PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MEDIA SHORT EDUCATION MOVIE (SEM) DAN SIMULASI TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA LUKA RINGAN PADA TUNAGRAHITA DI SLB C PUTRA HARAPAN GONDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32305Keywords:
Tunagrahita, Keterampilan Pertolongan Pertama Luka Ringan, Short Education Movie, SimulasiAbstract
Tunagrahita memiliki kesulitan dalam melakukan pertolongan pertama luka ringan karena memiliki gangguan kognitif yang berdampak pada segala aspek kehidupannya termasuk kemampuan merawat diri, oleh karena itu pemberian pembelajaran dan pelatihan sangat penting untuk diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan kombinasi media short education movie (SEM) dan simulasi terhadap keterampilan pertolongan pertama luka ringan pada tunagrahita di SLB C Putra Harapan Gondang. Metode penelitian menggunakan metode Pre-Eksperimen One Group Pre-Test And Post-Test Design, populasi penelitian ini seluruh siswa tunagrahita, pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu tunagrahita ringan yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan selama 4 kali pada bulan Maret 2024 menggunakan lembar observasi. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon p value=0,000 yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan menggunakan kombinasi media short education movie (SEM) dan simulasi terhadap keterampilan pertolongan pertama luka ringan pada tunagrahita. Hasil pre-test mayoritas responden memiliki keterampilan kurang dalam melakukan pertolongan pertama luka ringan sebanyak 12 responden (60,0%), keterampilan cukup sebanyak 6 responden (30,0%) dan keterampilan baik sebanyak 2 responden (10.0%). Hasil penelitian post-test mayoritas responden memiliki keterampilan baik sebanyak18 responden (90,0%) dan keterampilan cukup sebanyak 2 responden (10.0%). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan kombinasi media short education movie (SEM) dan simulasi terhadap keterampilan pertolongan pertama luka ringan pada tunagrahita di SLB C Putra Harapan Gondang.References
Acero-Garcés, D. O., Saldarriaga, W., Cabal-Herrera, A. M., Rojas, C. A., & Hagerman, R. J. (2023). Fragile X Syndrome in children. Colombia Medica, 54(2), 1–22. https://doi.org/10.25100/cm.v54i2.5089
Amanullah, A. S. R. (2022). mengenal anak berkebutuhan khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom dan Autisme. 1(1), 1–14. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1793
BPS. (2020a). Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020. Badan Pusat Statistik, 44 halaman.
BPS. (2020b). Jumlah Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Polda Jawa Tengah Tahun (Jiwa), 2018-2020. BPS Jateng. https://jateng.bps.go.id/indicator/34/563/1/jumlah-korban-kecelakaan-lalu-lintas-di-wilayah-polda-jawa-tengah-tahun.html
BPS. (2021). Rekap Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Provinsi Jawa Tengah 2021.
Devita, D., & Desmayanasari, D. (2021). Landasan Penyusunan Program Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 4(2), 121–129. https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i2.514
Dian, A., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Teknik Task Analysis terhadap Peningkatan Kemampuan Mengobati Luka pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB N 1 Padang ( Single Subject Research ). 7, 22679–22683.
Dianty, E. F., Susilawati, D., & Mey, G. L. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuandan Keterampilan Anggota Pmr Tentang Pertolongan Pertama Sinkop Dan Luka Ringan Di Sma Negeri 9 Kota Bengkulu. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 8(1), 51.
Fatmawati, & Sari, D. V. (2023). The Influence of Health Education. 2(01), 22–30.
Kelwulan, J. E., Siwu, J. F., & Mallo, J. F. (2019). Penentuan Derajat Luka pada Kekerasan Mekanik di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode Januari - Juli 2019. E-CliniC, 8(1), 172–176. https://doi.org/10.35790/ecl.v8i1.28604
Kemis, & Rosnawati, A. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita (R. Luxima (Ed.)). Pt. Luxima Metro Media.
Lativiani, N. A., & Fitriana, R. N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Short Education Movie (Sem) Terhadap Self Efficcay Remaja Dalam Pencegahan Bullying Di Smp Negeri 25 Surakarta. 34, 1–12. http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/5264/1/Naskah Publikasi Amalia Nur Lativiani S19115.Pdf
Murti, V. K. (2019). pengaruh metode pendidikan kesehatan demonstrasi dengan media short education movie (sem) terhadap perilaku perawatan luka pada anak usia sekolah. In Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology (Vol. 224, Issue 11).
Muslimah, D. D. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Flashcard ''Menjaga Kebersihan Diriku" Terhadap Keterampilan Personal Hygiene Pada Anak Tunagrahita Di SLB C Setya Darma Surakarta. Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Nissa, O. K. (2021). Pengaruh Short Education Movie Tentang PRICE Terhadap Keterampilan Orang Tua Dalam Penanganan Cedera Sprain Pada Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Mranggen. Jurnal Keperawatan Dan Kedokteran, 37, 1–11. https://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/2328/1/NASKAH PUBLIKASI_OLIVIA KHOIRUL NISSA.pdf
Oktaviani, E., Feri, J., & Susmini. (2020). Pelatihan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan di Sekolah dengan Metode Simulasi. Journal of Character Educationn Society, 3(2), 403–413. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi5rf_x7IHwAhXYZSsKHfw7CxQQFjAEegQICBAD&url=http%3A%2F%2Fjournal.ummat.ac.id%2Findex.php%2FJCES%2Farticle%2Fdownload%2F2368%2Fpdf&usg=AOvVaw0rgr66YpWMziAT8PzrqxMk
Rahmi, S. (2021). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak (N. Diana (ed.); 1st ed.). SYIAH KUALA UNIVERSITY PRESS.
Ratna, R., & Wijayaningsih, K. S. (2022). Simulasi Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 3(2), 87–92. https://doi.org/10.36590/jagri.v3i2.486
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lulu Febrilia Permatasari, Ratih Dwilestari Puji Utami, Atiek Murharyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).