PEMASARAN OBAT DI APOTEK X DENGAN FOKUS PADA ISU PROFESIONALISME DAN ETIKA BISNIS

Authors

  • Julia Ananda Eka Putri Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Mataram
  • Riani Patmi Anjani Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Mataram
  • Yoga Dwi Saputra Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.32576

Keywords:

analisis SWOT, apotek, strategi pemasaran

Abstract

Dalam menjalankan bisnis Apotek dituntut mampu menciptakan inovasi dan strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan pada Apotek K-24 Aroepala Makassar. Metode menggunakan strategi bauran pemasaran (product, price, place, promotion) serta menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan juga analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), IFAS, EFAS dan diagram Cartesius SWOT. Hasil nilai skor IFAS 2.86 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 3.04 menunjukan perusahaan merespon peluang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Pada diagram cartesius menunjukkan posisi perusahaan dalam keadaan agresif yaitu sangat menguntungkan bagi perusahaan yang berada pada kuadran 1. Untuk matriks SWOT Apotek K-24 Aroepala Makassar berada pada kotak SO, dimana perusahaan mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang dimiliki perusahaan, hal ini baik bagi Apotek K-24 Aroepala Makassar untuk mengurangi kelemahan dan meminimalisir ancaman agar dapat meningkatkan penjualan. Berdasarkan hasil analisis diagram cartesius disimpulkan bahwa Apotek K-24 Aroeppala Makasar berada pada quadran I (Growth). Sedangkan berdasarkan dari analisis IFAS dan EFAS, analisis SWOT pada Apotek K-24 Aroeppala Makasar bahwa nilai skor EFAS 3,04 dan nilai skor IFAS yaitu 2,86 dan matriks SWOT berada pada

References

Aritha Eshter Taringan, Ralang Hartati, Syafrida, E. A. (2022). TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA MEMPRODUKSI OBAT SIRUP CAIR MENIMBULKAN GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK. Jurnal Surya Kencana https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3095239 Dua.

Endang Pamuji. (2020). ETIKA BISNIS PADA PT. SI. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Fimela. (2022). Keracunan Obat Menjadi Penyebab Pasti Gagal Ginjal Akut di Indonesia. www.Fimela.com. https://www.fimela.com/health/read/5116730/keracunan-obat menjadi-penyebab-pasti-gagal-ginjal-akut-di-indonesia

Rahma, N. (2017). BAB II ETIKA BISNIS. Universitas Darma Persada. http://repository.unsada.ac.id/525/3/BAB BISNIS.pdf Reysita Mayasani. (2015). II ETIKA BISNIS.pdf Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. (2020). Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Meningkat, Kemenkes Minta Orang Tua Waspada. setkab.go.id.

Sholihah, C. H. Y., & Syuryadi. (2023). Apotek K24 Aroepala Makassar. Malomo: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 169–176. http://repository.nobel.ac.id/id/eprint/1115/

Thomas W. Zimmerer. (2009). Etika Bisnis Dalam Kewirausahaan.

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju Analysis of Marketing Strategy to Increase Sales at Ibu Bagas ’ s Business in Mamuju District. 1(1), 1–13.

Pratama, M. W., Hasan, D., & Putriana, L. (2022). Analisis Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Apotek dan Meningkatkan Omzet Pada Masa Pandemi Covid 19. Poltekita?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 352–361. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1391

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Putri, J. A. E. ., Anjani, R. P. ., & Saputra, Y. D. . (2024). PEMASARAN OBAT DI APOTEK X DENGAN FOKUS PADA ISU PROFESIONALISME DAN ETIKA BISNIS . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(4), 10360–10364. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.32576