HUBUNGAN WORK FAMILY CONFLICT TERHADAP KINERJA BIDAN DI RSU PRATAMA PANGKEP

Authors

  • Tenri Diah T.A Fakultas Kesehatan, Universitas Pejuang Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31800

Keywords:

Work Family Conflict, Kinerja

Abstract

Pada rumah sakit sumber daya manusia yang jumlahnya paling dominan yaitu tenaga kesehatan terutama bidan wanita yang sudah menikah dan memiliki anak. Bidan dengan dua peran tersebut terkadang akan menimbulkan efek negatif dan biasa disebut dengan work family conflict. Kinerja para bidan di RSU Pratama Pangkep tahun 2023 mengalami penurunan yang ditandai dengan banyaknya keluhan dari pasien yang mengatakan bahwa pelayanan di Rumah Sakit dirasakan tidak memuaskan. Kemudian rata-rata usia dari para bidan 27-36 tahun lebih banyak dibandingkan bidan yang berumur 37-48 tahun. Semua bidan yang diambil dalam penelitian merupakan bidan yang bekerja di RSU Pratama Pangkep yang sudah menikah dan memiliki anak. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan work family conflict terhadap kinerja bidan di RSU Pratama Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 53 orang dan sampel pada penelitian ini sebanyak 38 orang bidan wanita di RSU Pratama Pangkep yang diambil sesuai kriteria inklusi yaitu sudah menikah dan sedang melaksanakan asuhan keperawatan. Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner. analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara work family conflict dengan kinerja (p value=0.001), dan ada hubungan antara usia dengan kinerja (p value=0.005). Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara work family conflict dan usia terhadap kinerja bidan di RSU Pratama Pangkep.

References

Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh usia dan Masa kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus: PT. OASIS Water International Cabang Palembang). 1, 68-72.

Arianto. D., & Puspita, A. D. (2019). Pengaruh Shift Kerja Terhadap Kinerja Melalui Variabel Kelelahan dan Beban Kerja Sebagai Variabel Intervening di PT. M.I. JSO: Journal Of Industrial and System Optimization, 23-28.

Kaparang, B. V., Koleangan, R., & Kojo, C (2019) Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Kerja dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pada PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Di Manado. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174.

Khairan Nisa, Joserizal Serudji, D. S. (2019). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Bidan Dalam Memberikan Pelayanan Antenatal Berkualitas Diwilayah Kerja Puskesmas Kota Bukittinggi Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol 19 No 1.

Khaerudin, Rivai, A., & Riyanto, M. (2018). The Effect Of Placement And Competency On Performance Through Employee Commitment In Financial Center Office Ministry Of Defense Indonesia. IOSR Journal of Business and Management. 20(2), 54-61.

Kharis Septina Liftyawan, dkk. (2020). Pengaruh Konflik Pekerjaan- Keluarga Kelelahan Emosional dan Stres Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Penelitian Ipteks.UNAIR

Kristin Juwita, Devy Arintika. 2018. Dampak Konflik Peran Terhadap Stres Dan Kepuasan Kerja Karyawan PT. Jombang Intermedia Pers. Jurnal Manajemen.Stie Pgri Dewantara

Martana, H. A. (2018). Pengaruh Shift Kerja Terhadap Stres Kerja Pada Karyawan di Lingkungan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Malang: Skripsi. Fakultas ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mulyatini, Nurdiana. Sumantri. Dkk. (2019). Model Of Intellectual Capital and Locus of Control on the Performance of Public Sector Internal Auditors Through Professional Commitment. Journal Of Management Review. Vol 3 No.2.

Novrianto, A. (2019). Pengaruh Kepribadian, Orientasi Kerja dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Bank Nagari Cabang Utama Kota Padang. Jurnal Ekobistek ISSN: 2301-5268. Vol 8 No 2.

Poernomo, U. D., & Wulansari, N. A. (2018). Pengaruh Konflik pekerjaan keluarga pada Kinerja Karyawan dengan Stres Kerja sebagai Variabel Pemediasi. Management Analysis Journal, 4(3), 190–199

Riche, Fermiyani. (2018). Pengaruh Konflik Preran Ganda dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawati PT. Perkebunan Nusantara V. Jurnal of social and Economics Research (UJSER), Vol 3 Issue 2 Des 2018.

Saragih, E. H. (2020). Manajemen Stres di Tempat Kerja. http://ppm-manajemen.ac.id.

Tenri Diah T.A. (2023). Hubungan Unsafe Action dan Unsafe Condition Terhadap Kecelakaan Kerja Pada Perawat RSUD Haji Makassar. Jurnal Dinamika Kesehatan Masyarakat. 1(1),1-8.

Tenri Diah T.A. (2020). Pengaruh Work Family Conflict Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Dengan Stres Kerja Dan Kelelahan Emosional Sebagai Variabel Intervening Pada Perawat Wanita di RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Tesis. Universitas Hasanuddin.

Tenri Diah T.A, Idhar Darlis. (2024). Hubungan Pengetahuan dan Penerapan SOP Terhadap Kejadian Kecelakaan Kerja di RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal Dinamika Kesehatan Masyarakat (JDKM). 2(1), 62-68.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

T.A, T. D. (2024). HUBUNGAN WORK FAMILY CONFLICT TERHADAP KINERJA BIDAN DI RSU PRATAMA PANGKEP . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(3), 8018–8024. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31800