HUBUNGAN KONDISI FASILITAS SANITASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN DI WISATA BUMI PERKEMAHAN BEDENGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32530Keywords:
fasilitas sanitasi, kepuasan wisatawanAbstract
Objek wisata sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dalam rangka berwisata, sehingga beresiko menjadi media penyebaran penyakit, terutama jika fasilitas sanitasi umum tidak memenuhi syarat. Higiene perorangan dan fasilitas saniatasi umum yang buruk dapat menimbulkan masalah pada kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kondisi fasilitas sanitasi dengan tingkat kepuasan wisatawan di wisata Bumi Perkemahan Bedengan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling insidental. Instrumen yang digunakan lembar observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji spearmen rank. Hasil penelitian menunjukkan kondisi fasilitas sanitasi dinyatakan laik sehat nilai 454 (75,11%) dengan tingkat kepuasan wisatawan 27,1% sangat puas, 68,8% puas, 4,2% cukup puas dan, 0% untuk tidak puas dan sangat tidak puas. Hasil analisis uji spearmen rank menunjukan nilai p-value 0,000 (p-value<0,05), dengan koefisien korelasi sebesar 0,446 (0,40-0,599 cukup) dan koefisien determinasi sebesar 19,89%. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara kondisi fasilitas sanitasi dengan tingkat kepuasan di objek wisata Bumi Perkemahan Bedengan dengan tingkat keeratan hubungan yang cukup/ sedang.References
Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 180–194. Dwi Cakhyono, S. N., & Lagiono, L. (2018). Deskripsi Sarana Sanitasi Obyek Wisata Sanggaluri Park Purbalingga Tahun 2017. Buletin Keslingmas, 37(2), 212–219. https://doi.org/10.31983/keslingmas.v37i2.3868
Fauzan, S., Firmansyah, R., Putri, D. M., Putri, S. F., & Jannah, M. (2020). Sungai untuk Daya Tarik Wisata Alam Bumi Perkemahan Bedengan Desa Selorejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sinergi: Jurnal Pengabdian, 3(1), 8–13. http://112.78.38.8/index.php/JSPU/article/view/3045
Hilman, Z., Awfa, D., Fitria, L., Wayan, I., Suryawan, K., & Prayogo, W. (2023). Problematika Sampah di Sektor Perjalanan dan Pariwisata: Kajian Literatur. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 11(3), 896–903.
Khudhory, F. M., Fathimahhayati, L. D., & Pawitra, T. A. (2022). Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode HIRARC. Tekinfo: Jurnal Ilmiah Teknik Industri Dan Informasi, 10(2), 66–75. https://doi.org/10.31001/tekinfo.v10i2.1329
Musfirah, M., & Rangkuti, A. F. (2022). Hygiene dan Sanitasi di Tempat Wisata: Kajian Adaptasi New Normal. Eureka Media Aksara.
Novitasari, N., Yuniastuti, T., & Wahyuni, I. D. (2022). Evaluasi Sanitasi Fasilitas Umum di Obyek Wisata Pantai Balekambang. Media Husada Jurnal of Environmental Health, 2(1), 96–105.
Pariyanti, E., Rinnanik, & Buchori. (2020). Objek Wisata Dan Pelaku Usaha.
Phartin Purwaningrum, N. M. P., & Asmara, I. W. S. (2019). Hubungan Fasilitas Sanitasi Dan Kualitas Jasa Dengan Tingkat Kepuasan Pengunjung Tahura Ngurah Rai Provinsi Bali. Jurnal Kesehatan Lingkungan (JKL), 9(2), 98–108. https://doi.org/10.33992/jkl.v9i2.903
Rahmayanti, R. (2018). Studi Deskriptif Tentang Sanitasi Tempat Wisata Pantai Pasir Jambak Kota Padang Tahun 2017. Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang.
Rasyid, B., Karta, I. W., Sari, N. L. P. E. K., & Putra, I. G. N. D. (2020). Identifikasi GEN Penyandi Protein Transport Sebagai Kandidat Vaksin Subunit Terhadap Bakteri Escherichia Coli Penyebab Diare Wisatawan. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 9(1), 47–57.
Rohmad, N., Purwanto, P., & Santjoko, H. (2014). Hubungan Kondisi Sarana Sanitasi Wisata (Sarsanta) dengan Tingkat Kepuasan Wisatawan Kawasan Wisata Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 6(2), 87–93. https://doi.org/10.29238/sanitasi.v6i2.715
Ruhban, A., Indraswari, N. L. A., & Rismayanti. (2023). Analysis Of The Condition Of The Sanitation Facility In Tourist Objects Of The Beach On Dewata Wakka Pinrang District. Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika Dan Masyarakat, 23(1), 1–11. file:///C:/Users/Asus/Downloads/PROPOSAL HIBAH PANTAI TLANGOH/PANTAI LAIN.pdf
Saraswati, L. A., Werdiningsih, I., & Purwanto, P. (2016). Evaluasi Kondisi Sarana Sanitasi yang Disediakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Tingkat Kepuasan Wisatawan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta, Tahun 2016. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(2), 64–72. https://doi.org/10.29238/sanitasi.v8i2.739
Satwika, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Sebagai Penentu Kepuasan Wisatawan Valka Bali Hotel. Nusantara Hasana Journal, 3(6), 1–9.
Ummah, I. (2019). Survei Dayatarik Pengunjung terhadap Fasilitas dan Pelayanan pada Tempat Wisata Permandian Air Panas Lejja Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Violina, S., & Suryawan, I. B. (2016). Kualitas Kebersihan Lingkungan Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Pantai Sanur Kaja. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(1), 20. https://doi.org/10.24843/jdepar.2016.v04.i01.p04
Wiyana, T. (2018). Pengaruh Fasilitas Wisatawan Terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Kunjungan Wisatawan Kota Solo). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 3(2).
Zaenab, Z., Rafidah, R., & Wata, T. H. (2022). Implementasi Pemodelan Zona Sehat dan Bersinar Pada Objek Wisata Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate Kota Makassar. PROSIDING SEMNAS HILIRISASI HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2022, 410–415.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stefany Kurnia Noto, Tiwi Yuniastuti, Rudy Jeogijantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).