PENGERAUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA RELAWAN MAHASISWA TENTANG TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KASUS TERSEDAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30760Keywords:
Pengetahuan, Relawan Mahasiswa, Sikap, TersedakAbstract
Tersedak adalah penyumbatan saluran napas seluruhnya atau sebagian akibat benda asing(makanan, mainan, dll), sehingga korbannya kesulitan bernapas dan dapat menyebabkan kekurangan oksigen. Ppertolongan yang diberikan secara dini dapat membantu tingkat kelangsungan hidup bisa mencapai 95%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap relawan mahasiswa terhadap tindakan pertolongan pertama pada kasus tersedak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group only with pre test-post test design. Populasi sebanyak 60 anggota KRS. Sampel penelitian sebanyak 42 dilakukan uji menggunakan Wilcoxon Signed Ranks. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Dari penelitian ini didapatkan pengetahuan relawan mahasiswa sebelum dilakukan Pendidikan kesehatan berpengetahuan cukup yaitu 31 responden (73,8 %) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan pengetahuan relawan mahasiswa meningkat yaitu 20 (47,6 %) berpengetahuan baik dan cukup. Sikap relawan mahasiswa sebelum dilakukan Pendidikan kesehatan cukup baik yaitu 41 responden (97,6%) dan setelah dilakukan Pendidikan kesehatan sikap relawan mahasiswa meningkat menjadi baik yaitu 42 responden (100 %). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap relawan mahasiswa terhadap pertolongan pertama pada kasus tersedak dengan nilai 0,00 (p<0,05).References
Alsuwaidi, L., Powell, L., Alhashmi, D., Hassan Khamis, A., et al., (2022). Volunteering among pre-clinical medical students: Study of its association with academic performance using institutional data. MedEdPublish, 12, 24.
Prayitno, S., & Arini, T. (2021). Efektifitas Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 133-142.
Pratiwi, L. P. L. (2021). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media E-Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri. 7–22.
Purnomo, E., Nur, A., A. Pulungan, Z. S., & Nasir, A. (2021). Pengetahuan dan Keterampilan Bantuan Hidup Dasar Serta Penanganan Tersedak Pada Siswa SMA. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 14(1), 42–48.
Saputra, T., Yulianti, E., Keswara, U, R., Dzamaludin, D., Setiawati., et al., (2020). No Pengabdian Kepada Masyarakat Penangganan Tersedak Pada Orang Dewasa. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.
Sari, E. M. D., Wulandari, P., & Fitria, A. (2018). Perilaku Ibu Dalam Pertolongan Pertama Saat Tersedak Pada Anak Usia Toddler Di Posyandu Harapan Ibu Desa Penghidupan Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 2(1).
Siregar, N., Adelina, Y. (2022). Hubungan Pengetauhan dan Sikap Orangtua tentang Penanganan Pertama Pada Anak yang Tersedak di Huta III Kabupaten Simalungun, 22(1), 563-566.
Tadesse, M., Assen Seid, S., Getachew, H., & Ali, S. A. (2022). Knowledge, attitude, and practice towards basic life support among graduating class health science and medical students at Dilla University; a cross sectional study. Annals of Medicine and Surgery, 82(June), 104588.
Tarigan, A. B. B. (2019). Gambaran Pengetahuan Inu Terhadap Pertolongan Pertama Pada Balita Tersedak Di Desa Tuntungan II Tahun 2019. Skripsi, 22-81.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ana Nur Afifah, Insanul Firdaus, Andriani Mei Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).