TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI OBAT DI PUSKESMAS TATELU KABUPATEN MINAHASA UTARA

Authors

  • Chania Feronika Sundalangi Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Widya Astuty Lolo Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Imam Jayanto Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31974

Keywords:

kepuasan pasien, pelayanan KIE, Puskesmas

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Komunikasi informasi dan edukasi (KIE) Obat merupakan salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan di puskesmas. Pelayanan komunikasi informasi dan edukasi obat merupakan pelayanan komunikasi yang berupa interaksi dengan pasien yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan mengedukasi pasien seputar penggunaan obat untuk mencegah penggunaan obat yang salah. Pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi obat yang bermutu dapat mempengaruhi kelancaran proses penggunaan obat oleh pasien sehingga pengukuran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi informasi dan edukasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dari pelayanan komunikasi informasi dan edukasi obat di Puskesmas. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi informasi dan edukasi obat di Puskesmas Tatelu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan data pada penelitian ini dikumpulkan dari 92 responden dengan menggunakan kuesioner yang berisi 14 pernyataan terkait komunikasi informasi dan edukasi obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi Obat menunjukan persentase 85,8%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan KIE obat di Puskesmas Tatelu berada dalam kategori sangat puas.

References

Anindita, P. R., Khurin, W., Indah, N. A., & Herni, S. (2022). Evaluasi Pemberian Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Taman Sidoarjo. Journal Of Pharmaceutical Care Anwar Medika, 4(2), 31–38. https://jurnal.stikesrsanwarmedika.ac.id/index.php/jpcam/article/view/91/71

Anysa, E., Nurjannah, lilfitriyani, Hadiyatul, Basith, & Abdul. (2020). Evaluasi Pelayanan Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi (KIE) Tenaga Kefarmasian Yang Ada Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Penjas Dan Farmasi, 3(1), 15–20. https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2636/1/Artikel%20Evaluasi%20Pelayanan%20Komunikasi.pdf

Aulia, G., Fadhilah, H., Indah, F. P. S., Pratiwi, R. D., & Cahyani, T. D. (2022). Determinants Of Patient Characteristics With Satisfaction Level of Outpatients Regarding Pharmaceutical Services in Pharmaceutical Installations of Rumah Sakit Umum Daerah Banten. Health and Medical Journal, 4(2), 70–75. https://jurnal.unbrah.ac.id/index.php/heme/article/view/1072/pdf

Fajrul, B., Rusli, & Hidayah, N. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dengan Resep di PUSKESMAS TURIKALE Kabupaten Maros. Jurnal Farmasi UIN Alauddin, 9(1). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jurnal_farmasi/article/view/17542

Khayatun, Siti N. (2019). Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Apotek Injaya Kabupaten Tegal. Karya Tulis Ilmiah Farmasi Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Mahendro, U., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jip/article/view/17455/10035

Siringoringo, V., Lukas, S., & Marzini, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Cempaka Putih Jakarta Pusat Tahun 2016. Social Clinical Pharmacy Indonesia Journal, 1(2), 68–76.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Supadmi, W., Hidayati, A., & Saputri, G. Z. (2023). Praktikum Komunikasi Informasi dan Edukasi (2nd ed.). CV. Mine.

Wahyuni, E. A., Octavia, D. R., & Kartikasari, R. I. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap KIE Obat di Depo Farmasi Puskesmas Tlogosadang. Jurnal Surya, 1(2).

Downloads

Published

2024-09-01