ANALISIS CAPAIAN KINERJA PROGRAM UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BINJAI ESTATE KOTA BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32191Keywords:
Capaian, Kinerja, Program, Upaya kesehatan masyarakatAbstract
Pemerintah Indonesia menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan. Di Puskesmas Binjai Estate, pencapaian program tahun 2023 menunjukkan beberapa area perlu ditingkatkan, seperti cakupan KB aktif hanya 42,9% dari target 65%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis capaian kinerja program kesehatan masyarakat di Puskesmas Binjai Estate dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan SDM sebagai faktor utama, yang dipengaruhi oleh jumlah, kompetensi, dan fasilitas manajemen. Dana dari APBD dan DAK umumnya cukup, meski sering pas-pasan. Layanan mencakup ibu hamil, anak-anak, pengobatan penyakit, dan penyuluhan kesehatan. Pengelolaan data menggunakan sistem digital, dan manajemen kebijakan serta prosedur tersusun baik. Pengawasan dan penilaian kinerja dilakukan dengan sangat baik. Kinerja pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak serta KB umumnya cukup, dengan memiliki beberapa kekurangan. Pelayanan Pencegahan Penyakit sudah baik, terutama pada program indikator imunisasi campak, sedangkan untuk program Perbaikan Gizi pelaksanaanya masih kurang berjalan. Program Pelayanan Kesehatan Lingkungan sudah baik, tetapi perlu peningkatan pada cakupan rumah sehat dan bebas jentik Aedes. Diharapakan Puskesmas Binjai Estate meningkatkan kualitas layanan, perhatian khusus perlu diberikan pada pemenuhan jumlah SDM, pengelolaan dana yang efektif, efektivitas layanan kesehatan, meningkatkan pengelolaan data, dilakukan evaluasi reguler terhadap kebijakan dan keterlibatan staf dalam proses pengawasan.References
Arifin, S., Trilianty, L., Widiarti, A., & Mutiasari, D. (2022). Sistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat. In R. A. A. H. Putra (Ed.), file:///D:/Jurnal and Ebook Ruang Lingkup Sistem PelayananKesehatan/Perbup_No__32_2018_tentang_Sistem_Rujukan_Pelayanan_Kesehatan.pdf (Cetakan ke, Issue April). Penerbit CV Mine. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/29456/PROOF BUKU REFERAT DEP IKM.pdf?sequence=1&isAllowed=yArifin, S., Trilianty, L., Widiarti, A., & Mutiasari, D. (2022). Sistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat. In R. A. A. H. Putra (Ed.), file:///D:/Jurnal and Ebook Ruang Lingkup Sistem PelayananKesehatan/Perbup_No__32_2018_tentang_Sistem_Rujukan_Pelayanan_Kesehatan.pdf (Cetakan ke, Issue April). Penerbit CV Mine. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/29456/PROOF BUKU REFERAT DEP IKM.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Artha, P. A., Patria Jati, S., & Nandini, N. (2020). Upaya Menerapkan Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan Berdasarkan Indikator Pelayanan Kesehatan Hipertensi di Puskesmas Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 10(2), 30–33. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jim/index
Budiyanti, R. T., Sriatmi, A., & Jati, S. P. (2020). Buku Ajar Kebijakan Kesehatan. In Undip Press (Revisi o,). https://doc-pak.undip.ac.id/10968/1/Buku_Ajar_Kebijakan_Kesehatan_Implementasi_Kebijakan_Kesehatan.pdf
Ervianingsih, Dewi, N. P., Kusumaningrum, A. E., Asriwati, Ismainar, H., Magfirah, Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., Alaydrus, S., Hadi, N. I., Syamsuriansyah, Siregar, R. A., & Darmayani, S. (2020). KEBIJAKAN & MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN (E. Jaelani (ed.); Cetakan Pe). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. http://repository.uki.ac.id/4052/1/PEMBAHARUANDALAMORGANISASIPELAYANANKESEHATAN.pdf
Hanafiah, A. (2024a). Manajemen Sumber Daya Mnausia dalam Sektor kesehatan. In PT. Literasi Nusantara Abadi Grup (Cetakan I,). Litnus. https://repository-penerbitlitnus.co.id/149/1/Manajemen_Sumber_Daya_Manusia_dalam_Sektor_Kesehatan.pdf
Hanafiah, A. (2024b). Manajemen SumberDaya Manusia dalam Sektor Kesehatan (Cetakan I,). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Ismanto Yuwono, Dimas Ageng Proyogo, & Dety Mulyanti. (2023). Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Sebagai Sumber Daya Manusia. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 49–55. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1291
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN (Vol. 36, pp. 1–111). https://peraturan.bpk.go.id/Download/28107/UU Nomor 36 Tahun 2009.pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN MANAJEMEN PUSKESMAS (Vol. 44, Issue 2016, p. 10). https://peraturan.bpk.go.id/Download/104038/Permenkes Nomor 44 Tahun 2016.pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019a). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG SISTEM INFORMASI PUSKESMAS (Vol. 31, pp. 1–291). https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/PMK No. 31 Th 2019 ttg Sistem Informasi Puskesmas.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fadya Safira Nasution, Fitriani Pramita Gurning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).