HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JAKARTA ANGKATAN 2022

Authors

  • Kharisma Novi Dianita Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Linda Sulistiani Budiarso Bagian Mikorobiologi, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30614

Keywords:

Mahasiswa, Prestasi Akademik, Strategi Koping

Abstract

Pendidikan di bidang kedokteran seringkali dikaitkan dengan serangkaian tantangan akademik yang signifikan seperti berhadapan dengan kurikulum yang padat, kegiatan klinis yang menuntut, dan berbagai tuntutan lain yang mengharuskan mereka untuk menyeimbangkan beragam aspek dalam kehidupan mereka. Tuntutan akademik ini sangat berkaitan dengan stress yang dialami oleh mahasiswa. Oleh karena itu strategi koping diakui sebagai kunci penting dalam mengelola stress. Dalam konteks akademik, kemampuan untuk mengadopsi strategi koping yang adaptif dan efisien dapat menjadi penentu utama kesuksesan akademik. Sebaliknya, penggunaan strategi koping yang tidak efektif atau maladaptif dapat berdampak negatif terhadap kinerja akademik. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan jenis analitik korelasional. Sampel penelitian diberjumlah 124 responden dan menggunakan metode total sampling. Hasil pada penelitian ini didapatkan mahasiswa yang menggunakan strategi koping adaptif sebanyak 63 responden (50.81%) dan menggunakan strategi maladaptif sebanyak 61 responden (49.19%). Dalam hasil prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa mayoritas berada dalam kategori baik sebanyak 121 responden (97.58%) dan kategori cukup sebanyak 3 responden (2.42%). Dilakukan Uji statistic Chi Square untuk mengetahui hubungan antara strategi koping dan pretasi akademik, didapatkan sebesar p= 0,161 (p>0,05), sehingga dapat diinterpretasikan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi koping dan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022.  

References

Algorani EB, Gupta V. Coping mechanisms. In: StatPearls [Internet]. StatPearls Publishing; 2022.

Ananda, S.N., Sumaryati S., & Susanti A.D. (2022). Pengaruh Stres Belajar terhadap Prestasi Akademik dengan Strategi Coping sebagai Variabel Intervening pada Siswa Akuntansi SMK Negeri di Surakarta. Jurnal Tata Arta UNS. 8(1): 95-104.

Basith, A., Syahputra, A., Fitriyadi, S., Rosmaiyadi, R., Fitri, F., & Neni Triani, S. (2021). Academic Stress and Coping Strategy in Relation to Academic Achievement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 292-304.

Ihsan, Jaliil A., Dewi Y. I, & Wahyuni S. Nur, H. (2020). Mekanisme Koping dan Prestasi Belajar Mahasiswa Yang Ikut dan Yang Tidak Ikut Organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 58–70.

Inayah, D. N., Daud, M., & Nur, H. (2023). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja di Kota Makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 266–273. https://journal-nusantara.com/index.php/PESHUM/article/view/1391

Kariv D, Heiman T, Zion R Le. Stressors, stress and coping in dual-demand environments: The case of working ‘back to schoolers.’ J Adult Contin Educ 2005;11(1):91–110.

Madigan, D. J., & Curran, T. (2020). Does burnout affect academic achievement? A meta-analysis of over 100,000 students. Educational Psychology Review, 2, 387–405.

Maxon, F. (2022). Coping in Fictional Literature: A literary analysis of coping strategies in Sally Rooney´ s Normal People and its usefulness in the EFL classroom. Linnaeus University. https://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A1740219&dswid=-7405

Oktarisa, F., & Yusra, Z. (2015). Perbedaan Prestasi Akademik Ditinjau Dari Coping Stress Dan Jenis Kelamin Pada Pers Mahasiswa. Jurnal RAP UNP. 6(2): 136-145.

Pratama PYS, Wulanyani NMS. Pengaruh kuantitas, kemampuan komunikasi interpersonal, dan perilaku altruisme anggota kelompok terhadap social loafing dalam proses diskusi kelompok di fakultas kedokteran universitas udayana. J Psikol Udayana 2018;5(01):197.

S. Maharani, N. Kurniawan and Y. Hasneli, "Hubungan Mekanisme Koping dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau," Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, vol. 1, no. 1, 2023.

Downloads

Published

2024-08-23