ANALISIS KETERSEDIAAN BIDAN APARATUR SIPIL NEGARA TERHADAP MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI KOTA TOMOHON

Authors

  • Rezzi Wenur Departemen Administrasi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mega Buana
  • Ma’rufi Ma’rufi Departemen Administrasi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mega Buana
  • Freddy Chandra Montolalu Departemen Administrasi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mega Buana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32405

Keywords:

ASN, bidan, mutu, pelayanan kesehatan

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. SDM Kesehatan yang berkualitas dan tersedia dalam jumlah yang mencukupi diperlukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan merata kepada masyarakat. Tenaga kesehatan memberikan konstribusi hingga 80% dalam keberhasilan pembangunan kesehatan dan salah satu jalan terbaik untuk menyelesaikan krisis ketenagaan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan yaitu melalui pendidikan dan pelatihan, bersama dengan perbaikan kebijakan manajemen SDM. Tujuan penelitian untuk   mengetahui ketersediaan bidan aparatur sipil negara terhadap mutu pelayanan Puskesmas di Kota Tomohon Tahun 2024. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini semua bidan ASN Puskesmas di wilayah DINKES Kota Tomohon yaitu sebanyak 57 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis secara univariat dan bivariat, uji bivariat yang digunakan adalah uji chi-square menggunakan laptop dengan program Microsoft Excel dan program statistik (SPSS). Terdapat pengaruh lama bekerja dengan mutu pelayanan ASN puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Tomohon dengan nilai p value 0,002<a =0,05, selanjutnya tidak terdapat pengaruh tersertifikasi dengan mutu pelayanan ASN puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Tomohon dengan nilai p value 0,474>a =0,05, dan terdapat pengaruh pelatihan dengan mutu pelayanan ASN puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Tomohon dengan nilai p value 0,000<a =0,05 dengan uji Chi Square.

References

Nurzahrah. (2021). Analisis Penggunaan Alat Sirkumsisi Terhadap Anak Perempuan Di Desa Ujong Reuba Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara Tahun 2019. https://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/5581/

Sukri Palutturi, Nurhayani, Nurhamsa Mandak. 2007. Determinan Kinerja Bidan Di Puskesmas Tahun 2006. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Makassar. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Bidan

Sofyan M. 2006. 50 Tahun IBI (Bidan Menyongsong Masa Depan). Jakarta : Pengurus Pusat IBI

Sri Retno Widyorini. (2019). Korelasi Registrasi Tenaga Kesehatan Terhadap Kompetensi Tenaga Kesehatan Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/hdm/article/viewFile/1028/900

Suryani, Sugianingrat, Laksemini. 2020. Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori, Aplikasi dan Penelitian. books.google.com.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Wenur, R., Ma’rufi, . M., & Montolalu, F. C. (2024). ANALISIS KETERSEDIAAN BIDAN APARATUR SIPIL NEGARA TERHADAP MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI KOTA TOMOHON. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 6731–6739. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32405