ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA TOMOHON

Authors

  • Inggrit Fredrika Vira Londok Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana
  • Ma'rufi Ma'rufi Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana
  • Freddy Chandra Montolalu Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana
  • Zamli Zamli Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32078

Keywords:

Factors That Related and Service Performance

Abstract

Puskesmas merupakan suatu penyedia jasa atau pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan melihat semakin tingginya tuntutan lingkungan terhadap kualitas pelayanan, diperlukan usaha peningkatan kinerja pelayanan dengan membandingkan antara layanan yang diharapkan dengan layanan yang dirasakan oleh masyarakat. Peneltian ini menggunakan desain yang bersifat cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas pelayanan kesehatan Puskesmas Kota Tomohon sebanyak 299 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel secara Random Sampling dengan perhitungan Rumus Slovin  dan jumlah sampel yang di dapatkan sebesar 171 responden. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kedisiplinan petugas puskesmas dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), hubungan kualitas pelayanan dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat hubungan kompetensi dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat hubungan kelengkapan fasilitas dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05) dan kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling berperan dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai PR=15.883.

References

Pulungan, N. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.47709/jumansi.v2i1.2105

Puteri, T. Y., Karyono, O., & Agustina, K. (2022). Analisis Hubungan Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Dengan Kinerja Pelayanan. JURNAL DIALOGIKA Manajemen Dan Administrasi, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.31949/dialogika.v3i1.2115

Putra, I Wayan Jaman Adi. (2009). Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Pelayanan. Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 14 No.2 Juli.

Santhi dan Hartati. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadapkinerja dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong). Jurnal Humanitas: Vol. 5 No. 1

Sophiana Enjellin Anathasia, & Dety Mulyanti. (2023). Faktor-Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Teoritis. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2), 145–151. https://doi.org/10.55606/klinik.v2i2.1289

Sudiadnyani, N., Sary, L., Muhani, N., Amirus, K., & Hasbie, N. F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2020. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 9(3), 1114–1125. https://doi.org/10.33024/jikk.v9i3.7952

Downloads

Published

2024-08-04