktur Pre Operasi Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit’, Jurnal Menara Medika, 2(1), pp. 27–35. Available at: https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view 2170.

Purwacaraka, M. and Arief Hidayat, S. (2022) ‘Hubungan Tingkat Kegawatdaruratan (Triase) Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Dr. Iskak Tulungagung Correlation Of Emergency Levels (Triase) With Patient’s Family Anxiety Level In The Emergency Department In Rsud Dr. Iskak Tulungagung’, Jurnal Ilmiah Pamenang-JIP, 4(1), pp. 39–47.

Purwanto, Rahmawati, I. and Kurniawan, S.T. (2019) ‘Perbedaan Penerapan Australasian Triage Scale (ATS) dan The Worthing Physiological Scoring System (WPSS) Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di IGD RS Panti Waluyo Surakarta’.

Putri, S.B., Darmayanti, A. and Dewi, N.P. (2022) ‘Hubungan Tingkat Kecemasan Preoperatif dengan Karakteristik Pasien di Kamar Operasi RSI Siti Rahmah’, Baiturrahmah Medical Journal, 1(2), pp. 11–25. Available at: https://jurnal.unbrah.ac.id/ index.php/ brmj/ article / view/995.

Putri, S.H. (2019) ‘Hubungan respon time dan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pasien di igd rs islam purwokerto skripsi’, (September).

Rasdiyanah M.et all (2023) Keperawatan gawat darurat. yogyakarta: Deepublish.

Rizka Kurniawan Saputro (2021) Hubungan Waktu Tanggap Dengan Tingkat Kecemasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS PKU Muhammadiyah Gombong, Nursing St. Universitas uhammadiyah Gombong.

Rochana, N., & Djogotuga, N.N. (2020) ‘Kepuasan Pasien Stagnan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Kupang’, Holistic Nursing and Health Science, 3(2), pp. 12–20.

Simandalahi. et all (2019) ‘hubungan respon time dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi gawat darurat puskesmas’, jurnal kesehatan mesencephalon, 5(2).

Soumokil, Y., Syafar, M. and Yusuf, A. (2021) ‘Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru’, 10(Siti 2018), pp. 543–551. Available at: https://doi.org /10.35816/ jiskh. v10i2.645.

Suprapto (2021) keperawatan gawat darurat dan manajemen bencana. politeknik sandi karsa.

Wisageni, A., Susilowati, Y. and Sari, R.S. (2023) ‘Hubungan Response Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pada Pasien Kategori Australian Triage Scale (ATS) 3 Terhadap Nyeri Di IGD Rumah Sakit Kanker Dharmais’, Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, 2(1), pp. 165–176. Available at: https://doi.org/10.55606/termometer.v2i1.2822.

Zainal Abidin, Widya Addiarto, Yeni Andriani, M. (2023) ‘Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Keluarga Pasien Pada Saat Dilakukan Triage Di IGD RSUD Dr. Haryoto Lumajang’, Professional Health Journal, 5(1sp), pp. 77–86. Available at: https:// doi.org /10.54832/ phj. v5i 1sp .454.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Fadila, N., Januarista, A., & Hidayat, E. (2024). HUBUNGAN RESPON TIME DAN PENERAPAN TRIAGE PERAWAT DENGAN TINGKAT ANSIETAS DAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 7866–7876. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32581