PENGARUH KELAS ONLINE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA KASUS IBU HAMIL DENGAN ANEMIA DI PUSKESMAS BUKIT HINDU KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.3159Keywords:
KELAS ONLINE, PENGETAHUAN, SIKAP , IBU HAMILAbstract
Pendahuluan : Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia sebesar 37, 1 % dan meningkat pada tahun 2018 menjadi 48,9%. Hasil penelitian tentang penggunaan media online di wilayah KalselTeng, dan Sulteng bahwa informasi tentang Pendidikan menempati urutan kedua (28,04%) setelah hiburan, sedangkan kesehatan menempati urutan kedua terendah (7,43) setelah politik.(Abraham, 2014). Studi pendahuluan di Puskesmas Kalampangan Kota Palangka Raya tahun 2018 jumlah ibu hamil sebanyak 164 orang dimana 11 % dengan anemia dalam kehamilan. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh media online terhadap kadar Hb ibu hamil di puskesmas Bukit Hindu kota Palangka Raya. MetodE : Penelitian ini merupakan Quasi-experimental studies dengan pendekatan two group posttest only design. Sample penelitian ibu hamil dengan anemia trimester dua yang berkunjung ke puskesmas di wilayah Kota Palangka Raya sebanyak 30 orang. Data dianalisis menggunakan program computer SPSS, dengan uji independent t-test dan uji Fisher's Exact. Hasil : Pada kelas online memiliki pengetahuan yang baik sebesar 15 (93,75%), sikap terhadap konsumsi tablet Fe yang tinggi sebesar 10 (62,5%) dan kadar Hb dalam darah rata-rata 11,013 dengan standar deviasi 0,667. Uji Bivariat Fisher's Exact pengaruh kelas online terhadap pengetahuan p value 0,024 < 0,05, dan terhadap sikap p value sebesar 0,05. Sedangkan pengaruhnya terhadap kadar Hb berdasarkan hasil uji Independent Samples T-Test didapatkan nilai p sebesar 0,242 > 0,05. Kesimpulan : Terdapat pengaruh kelas online terhadap pengetahuan, tidak terdapat pengaruh kelas online terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil dengan anemia di Puskesmas Kota Palangka Raya.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Resmaniasih Ketut, Marthalena Happy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).