TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT TINGKAT II ROBERT WOLTER MONGISIDI MANADO

Authors

  • Anggita Ekawanti Juvenisti Tambahani Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi
  • Widya Astuty Lolo Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi
  • Imam Jayanto Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31976

Keywords:

Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi Obat, SERVQUAL

Abstract

Pelayanan informasi obat sangat dibutuhkan dalam penanganan terapi terlebih kepada pasien rawat jalan yang membutuhkan informasi yang jelas untuk keberhasilan terapi yang dijalani. Keberhasilan dari pelayanan informasi obat yang diberikan dapat diukur dengan indikator kepuasan. Kepuasan pasien dapat mencerminkan kualitas dari pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien dengan membandingkan pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kenyataan terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh Apoteker dan petugas kefarmasian kepada pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tingkat II Robert Wolter Mongisidi Manado. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data diperoleh menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Accidental Sampling dengan perhitungan menggunakan rumus slovin dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 97 responden. Analisis data menggunakan analisis gap untuk menghitung skor dari Service Quality. Hasil dari analisis berdasarkan aspek dimensi SERVQUAL yaitu dimensi berwujud (tangible); 0,243, kehandalan (reliability); -0,422, ketanggapan (responsiveness); -0,233, jaminan (assurance); -0,058 dan empati (empathy); -0,123. Secara keseluruhan kepuasan pasien rawat jalan yang diperoleh sebesar –0,118 dimana termasuk dalam rentang negatif sehingga disimpulkan pasien rawat jalan belum puas terhadap pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tingkat II Robert Wolter Mongisidi Manado.

References

Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, A. O. 2019. Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(1) : 40 - 45.

Arifin, Z. 2017. Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics). 2(1): 28–36.

Budiman, A. 2014. Kapitasi Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Empat.

Djamal, H., Safitri, G. 2020. Hubungan Pemberian informasi Obat dengan Kepuasaan Pasien di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKSI), 1(1):1-9.

Handayani.S. 2016. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. PROFESI. 14(1):42-48.

Juliawati, N.W.M., Citraningtyas, G. and Jayanto, I.2019.Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Robert Wolter Mongisidi Manado, PHARMACON. 8(4): 945–952.

Kemenkes RI. 2016. Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Murwaningsih, I.A. 2011. Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pemberian Informasi Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sleman Periode 19 Februari – 19 Maret 2011. [Skripsi]. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Nabilah, T., Dewi., N. M. A. R., Aini, S. R. 2023. Evaluasi kesesuaian Peresepan Obat Terhadap formularium Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah Sumbawa Tahun 2021.Sasambo Journal of Pharmacy. 4(1): 14 – 18.

Nisa, Z., Sugihantoro, H., Syahrir,A.,Wijaya,D. 2021. Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Ganesha Farma Kabupaten Lamongan. Journal of Islamic Pharmacy. 6(1):52-65

Nurhaini, R., Munasari, F., dan Agustiningrum, R. (2020). Kesesuaian Pelayanan Informasi obat (PIO) di Apotek Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. CERATA Jurnal Ilmu Farmasi. 11(1): 15–20.

Nurhastanti, A. Siti., Mutmainah, N. 2013. Perbedaan Tingkat Pengetahuan Tentang Obat Sebelum Dan Sesudah Pemberian Leaflet Pada Masyarakat Desa Kupen Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. [Skripsi], Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Oktawilova, L., Nori. W.N., dan Maiyulis, M. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pemberian Informasi Obat (PIO) Diinstalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Curup Rejang Lebong. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK). 2(2): 133–140.

Parasuraman, Valarie A., Zeithmal, Leonard L Berry. 1990. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations. New York: FreePress.

Pranata, M., Santoso, R.B.,Santoso. A. 2022. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Kota Semarang Jawa Tengah. PHARMACHON. 11(1) :1237 – 1244.

Prastika, C. E. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Jogja Periode Januari – Maret 2017. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Santoso, R. B., 2021.Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Kota Semarang Jawa Tengah. [Skripsi], Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Sinollah., Masruro .2019. Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual – Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen). Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial. 4 (1): 45-64.

Sorena, E., Slamet, S., Margaret, M. 2020.Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) Di Puskesmas Kandang Kota Bengkulu. Mitra Raflesia (Journal of Health Science). 12(2): 278-289.

Sutrisnawati, N. K.A.B., Agustini, N. P., Mendra, N. N., Antari, N. P. 2023. Pengaruh Pemberian informasi obat Terhadap Kepuasan Pasien serta Faktor Pengganggu Yang terlibat di Padangsambian, Bali. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice). 13(4):295-306.

Tulung, G. N. P., Citraningtyas, G. and Jayanto, I.2019. Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Budi Setia Langowan Kabupaten Minahasa, PHARMACON. 8(4): 888–894.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Tambahani, A. E. J., Lolo, W. A., & Jayanto, I. (2024). TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT (PIO) DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT TINGKAT II ROBERT WOLTER MONGISIDI MANADO. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 7519–7526. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31976