ANALISA KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS SAMBUNGMACAN 1 SRAGEN

Authors

  • Yeni Dwi Parwanti Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Andriani Mei Astuti Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Puput Mulyono Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30758

Keywords:

Komunikasi terapeutikkepuasan pasien

Abstract

Komunikasi sangatlah penting dalam profesi keperawatan, Komunikasi bertujuan untuk menstransfer pesan kepada pasien atau tenaga kesehatan profesional lainnya. Terciptanya pelayanan kesehatan yang baik tentunya berkaitan dengan kualitas mutu pelayanan kesehatan yang diidentifikasi sebagai suatu kegiatan yang dilaksanakan secara berkelanjutan, sistematis dan objektif sebagai salah satu indikator pelayanan kesehatan yang baik dalam meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi perawat terhadap kepuasan pasien. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Waktu penelitian di lakukan pada bulan Maret 2024. Sampel penelitian ini sebanyak 34 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik pada kategori terapeutik sebanyak 27 orang (79.4%) dan tidak terapeutik sebanyak 7 orang (20.6%). Tingkat kepuasan pasien pada kategori puas sebanyak 27 orang (79.4%) dan tidak puas sebanyak 7 orang (20.6%). Berdasarkan Uji Statistic Spearman Rank didapatkan hasil nilai p=0.000 maka p-value tersebut <0.05, hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan : penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Sambungmacan 1 Sragen. kan pemberi layanan kesehatan yang memberikan pelayanan perawatan selama 24 jam, sehingga komunikasi sangatlah penting dalam profesi keperawatan. Komunikasi bertujuan untuk menstransfer pesan kepada pasien atau tenaga kesehatan profesional lainnya. Terciptanya pelayanan kesehatan yang baik tentunya berkaitan dengan kualitas mutu pelayanan kesehatan yang diidentifikasi sebagai suatu kegiatan yang dilaksanakan secara berkelanjutan, sistematis dan objektif sebagai salah satu indikator pelayanan kesehatan yang baik dalam meningkatkan mutu pelayanan. Pada Puskesmas Sambungmacan 1 Sragen belum dilakukannnya pengukuran indeks kepuasan pada komunikasi terapeutik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi perawat terhadap kepuasan pasien. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Waktu penelitian di lakukan pada bulan Maret 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Sambungmacan 1 Sragen yaitu dari bulan  September - November 2023 dengan total pasien 142 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 34 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik pada kategori terapeutik sebanyak 27 orang (79.4%) dan tidak terapeutik sebanyak 7 orang (20.6%). Tingkat kepuasan pasien pada kategori puas sebanyak 27 orang (79.4%) dan tidak puas sebanyak 7 orang (20.6%). Berdasarkan Uji Statistic Spearman Rank didapatkan hasil nilai p=0.000 maka p-value tersebut <0.05, hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan : penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Sambungmacan 1 Sragen.

References

Achmad, H. K. (2019). The relationship between nursest therapeutic communication with inpatient satisfaction at the Wotu Health Center in East Luwu Regency. Jurnal Administrasi Negara, 25, 123–140.

Agil, H. M., Rohman, T., & Santosa, P. R. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Bung Karno RSU Proklamasi Rengasdengklok Tahun 2020. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 12(1), 83–93.

Rahma. (2022). Penerapan Komunikasi SBAR Perawat saat Handover di Ruang Rawat Inap. Studi Kasus, 1, 1–7.

Ramadia, A., Rahmaniza, A., Maulidi, P., Studi, I., Keperawatan, S., Al, I., & Pekanbaru, J. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap. In Jkj): Persatuan Perawat Nasional Indonesia (Vol. 10).

Shilvira, A., Fitriani, A. D., & Satria, B. (2022). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. Ilmu Psikologi Dan Kesehatan, 1(3), 205–214.

Suyatno, Achir Yani S, H. (2020). Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR). 3(1). Indonesian Journal of Nursing Research, Vol 5 No 1, Mei 2022, 3(2), 38–50.

Wahyuni, S., & Lahaja, W. S. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Robert Wolter Mongisidi Manado. Jurnal Nurse, 3(2).

World Health Organization. Regional Office for Europe. (2021). Patient satisfaction and experience at migrant health centres in Turkey. World Health Organization. Regional Office for Europe, 1–34.

Yuana, Y. (2019). Relation Of Therapeutic Communication To The Patients Satisfaction In Internal Cari1. Yuana, Y. Relation Of Therapeutic Communication To The Patients Satisfaction In Internal Caring Room Misi Lebak Hospital Siti Rochani . 2, 43–55.

Hidayatullah, M. S. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional, 8(1), 62–73.

Julfitry, H., Hasjum, P., Haskas, Y., & Sabil, F. A. (2023). hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Penelitian Keperawatan, 3, 176–183.

Meikayanti, N. M. K., Sukmandari, N. M. A., & Pertiwi, S. P. A. A. dewi. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Kabupaten Tabanan. Nursing Current, 8(2), 135–145.

Purnamasari, N., & Putri Utami, D. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Kelas Ii Dan Iii Rsud Wonosari Yogyakarta the Correlation Between Nursing Therapeutic Communication With Patient Satisfaction in Patient Room of Class Ii and Iii in Wonosari. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 10(1).

Downloads

Published

2024-09-22