PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK DENGAN SINDROM NEFROTIK DI BANGSAL ANAK RSUD RADEN MATTAHER JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32491Keywords:
hospitalisasi, kecemasan, terapi bermain puzzleAbstract
Sindrom nefrotik merupakan sekumpulan gejala yang mengindikasi ginjal tidak bekerja secara normal yang biasanya terjadi ketika glomerulus rusak sehingga menyebabkan terlalu banyak protein yang bocor dari darah ke dalam urin. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit ginjal yang paling sering menyerang anak-anak sehingga mengakibatkan anak harus menjalani hospitalisasi. Hospitalisasi dapat mengakibatkan reaksi yang tidak adaptif dan mengakibatkan anak mengalami kecemasan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan anak yaitu dengan melakukan terapi bermain puzzle. Tujuan penelitian dengan penerapan Evidence Based Nursing (EBN) dalam proses keperawatan ini adalah untuk mengetahui penerapan terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak akibat hospitalisasi pada anak dengan sindrom nefrotik di Bangsal Anak RSUD Raden Mattaher Jambi. Penerapan Evidence Based Nursing (EBN) dalam proses keperawatan ini merupakan studi kasus yang meliputi proses keperawatan. Jumlah sampel dalam penerapan Evidence Based Nursing (EBN) dalam proses keperawatan ini yaitu sebayak 1 anak yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi. Berdasarkan penerapan Evidence Based Nursing (EBN) dalam proses keperawatan yang telah dilakukan, saat dilakukan pengkajian awal, tingkat kecemasan anak berada dalam tingkat kecemasan dengan gejala berat. Setelah dilakukan implementasi selama 3 hari, tingkat kecemasan anak menurun menjadi kecemasan dengan gejala ringan. Terapi bermain puzzle mampu menurunkan tingkat kecemasan pada anak akibat hospitalisasi di Bangsal Anak RSUD Raden Mattaher Jambi.References
Anisha, N., & Lestari, R. F. (2022). Penerapan Terapi Bermain Puzzle untuk Mengatasi Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Saat Hospitalisasi. Community of Publishing in Nursing, 10(6).
Astrani. (2017). Hospitalisasi dan Terapi Bermain pada Anak (1st ed.). EGC.
Black, J. M., & Hawks, J. H. (2023). Keperawatan Medikal Bedah (9th ed.). Elsevier Singapore.
Cahaya, M. R. F., Iriani, R., Ramba, H. La, & Yari, Y. (2023). Konsep Dasar Keperawatan (F. Fadhila (ed.); 1st ed.). PT Sada Kurnia Pustaka.
Deswita, & Nursiam, Y. (2023). Kenali Kecemasan Anak Usia Sekolah yang Mengalami Hospitalisasi dan Perawatannya (N. Duniawati (ed.); 1st ed.). Penerbit Adab.
Diprasta, Safira, & Larassanti. (2014). Clinical Features in Nephrotic Syndrome Patients: A Case Report. Journal of Indonesian Impressions, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.58344/jii.v3i1.4438
Fibiyanti, M. S., Rahayu, D. A., & Hidayati, E. (2024). Efektifitas Terapi Bermain Puzzle dalam Menurunkan Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Ners Muda, 5(1). https://doi.org/doi,org/10.26714/nm.v5i1.13987
Ham, M. F., & Saraswati, M. (2018). Buku Ajar Patologi Robbins (10th ed.). Elsevier Singapore.
Hasanah, U. (2023). Buku Ajar Anatomi Fisiologi Manusia (Asmia (ed.); 1st ed.). Penerbit Sabudra Biru (Anggota IKAPI).
Herien, Y. (2023). Perawatan Anak Sindrom Nefrotik pada Masa Relaps (Abdul (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Islamiyah, Asri Dwi Novianti, dan L. A. (2024). Pengaruh Terapi Bermain Puzzel untuk Penurunan Kecemasan Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 87–98. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.409
Lestari, N. E., Yusnita, Juniah, & Naulia, R. P. (2024). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Anak Sakit Kronis (Efitra (ed.); 1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lufianti, A., Anggraeni, L. D., Saputra, M. K. F., & Susilaningsih, E. Z. (2022). Ilmu Dasar Keperawatan Anak (D. W. Mulyasari (ed.); 1st ed.). Pradini Pustaka.
Mamahit, A. Y. (2022). Teori Promosi Kesehatan (H. Akbar (ed.); 1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Mansur, A. R., & Marmi. (2023). Memahami Sindrom Nefrotik Anak: dari Patofisiologi hingga Manajemen (1st ed.). Eureka Media Aksara.
Maulita, & Merina. (2023). Penerapan Manajemen Cairan pada Asuhan Keperawatan Anak dengan Sindrom Nefrotik. Madago Nursing Journal.
National Center for Biotechnology Information. (2023). Nephrotic Syndrome. https://www.ncbi.nlm.nih.gov
Nurlina. (2022). Penerapan Asuhan Keperawatan yang Berkualitas (Nasrudin (ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia:Definisi dan Indikator Diagnostik (1st ed.). PPNI.
PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan. PPNI.
PPNI. (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (1st ed.). PPNI.
Pramudita, C. D. A., & Maryatun. (2023). Penerapan Terapi Bermain Puzzle pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi di Bangsal Shofa RS PKU Muhammadiyah Karanganyar. Journal of Midwifery and Health Sciences, 3(2), 54–61.
Pratiwi, W., Immawati, & Nurhayati, S. (2023). Penerapan Terapi Bermain Puzzle pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) yang Mengalami Kecemasan Akibat Hospitalisasi di RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. Jurnal Cendekia Muda, 3(4).
Sapardi, V. S., & Andayani, R. P. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Kecemasan pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(2).
Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit (E. A. Yalestyarini (ed.)). Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).
Senja, A., Abdillah, I. L., & Santoso, E. B. (2020). Keperawatan Pediatri (N. Syamsiyah (ed.); 1st ed.). Bumi Medika.
Siska, M., Fibiyanti, A., Rahayu, D. A., & Hidayati, E. (2024). Efektifitas terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi.
Suparti, S., Rizky, W., Fisqua, & Suryani, A. I. (2024). Promosi Kesehatan di Rumah Sakit (A. Susanto (ed.); 1st ed.). Kaizen Media Publishing.
Syahrizal, Salsbila, A., & Sabrina, A. (2023). Pengaruh Ekstrak Ikan Gabus dengan Peningkatan Kadar Albumin pada Pasien Sindrom Nefrotik. 1(3). https://doi.org/10.59680/anestesi.v1i3.345
Vianti, R. A. (2020). Pengalaman Perawat Mengatasi Dampak Hospitalisasi pada Anak. Jurnal PENA, 34(2), 29–39.
Widiyanti, W. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Anak Pra Sekolah Berdasarkan Frekuensi Hospitalisasi di Ruang Anak Rumkit TK II Prof. Dr. J. A. Latumeten Ambon. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(3). https://doi.org/doi.org/10.55606
Yulianto, A., Idayati, & Sari, S. A. (2021). Bermain (Puzzle) Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.52822/jwk.v6i1.172
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helni Yusriya Safitri, Fadliyana Ekawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).