ANALISIS CAPAIAN KINERJA PROGRAM UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BINJAI ESTATE KOTA BINJAI

Authors

  • Fadya Safira Nasution Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan
  • Fitriani Pramita Gurning Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32191

Keywords:

Capaian, Kinerja, Program, Upaya kesehatan masyarakat

Abstract

Pemerintah Indonesia menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan. Di Puskesmas Binjai Estate, pencapaian program tahun 2023 menunjukkan beberapa area perlu ditingkatkan, seperti cakupan KB aktif hanya 42,9% dari target 65%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis capaian kinerja program kesehatan masyarakat di Puskesmas Binjai Estate dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan SDM sebagai faktor utama, yang dipengaruhi oleh jumlah, kompetensi, dan fasilitas manajemen. Dana dari APBD dan DAK umumnya cukup, meski sering pas-pasan. Layanan mencakup ibu hamil, anak-anak, pengobatan penyakit, dan penyuluhan kesehatan. Pengelolaan data menggunakan sistem digital, dan manajemen kebijakan serta prosedur tersusun baik. Pengawasan dan penilaian kinerja dilakukan dengan sangat baik. Kinerja pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak serta KB umumnya cukup, dengan memiliki beberapa kekurangan. Pelayanan Pencegahan Penyakit sudah baik, terutama pada program indikator imunisasi campak, sedangkan untuk program Perbaikan Gizi pelaksanaanya masih kurang berjalan. Program Pelayanan Kesehatan Lingkungan sudah baik, tetapi perlu peningkatan pada cakupan rumah sehat dan bebas jentik Aedes. Diharapakan Puskesmas Binjai Estate meningkatkan kualitas layanan, perhatian khusus perlu diberikan pada pemenuhan jumlah SDM, pengelolaan dana yang efektif, efektivitas layanan kesehatan, meningkatkan pengelolaan data, dilakukan evaluasi reguler terhadap kebijakan dan keterlibatan staf dalam proses pengawasan.

References

Arifin, S., Trilianty, L., Widiarti, A., & Mutiasari, D. (2022). Sistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat. In R. A. A. H. Putra (Ed.), file:///D:/Jurnal and Ebook Ruang Lingkup Sistem PelayananKesehatan/Perbup_No__32_2018_tentang_Sistem_Rujukan_Pelayanan_Kesehatan.pdf (Cetakan ke, Issue April). Penerbit CV Mine. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/29456/PROOF BUKU REFERAT DEP IKM.pdf?sequence=1&isAllowed=yArifin, S., Trilianty, L., Widiarti, A., & Mutiasari, D. (2022). Sistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat. In R. A. A. H. Putra (Ed.), file:///D:/Jurnal and Ebook Ruang Lingkup Sistem PelayananKesehatan/Perbup_No__32_2018_tentang_Sistem_Rujukan_Pelayanan_Kesehatan.pdf (Cetakan ke, Issue April). Penerbit CV Mine. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/29456/PROOF BUKU REFERAT DEP IKM.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Artha, P. A., Patria Jati, S., & Nandini, N. (2020). Upaya Menerapkan Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan Berdasarkan Indikator Pelayanan Kesehatan Hipertensi di Puskesmas Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 10(2), 30–33. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jim/index

Budiyanti, R. T., Sriatmi, A., & Jati, S. P. (2020). Buku Ajar Kebijakan Kesehatan. In Undip Press (Revisi o,). https://doc-pak.undip.ac.id/10968/1/Buku_Ajar_Kebijakan_Kesehatan_Implementasi_Kebijakan_Kesehatan.pdf

Ervianingsih, Dewi, N. P., Kusumaningrum, A. E., Asriwati, Ismainar, H., Magfirah, Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., Alaydrus, S., Hadi, N. I., Syamsuriansyah, Siregar, R. A., & Darmayani, S. (2020). KEBIJAKAN & MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN (E. Jaelani (ed.); Cetakan Pe). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. http://repository.uki.ac.id/4052/1/PEMBAHARUANDALAMORGANISASIPELAYANANKESEHATAN.pdf

Hanafiah, A. (2024a). Manajemen Sumber Daya Mnausia dalam Sektor kesehatan. In PT. Literasi Nusantara Abadi Grup (Cetakan I,). Litnus. https://repository-penerbitlitnus.co.id/149/1/Manajemen_Sumber_Daya_Manusia_dalam_Sektor_Kesehatan.pdf

Hanafiah, A. (2024b). Manajemen SumberDaya Manusia dalam Sektor Kesehatan (Cetakan I,). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Ismanto Yuwono, Dimas Ageng Proyogo, & Dety Mulyanti. (2023). Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Sebagai Sumber Daya Manusia. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 49–55. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1291

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN (Vol. 36, pp. 1–111). https://peraturan.bpk.go.id/Download/28107/UU Nomor 36 Tahun 2009.pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN MANAJEMEN PUSKESMAS (Vol. 44, Issue 2016, p. 10). https://peraturan.bpk.go.id/Download/104038/Permenkes Nomor 44 Tahun 2016.pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019a). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2019 TENTANG SISTEM INFORMASI PUSKESMAS (Vol. 31, pp. 1–291). https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/PMK No. 31 Th 2019 ttg Sistem Informasi Puskesmas.pdf

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Nasution, F. S., & Gurning, F. P. . (2024). ANALISIS CAPAIAN KINERJA PROGRAM UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BINJAI ESTATE KOTA BINJAI . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 9339–9349. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32191