ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN PERIJINAN TENAGA KESEHATAN DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA TOMOHON

Authors

  • Vionni Winich Sensia Roja Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana
  • Muhammad Ilyas Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana
  • Freddy Chandra Montolalu Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana
  • Zamli Zamli Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Univeritas Mega Buana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.32048

Keywords:

faktor yang mempengaruhi, kepuasan tenaga kesehatan, pelayanan perijinan tenaga kesehatan

Abstract

Pelayanan publik oleh pegawai pemerintah kepada masyarakat di daerah masing-masing merupakan implikasi dari fungsi aparat negara sebagai pelayan masyarakat. Bila kualitas pelayanan kesehatan tidak senantiasa dipelihara dan ditingkatkan, besar kemungkinan jumlah pengguna layanan akan menyusut. Peneltian ini menggunakan desain yang bersifat cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh tenaga kesehatan yang datang berkunjung DPMPTSP Kota Tomohon selang Januari-April 2024 dengan total 117 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 91 responden. Analisis data penelitian menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara Mutu layanan terhadap perizinan tenaga kesehatan di DPMPTSP Kota Tomohon dengan nilai p=0.009 (<0.05), terdapat pengaruh antara prosedur layanan Terhadap perizinan tenaga kesehatan di DPMPTSP Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat pengaruh antara transparansi informasi layanan terhadap perizinan tenaga kesehatan di DPMPTSP dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat pengaruh antara keterjangkauan layanan terhadap perizinan tenaga kesehatan di DPMPTSP Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat pengaruh antara keadilan layanan terhadap perizinan tenaga kesehatan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05) dan Mutu Pelayanan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap perizinan tenaga kesehatan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon dengan nilai PR=34.316

References

Angelina, Y. V. (2021). Implementasi Asas Kecepatan, Kemudahan, dan Keterjangkauan pada Pelaksanaan Pelayanan Perizinan di PTSP Kota Makassar. Universitas Hasanuddin

BPS. (2017). Indeks Pembangunan Manusia 2016. Jakarta;

Fardhani, H. dan Rahardjo, M. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelayanan Badan Perijinan Terpadu Kota Semarang. Universitas Diponegoro

Halim, N. L. (2017). Pelayanan Perizinan pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Enrekang. Universitas Hasanuddin

Hutagalung, G. S. (2021). Peningkatan Mutu Pelayanan Publik dalam Rangka Mewujudkan Good Governance di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Jurnal Juristic.2(1),99-115

Maningkue, R. L., Sambiran, S., Sumampouw, I. (2022) Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Manado. Governance 2(1)

Nengsih, I. A. dan Herman H. (2018). Analisis Prosedur Pelayanan Pengurusan Surat Izin Praktek Dokter di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(1),154-175

Pemerintah Republik Indonesia. (2015). Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang telah direvisi oleh UU No. 2 Tahun 2015. Jakarta

Potter & Perry. (2017). Fundamentals of Nursing Fundamental Keperawatan (7th ed.). Jakarta : Salemba Medika

Puspitawati, L dan Marsellina, B. S. (2022). Pengaruh Akuntabilitas dan Keterbukaan Informasi Terhadap Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah pada Desa di Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Journal of Economics, Management, Bussiness, and Acounting (JEMBA), 2(2), 192-205

Siagian & Sondang, P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi. Aksara

Suleman, S. dan Abd. Fatah R. (2021). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Perizinan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate. Kolaborasi:Jurnal Administrasi Publik, 7(1), 68-83

Supraptono. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien. Rawat Inap RSUD Dr. Murjani, Tesis, Universitas Gajah Mada

Tjiptono F. (2018). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi Kedua. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Yusran, A. dan Hasrullah, H. (2015). Hubungan antara Implementasi Keterbukaan Informasi Publik dengan Peningkatan Penerbitan Perizinan Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Pinrang. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 315-327

Downloads

Published

2024-08-05