EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN GOBAK SODOR DALAM MENURUNKAN INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI DI MADRASAH TSANAWIYAH AL - HUDA 1 KARANGPANDAN

Authors

  • Suci Asri Sajdah Prodi Keperawatan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Ratih Dwilestari Puji Utami Prodi Keperawatan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Happy Indri Hapsari Prodi Keperawatan Program Sarjana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32223

Keywords:

Edukasi, Gobak Sodor, Intensitas Penggunaan Gawai

Abstract

Gawai memberikan dampak positif bagi remaja dalam kegiatan belajar, mengakses materi, penyelesaian tugas secara cepat. Penggunaan gawai terlalu lama, akan berdampak negatif dimana dapat menimbulkan rasa malas belajar, kemampuan sosialisasi yang rendah. Salah satu upaya preventif untuk mengurangi intensitas penggunaan gawai adalah dengan melakukan terapi bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi bermain gobak sodor dalam menurunkan intensitas penggunaan gawai pada remaja awal di Madrasah Tsanawiyah Al- Huda 1 Karangpandan. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain Quasy Experimental dengan Rancangan Pre-Test Post-Test With Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al- Huda 1 Karangpandan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan 128 responden yang dibedakan menjadi 2 yaitu 64 responden kelompok intervensi dan 64 responden kelompok kontrol. Analisa bivariat menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney menunjukan adanya perbedaan efektivitas pemberian terapi bermain gobak sodor dengan pemberian edukasi terhadap intensitas penggunaan gawai pada remaja awal di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda 1 Karangpandan atau p-value 

References

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Adventus, M., Jaya, I. M. M., & Mahendra, D. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Universitas Kristen Indonesia.

Amalia, D. (2023). Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Media Gawai. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 23–32.

Anggraeni, S. (2019). Pengetahuan tentang dampak gadget pada kesehatan terhadap perilaku penggunaan gadget pada siswa S. K. B. 6 Banjarmasin. 6(2), 64–68. 68-Article Text-478-1-10-20190730

Apriningtyas, B. G. (2022). Bijak Menggunakan Gadget Pada Anak Dan Remaja. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan (Jpkmk), 2.

Arthy, C. C., Effendy, E., Amin, M. M., Loebis, B., Camellia, V., & Husada, M. S. (2019). Indonesian version of addiction rating scale of smartphone usage adapted from smartphone addiction scale-short version (SAS-SV) in junior high school. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 7(19). https://doi.org/3235–3239. https://doi.org/10.3889/oamjms.2019.691

Aryati, A., Pratama, A., & Yanuarti, E. (2023). The Parents’ Efforts To Overcome Gadget Use Addiction in Early Childhood. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5353–5359.

Aslamia, R. (2024). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan dengan Menggunakan Leaflet terhadap Pengetahuan Tinea Versicolor di SMA N 1 Semende Kabupaten Muara Enim Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/termometer.v2i1.2764

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Sajdah, S. A., Puji Utami, R. D., & Hapsari, H. I. (2024). EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN GOBAK SODOR DALAM MENURUNKAN INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI DI MADRASAH TSANAWIYAH AL - HUDA 1 KARANGPANDAN . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3). https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32223