ANALYSIS OF FACTORS INFLUENCING STRESS IN BREASTFEEDING MOTHERS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31972Keywords:
stress factors, breastfeeding mom, breastfeeding stressAbstract
Stres pada ibu menyusui dapat mempengaruhi produksi ASI. Ibu menyusui yang mengalami stres memiliki produksi ASI lebih rendah dibandingkan dengan ibu yang tidak mengalami stress. Stres pada ibu menyusui yang berlangsung secara terus-menerus berpengaruh terhadap keberlangsungan pemberian ASI Eksklusif. Faktor-faktor yang mempengaruhi stres pada ibu menyusui diantaranya pengetahuan ibu tentang menyusui, usia, dukungan suami, status ekonomi, dan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi stres Ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Kesugihan I Cilacap. Metode penelitian ini menggunakan penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Responden dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Kesugihan I. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang terkumpul dan memenuhi criteria dianalisa secara univariat, bivariat menggunakan chi square dan multivariat dengan regresi logistik. Hasil penelitian menggunakan Uji Chi Square menunjukkan ada variabel yang mempengaruhi stres pada ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Kesugihan I Cilacap yaitu pengetahuan, dukungan suami, status ekonomi, dan status pekerjaan. Hasil uji multivariat regresi logistik menunjukkan dukungan suami. menjadi faktor dominan yang berpengaruh terhadap stres pada ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Kesugihan I. Kesimpulan penelitian ini dukungan suami dan tingkat pengetahuan menjadi faktor dominan yang berpengaruh terhadap stres pada ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Kesugihan IReferences
Abiodun Samuel, O., & Omolade Oluwaseun, O. (2020). Knowledge, Attitude and Practice of Exclusive Breast feeding among Nursing Mother in Saki West Local Government. Open Access Journal of Nursing, 3(2). https://doi.org/10.22259/2639-1783.0302003
Aderibigbe, T., Walsh, S., Henderson, W. A., & Lucas, R. F. (2023). Psychometric testing of the breastfeeding self-efficacy scale to measure exclusive breastfeeding in African American women: a cross-sectional study. Frontiers in Public Health, 11. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.119651
Cascone, D., Tomassoni, D., Napolitano, F., & Di Giuseppe, G. (2019). Evaluation of knowledge, attitudes, and practices about exclusive breastfeeding among women in Italy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(12). https://doi.org/10.3390/ijerph16122118
de Morais Sato, P., do Manco Machado, R., Ricci, J., Giacomini, I., de Araújo Damasceno, A., Hatzlhoffer Lourenço, B., & Cardoso, M. (2022). V Promoting healthy complementary feeding in the Western Brazilian amazon. https://doi.org/10.1136/archdischild-2022-ichgc.9
Dinkes Provinsi Jateng. (2021). Profil Kesehatan Jawa Tengah Tahun 2021. Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. https://dinkesjatengprov.go.id/v2018/dokumen/Profil_Kesehatan_2021/files/downloads/Profil Kesehatan Jateng 2021.pdf
dr. Adrian, K. (2021). Mengenal Depresi Pascamelahirkan dan Cara Mencegahnya. In Alodokte
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Titi Alfiani, Siti Rochana, Iva Puspaneli, Puji Suwariyah, Andin Sefrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).