ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32078Keywords:
Factors That Related and Service PerformanceAbstract
Puskesmas merupakan suatu penyedia jasa atau pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan melihat semakin tingginya tuntutan lingkungan terhadap kualitas pelayanan, diperlukan usaha peningkatan kinerja pelayanan dengan membandingkan antara layanan yang diharapkan dengan layanan yang dirasakan oleh masyarakat. Peneltian ini menggunakan desain yang bersifat cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas pelayanan kesehatan Puskesmas Kota Tomohon sebanyak 299 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel secara Random Sampling dengan perhitungan Rumus Slovin dan jumlah sampel yang di dapatkan sebesar 171 responden. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kedisiplinan petugas puskesmas dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), hubungan kualitas pelayanan dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat hubungan kompetensi dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat hubungan kelengkapan fasilitas dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05) dan kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling berperan dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai PR=15.883.References
Pulungan, N. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.47709/jumansi.v2i1.2105
Puteri, T. Y., Karyono, O., & Agustina, K. (2022). Analisis Hubungan Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Dengan Kinerja Pelayanan. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.31949/dialogika.v3i1.2115
Putra, I Wayan Jaman Adi. (2009). Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Pelayanan. Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 14 No.2 Juli.
Santhi dan Hartati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadapkinerja dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong). Jurnal Humanitas: Vol. 5 No. 1
Sophiana Enjellin Anathasia, & Dety Mulyanti. (2023). Faktor-Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Teoritis. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2), 145–151. https://doi.org/10.55606/klinik.v2i2.1289
Sudiadnyani, N., Sary, L., Muhani, N., Amirus, K., & Hasbie, N. F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2020. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 9(3), 1114–1125. https://doi.org/10.33024/jikk.v9i3.7952
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inggrit Fredrika Vira Londok, Ma'rufi Ma'rufi, Freddy Chandra Montolalu, Zamli Zamli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).