METODE SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW PENGARUH REKAM MEDIS ELEKTRONIK TERHADAP MUTU PELAYANAN PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN

Authors

  • Ageng Prasetia Program Pascasarjana, Magister Manajemen Kesehatan, Universitas Sangga Buana YPKP
  • Erniaty Beddu Program Pascasarjana, Magister Manajemen Kesehatan, Universitas Sangga Buana YPKP
  • Gusti Agung Adi Wira Buwana Program Pascasarjana, Magister Manajemen Kesehatan, Universitas Sangga Buana YPKP
  • Triyana Rochmawati Program Pascasarjana, Magister Manajemen Kesehatan, Universitas Sangga Buana YPKP
  • ip Paramarta Program Pascasarjana, Magister Manajemen Kesehatan, Universitas Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30627

Keywords:

Electronic medical record, Quality of service, Health care facilities, Systematic literature review

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu program, yang diberikan oleh petugas medis dalam memelihara Kesehatan masayarakat dan mencegah dan mengobati timbulnya penyakit. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian systematic literature review atau SLR. Diharapkan metode SLR ini dapat menggali lebih dalam dan tepat sasaran sehingga dapat mengamati, mengkaji, menilai serta mengartikan, penelitian yang ada dan tentunya menarik untuk dibahas terutama pembahasannya di sini adalah mengenai mutu pelayanan rekam medis dalam program kesehatan, Serta pembahasan mutu pelayanan rekam medis ini sangat dinamis karena terjadinya perubahan didalam masyarakat dari waktu ke waktu dan fenomena sosial selalu terus berubah di dalam masyarakat, dalam metode SLR ini sangatlah baik untuk dapat diterapkan dalam penelitian, kaitannya dalam ilmu kesehatan, pada metode SLR ini dapat dilakukan review atau menelaah suatu jurnal, artikel, buku, atau jenis dokumen lain secara runtut dan setiap langkahnya mengikuti tata cara atau aturan yang telah ditentukan. Sehingga dalam hasil akhir penelitian dapat menunjukkan hasil yang tepat tanpa di rekayasa dan lebih kompatibel.

References

Apriliyani, Sinta. 2021. Penggunaan Rekam Medis Elektronik Guna Menunjang Efektivitas Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Klinik dr Ranny. Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia Volume 1 Nomor 10 Oktober 2021.

Anfal, A. L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan. Excellent Midwifery Journal, 3(2), pp. 1–19.

Ariani, Suci. 2023. Analisis Keberhasilan Implementasi Rekam Medis Elektronik dalam Meningkatkan Efisiensi dan Mutu Pelayanan. Jurnal Kesehatan dan Kedokteran (Jukeke) Volume 2 Nomor 2 Juni 2023.

Aulia, Az-Zahra dan Irda Sari. 2020. Analisis Rekam Medis Elektronik dalamMenunjang Efektivitas Kerja di Unit Rekam Medis di Rumah Sakit Hermina Pasteur.

Azhar Susanto. 2017. “Sistem Informasi Manajemen : Konsep dan Pengembangan Secara Terpadu”. Bandung : Lingga Jaya

Az-Zahra Rizky Aulia et al. 2023. “Analisis Rekam Medis Elektronik Dalam Menunjang Efektivitas Kerja Di Unit Rekam Medis Di Rumah Sakit Hermina Pasteur”. Bandung : Jurnal INFOKES Volume 7 Nomor 1 Juni 2023

Belrado, Rahmi Nuzula et al. 2024. Analisis Penggunaan Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit. Jurnal Penelitian Perawat Profesional Volume 6 nomor 4, Agustus 2024.

Gabriella, Tasha et al. 2023. Analisis Pengaruh Rekam Medis Elektronik Rumah Sakit Terhadap Peningkatan Kualitas Mutu dan Keselamatan Pasien di RSIA Permata Sarana Husada tahun 2023. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI) 7 (4). h. 389 – 397

Handiwidjojo, Wimmie. 2009. Rekam Medis Elektronik. Jurnal Eksis 02 (01), h. 36 -41.

Herlambang, Susanto dan Anita Murwani. 2012. Manajemen Kesehatan & Rumah Sakit. Yogyakarta : Gosyen Publishing. h. 39 – 45

Ikawati, Fita Rusdian. 2024. Efektivitas Penggunaan Rekam Medis Elektronik terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien di Rumah Sakit. Journal of Multidiscilinary Research and Development 6 (3). h. 288 - 298

Iman, Arief Tarmansyah dan Lena, Dewi. 2017. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I : Quality Assurance. Jakarta : Kemenkes RI.

Lin, Hong – Ling et al. Association Between Electronic Medical Records and Healtcare Quality. Medicine 99 (31). h. 1- 7

Mamik. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Surabaya : Zifatama Publisher. h. 156 – 182

Manurung, Jasmen et al. 2021. Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Medan : Yayasan Kita Menulis. h. 45 -56

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Pohan, Imbalo S. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar

Prasad,Lallan and Gulshan, SS (2011). Management : Principles and Practices. Excel Books India. hlm. 6.

Robbins, Stephen P. (2021). Management. Mary K. Coulter, Amy Randel (edisi ke-Global edition). Harlow. ISBN 978-1-292-34089-0. OCLC 1154954222.

Rusdiana & Irfan. 2014. “Sistem Informasi Manajemen”. Bandung : Pustaka Setia

Septina Dwi Indrawati et al. 2020. “Evaluasi Rekam Medis Elektronik Bagian Coding Rawat Inap Di Rsud K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang”. Jember : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan Vol. 1 No. 4, September 2020

Siti Sofia et al. 2022. “Analisis Aspek Keamanan Informasi Pasien Pada Penerapan RME di Fasilitas Kesehatan”. Jember : Jurnal Rekam Medik dan Manajemen Informasi Kesehatan Vol. 1, No. 2, Oktober 2022,

Sondakh, Jenny J.S,dkk. 2014. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika

Sudirman, et all. 2023. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Palu : Ara Digital Mandiri.

Susatyo, H.,Arita, M. (2012). Cara Mudah Memahami Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit. Hal 3-6. Goysen Publishing, Yogyakarta

Triyanti, Endang dan Weningsih, Imelda Retna. 2018. Bahan Ajar Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK), Manajemen Informasi Kesehatan III. Jakarta : Kemenkes RI. h. 12-20

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan

Wahyudin Rahman, La Saudin. 2022. “Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen” Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung

WHO (2018) Handbook for national quality policy and strategy, WHO. : http://www.who.int/servicedeliverysafety

Downloads

Published

2024-08-30