TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI OBAT DI PUSKESMAS TATELU KABUPATEN MINAHASA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31974Keywords:
kepuasan pasien, pelayanan KIE, PuskesmasAbstract
Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Komunikasi informasi dan edukasi (KIE) Obat merupakan salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan di puskesmas. Pelayanan komunikasi informasi dan edukasi obat merupakan pelayanan komunikasi yang berupa interaksi dengan pasien yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan mengedukasi pasien seputar penggunaan obat untuk mencegah penggunaan obat yang salah. Pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi obat yang bermutu dapat mempengaruhi kelancaran proses penggunaan obat oleh pasien sehingga pengukuran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi informasi dan edukasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dari pelayanan komunikasi informasi dan edukasi obat di Puskesmas. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi informasi dan edukasi obat di Puskesmas Tatelu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan data pada penelitian ini dikumpulkan dari 92 responden dengan menggunakan kuesioner yang berisi 14 pernyataan terkait komunikasi informasi dan edukasi obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi Obat menunjukan persentase 85,8%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan KIE obat di Puskesmas Tatelu berada dalam kategori sangat puas.References
Anindita, P. R., Khurin, W., Indah, N. A., & Herni, S. (2022). Evaluasi Pemberian Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Taman Sidoarjo. Journal Of Pharmaceutical Care Anwar Medika, 4(2), 31–38. https://jurnal.stikesrsanwarmedika.ac.id/index.php/jpcam/article/view/91/71
Anysa, E., Nurjannah, lilfitriyani, Hadiyatul, Basith, & Abdul. (2020). Evaluasi Pelayanan Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi (KIE) Tenaga Kefarmasian Yang Ada Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Penjas Dan Farmasi, 3(1), 15–20. https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2636/1/Artikel%20Evaluasi%20Pelayanan%20Komunikasi.pdf
Aulia, G., Fadhilah, H., Indah, F. P. S., Pratiwi, R. D., & Cahyani, T. D. (2022). Determinants Of Patient Characteristics With Satisfaction Level of Outpatients Regarding Pharmaceutical Services in Pharmaceutical Installations of Rumah Sakit Umum Daerah Banten. Health and Medical Journal, 4(2), 70–75. https://jurnal.unbrah.ac.id/index.php/heme/article/view/1072/pdf
Fajrul, B., Rusli, & Hidayah, N. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dengan Resep di PUSKESMAS TURIKALE Kabupaten Maros. Jurnal Farmasi UIN Alauddin, 9(1). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jurnal_farmasi/article/view/17542
Khayatun, Siti N. (2019). Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Apotek Injaya Kabupaten Tegal. Karya Tulis Ilmiah Farmasi Politeknik Harapan Bersama Tegal.
Mahendro, U., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jip/article/view/17455/10035
Siringoringo, V., Lukas, S., & Marzini, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Cempaka Putih Jakarta Pusat Tahun 2016. Social Clinical Pharmacy Indonesia Journal, 1(2), 68–76.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Supadmi, W., Hidayati, A., & Saputri, G. Z. (2023). Praktikum Komunikasi Informasi dan Edukasi (2nd ed.). CV. Mine.
Wahyuni, E. A., Octavia, D. R., & Kartikasari, R. I. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap KIE Obat di Depo Farmasi Puskesmas Tlogosadang. Jurnal Surya, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chania Feronika Sundalangi, Widya Astuty Lolo, Imam Jayanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).