PERBANDINGAN POLA ASUH ANAK AUTIS DI INDONESIA DAN NEGARA LAIN

Authors

  • ade iswari ms mangandu Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi
  • GRACE ESTHER CAROLINE KOROMPIS Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi
  • ADISTI ALDEGONDA RUMAYAR Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.31092

Keywords:

Anak Autis, perbandingan, Pola Asuh

Abstract

Anak-anak yang didiagnosis dengan gangguan spektrum autisme (ASD) sering kali memiliki tantangan fungsional yang lebih besar dibandingkan teman sebayanya. Tantangan tersebut antara lain pola tidur yang terganggu, kebiasaan makan selektif, dan kesulitan melakukan aktivitas perawatan diri. Selain itu, mereka mungkin menunjukkan masalah emosional seperti sering mengamuk yang ditandai dengan keras kepala, menangis, menjerit, membentak, memberontak, marah, menyakiti diri sendiri, dan hiperaktif. Pendidikan keluarga mengacu pada pendekatan kedua orang tua, ibu dan ayah, dalam membimbing dan mengasuh anak-anaknya. Dengan menerapkan gaya pengasuhan yang tepat, orang tua dapat secara efektif mendukung anak-anak mereka dengan gangguan spektrum autisme dalam mengatasi tantangan-tantangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pola pengasuhan anak autis di Indonesia dengan pola pengasuhan di Korea, China, Singapura, India, Amerika Serikat dan Turki. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka yaitu analisis dan sintesis teori, temuan dan bahan penelitian lain yang relevan dari berbagai sumber. Penelitian ini memberikan kerangka yang jelas untuk mengatasi masalah penelitian yang diidentifikasi. Orang tua cenderung mengadopsi gaya pengasuhan otoriter dan kurang menekankan pada gaya pengasuhan demokratis/otoriter dan permisif. Selain itu, gaya pengasuhan ini dirancang untuk mengakomodasi karakteristik perkembangan unik anak autis dan orang tuanya. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka yaitu analisis dan sintesis teori, temuan dan bahan penelitian lain yang relevan dari berbagai sumber. Penelitian ini mengungkap berbagai jenis pendekatan dan pola pengasuhan berdasarkan faktor budaya dan kepercayaan. Pola asuh yang ditawarkan ada yang sama, namun ada pula yang berbeda dan cenderung disesuaikan dengan situasi anak.

References

Teixeira, MCTV, Marino RL, Carreiro, LRR. (2015). ‘Associations between Inadequate Parenting Practices and Behavioral Problems in Children and Adolescents with Attention Deficit Hyperactivity Disorder.The Scientific World Journal.2015.

Thaibah H, Dewi AV, Fitrian ERI. (2020). ‘Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Autis’.

Winarsih. (2013). “Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga, Dan Masyarakat)”. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Wiswanti, Uli Inge. Kuntoro, Anggraika Ike. Rizqi, Praditya Ar Nisa & Halim, Lathifah. (2019). Pola asuh dan budaya: Studi komparatif antara masyarakat urban dan masyarakat rural Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial. Vol. 18. No. 03. Halaman 220.

Wulandari ND. (2017). Penerapan Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Pengembangan Diri Siswa Autis Di Slb Autisme Dian Amanah Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika.

Yi CDK, Grinker RR, Mandell DS. (2013). ‘Korean Culture and Autism Spectrum Disorders’. J Autism Dev Disord.

Yu.B. (2013. ‘Issues in Bilingualism and Heritage Language Maintenance: Perspectives of Minority-Language Mothers of Children with Autism Spectrum Disorders’. American Journal of Speech-Language Pathology Vol. 22.Anonim. (2021). Orang Tua dan Dampaknya Terhadap Anak. Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Diakses pada 3 Februari 2023 (https://dinkes.ntbprov.go.id/artikel/pola-asuh-orang-tua-dan-dampaknya-terhadap-anak/).

Anonim. (2022). ‘Diagnostic Criteria for 299.00 Autism Spectrum Disorder. Center for Disease Control and Prevalention’. Diakses 3 Februari 2023 pada (https://www.cdc.gov/ncbddd/autism/hcp-dsm.html).

Arsyad KM. (2020). ‘Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Pembentukan Perilaku Agama Dan Sosial’. Jurnal penelitian sosial dan keagamaan. Volume 10

Downloads

Published

2024-08-30