GAMBARAN PENGETAHUAN MAHASISWA PROFESI NERS XIV DAN XV UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO TENTANG PELAKSANAAN PRINSIP ETIK KEPERAWATAN

Authors

  • Sabirin B. Syukur Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fadly Syamsuddin Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Welly Santoso SDH Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Firmawati Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30988

Keywords:

mahasiswa, pelaksanaan, prinsip etik

Abstract

Etika adalah implementasi nilai moral pada kondisi sesungguhnya yang menuntun manusia dalam beperilaku yang didasari pada nilai moral yang dipercayainya. Penggunaan istilah etik untuk menggambarkan etika suatu profesi dalam hubungannya dengan kode etik professional seperti kode etik PPNI. Penerapan pelaksanaan prinsip etik bagi tenaga kesehatan sangat penting agar mereka dapat memberikan pelayanan yang bermutu tinggi, menjaga kepercayaan pasien, dan memastikan praktik profesional yang bertanggung jawab. Tujuan penelitian Untuk mengetahui gambaran pengetahuan mahasiswa tentang prinsip etik autonomi, beneficence, non maleficence,  veracity, justice, fidelity, confidentally, akuntabilitas. Desain penelitian menggunakan descriptif kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling dengan 99 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan pelaksanaan prinsip Autonomy tertinggi yaitu Baik dengan 99 responden (100%), Beneficence tertinggi yaitu Baik 54 responden (54,5%), Non-Maleficence tertinggi yaitu Baik dengan 54 responden (54,5%), Veracity tertinggi yaitu Baik dengan 74 responden (74,7%), Confidentiality tertinggi yaitu Cukup dengan 51 responden (51,5%), Justice tertinggi yaitu Baik dengan 99 responden (100%), Fidelity tertinggi yaitu Baik dengan 55 responden (55,6%), Akuntability tertinggi yaitu Cukup dengan 61 responden (61,6%), Sehingga dalam penelitian ini secara keseluruhan penerapan pelaksanaan prinsip etik mahasiswa berada pada kategori baik dengan mempertimbangkan peningkatan prinsip akuntabilitas dan adaptasi profesionalisme secara bertahap.

References

Ardiansyah. (2022). Prinsip Etik Pada Tindakan Keperawatan. Kemenkes. Https://Yankes.Kemkes.Go.Id/View_Artikel/69/Prinsip-Etik-Pada-Tindakan-Keperawatan

Chairul Huda, S. U. (2018). Pengetahuan Perawat Pelaksana Dalam Kode Etik Keperawatan Indonesia Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh. Keperawatan, 1–7.

Fajar, A. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan Tentang Kode Etik Keperawatan Di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Firmansyah, I. (2018). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Perawat Tentang Kode Etik Keperawatan Di Rsd Kalisat Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan Indonesia, 7(3), 104. Https://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/99543

Hamrani. (2021). Peran Tenaga Kesehatan Dalam Penanganan Pandemi Covid-19.

Khalid, A. (2021, November). Kasus Irt Di Gorontalo Tewas Diduga Malpraktik Dokter Berakhir Damai. Detik.Com.

Nasrullah, D. (2019). Etika Keperawatan (Cetakan Pe). Umsurabaya Publishing.

Perdana, D. A. (2023). Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan Sebagai Mandatory Issue Dalam Implementasi Peraturan Perundang-Undangan Terkait Desa Siaga.

Ppni. (2017). Buku Standar Kode Etik Keperawatan Tahun 2017-2020. Buku Standar Kode Etik Keperawatan, 0751, 1–23.

Ruminem. (2021). Pengantar Etika Keperawatan.

Samosir, E. (2020). Budaya Etik Akuntability Perawat Dalam Pemodelan Patient Safety Di Rumah Sakit. 1–8.

Shrestha, S., & Jose, P. (2014). Knowledge & Practice Of Nursing Ethics And Laws. Journal Of Universal College Of Medical Sciences, 2(3), 30–33. Https://Doi.Org/10.3126/Jucms.V2i3.11825

Siregar, H. K., Andini, F. T., Tahu, S. K., & Supriyadi. (2020). Ilmu Keperawatan Dasar. In Media Sains Indonesia (Vol. 01).

Wahyuni. (2017). Etika Keperawatan. Jakarta: In Widya Medika. (Edisi Pert). Pustaka Hanif.

West, E. (2020). Ethics And Integrity In Nursing Research. In Handbook Of Research Ethics And Scientific Integrit

Downloads

Published

2024-08-30