ANALISIS PRODUK LAYANAN RAWAT INAP BERDASARKAN STRATEGI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) DAN MARKETING MIX DI RUMAH SAKIT HERMINA DEPOK

Authors

  • Sulistyas Patresia Dian Program Pasca Sarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Najib Mardiati Program Pasca Sarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.31432

Keywords:

layanan, marketing mix, rawat inap, strategi pemasaran

Abstract

Rumah Sakit Hermina Depok menyediakan layanan rawat jalan dan rawat inap. Namun, selama periode dari 2021 hingga Oktober 2023, capaian untuk rawat inap tidak pernah memuaskan. Meskipun strategi pemasaran telah beradaptasi dari metode konvensional ke penggunaan konsep 4P (produk, harga, tempat, promosi), capaian rawat inap tetap belum optimal. Pengembangan strategi pemasaran modern dengan pendekatan STP (Segmentasi, Penargetan, dan Posisi) serta konsep 7P (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan lingkungan fisik/bukti) diharapkan dapat memanfaatkan peluang pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan data sekunder seperti data kunjungan pasien rawat inap, tingkat hunian ruang rawat inap, dan kepuasan masyarakat untuk menganalisis dan mengatasi masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang menggabungkan STP dengan 7P efektif dalam meningkatkan layanan kesehatan sesuai kebutuhan pelanggan. Setelah penerapan strategi pemasaran modern ini, Rumah Sakit Hermina Depok menunjukkan peningkatan dalam jumlah pasien rawat inap, jumlah pasien baru, serta kepuasan pasien, yang menunjukkan bahwa strategi ini berhasil diterapkan.

References

Abdul Manaf. (2016) Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta:Mitra Wacana Media

Adeola, O., Ehira, D. and Nworie, A. (2019) ‘5 Segmentation, Targeting, and Positioning in Healthcare’, in Health Service Marketing Management in Africa. Productivity Press, pp. 45–55.

Adiputra, P. A. T. (2020) ‘Dampak Pandemi COVID-19 pada Pelayanan Pasien Kanker di Rumah Sakit Tersier di Indonesia: Serial Kasus’, JBN (Jurnal Bedah Nasional), 4(1), p. 29. doi: 10.24843/jbn.2020.v04.is01.p07.

Amriani, A.; Arifin, MA.; Marzuki, D. (2020) ‘Article history?: Received?: 14 Agustus 2020 Rumah sakit di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat , pada awalnya ( nirlaba ) namun selanjutnya berubah menjadi salah satu badan usaha yang berorientasi pada profit . melakukan strategi’, 01(03), pp. 176–187.

Assauri.Soffjan. (2018) Manajemen Bisnis Pemasaran. Jakarta:Rajawali Pers

Bruwer, J. and Li, E. (2017) ‘Domain-specific market segmentation using a latent class mixture modelling approach and wine-related lifestyle (WRL) algorithm’, European Journal of Marketing. Emerald Publishing Limited.

Husniati, Evi dan Jauhari, Tantowi. (2018) Pengaruh Marketing Mix terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, Vol3, No.1

Kartajaya, Hermawan;Kotler, Philip, Setiawan, I. (2017) Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip?; Keller, K. L. (2009) Manajemen Pemasaran. Edisi ke-1. Edited by W. Maulana, Adi; Hardani. Erlangga.

Mangunkusumo, C. et al. (no date) ‘Pengaruh Pelaksanaan CODE STEMI Terhadap Strategi Pemasaran RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo’, 6.

Rambat Lupioadi. (2013) Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi3. Jakarta:SalembaEmpat

Rifki Kafa. (2013) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan Pasien dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. Jurnal ekonomi dan bisnis islam, Vol.VIII, No.1.

Ulfah, M., Rachmi, A. T. and Yuniarinto, A. (2013) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember’, Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), pp. 384–391.

Wongtanasarasin, W. et al. (2020) ‘Impact of national lockdown towards emergency department visits and admission rates during the COVID-19pandemic in Thailand: A hospital- based study’, EMA - Emergency Medicine Australasia. doi: 10.1111/1742-6723.13666.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Dian, S. P. ., & Mardiati, N. . (2024). ANALISIS PRODUK LAYANAN RAWAT INAP BERDASARKAN STRATEGI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) DAN MARKETING MIX DI RUMAH SAKIT HERMINA DEPOK. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(4), 11164–11168. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.31432