PERBEDAAN VARIASI KECEPATAN DAN WAKTU SENTRIFUGASI TERHADAP PEMERIKSAAN TELUR CACING STH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31998Keywords:
Keywords 1 Infeksi kecacingan, Keywords 2 Metode sedimentasi, Keywords 3 Variasi kecepatan dan waktu sentrifugasiAbstract
Infeksi kecacingan dapat diidentifikasi dengan menemukan telur cacing pada pemeriksaan laboratorium tinja. Pemeriksaan tinja meliputi dua jenis, yaitu pemeriksaan secara kualitatif dan kuantitatif. Salah satu metode yang digunakan dalam pemeriksaan kualitatif adalah metode sedimentasi, metode ini memanfaatkan gaya gravitasi dengan menggunakan larutan ringan sehingga telur cacing dapat mengendap di bawah larutan tersebut dengan bantuan alat centrifuge. Salah satu faktor yang mempengaruhi sentrifugasi adalah kecepatan dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan variasi kecepatan dan waktu sentrifugasi terhadap hasil pemeriksaan jumlah telur cacing STH metode sedimentasi. Penelitian dilakukan di Laboratorium Biomolekuler Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, bahan penelitian yang digunakan 10 sampel feses positif telur STH kemudian dilakukan sentrifugasi dengan variasi kecepatan dan waktu 1500 selama 3 menit, 2000 rpm selama 5 menit dan 3500 rpm selama 10 menit. Data dianalisis secara univariat kemudian data hasil penelitian diuji normalitasnya menggunakan uji Shapiro-Wilk dan analisis data menggunakan uji Kruskall-Walls. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada perbedaan hasil pemeriksaan jumlah telur cacing STH berdasarkan kecepatan dan waktu sentrifugasi antara 1500 rpm 3 menit, 2000 rpm 5 menit dan 3500 rpm 10 menit dengan p value = 0,197 > (0,05). Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna pada hasil pemeriksaan jumlah telur cacing STH.References
Arifta, R. H., Suhartini, & Makkadafi, S. P. (2022). Studi Deskriptif Pemeriksaan Efektivitas Sampel Feses Metode Langsung dan Sedimentasi Telur STH (Soil Transmitted Helmint). Borneo Journal of Science and Mathematics Education BJSME: Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 2022.
Downloads
Published
2024-08-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nabela Oktaviani, Monika Putri Solikhah, Yeni Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).