HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JAKARTA ANGKATAN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30614Keywords:
Mahasiswa, Prestasi Akademik, Strategi KopingAbstract
Pendidikan di bidang kedokteran seringkali dikaitkan dengan serangkaian tantangan akademik yang signifikan seperti berhadapan dengan kurikulum yang padat, kegiatan klinis yang menuntut, dan berbagai tuntutan lain yang mengharuskan mereka untuk menyeimbangkan beragam aspek dalam kehidupan mereka. Tuntutan akademik ini sangat berkaitan dengan stress yang dialami oleh mahasiswa. Oleh karena itu strategi koping diakui sebagai kunci penting dalam mengelola stress. Dalam konteks akademik, kemampuan untuk mengadopsi strategi koping yang adaptif dan efisien dapat menjadi penentu utama kesuksesan akademik. Sebaliknya, penggunaan strategi koping yang tidak efektif atau maladaptif dapat berdampak negatif terhadap kinerja akademik. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan jenis analitik korelasional. Sampel penelitian diberjumlah 124 responden dan menggunakan metode total sampling. Hasil pada penelitian ini didapatkan mahasiswa yang menggunakan strategi koping adaptif sebanyak 63 responden (50.81%) dan menggunakan strategi maladaptif sebanyak 61 responden (49.19%). Dalam hasil prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa mayoritas berada dalam kategori baik sebanyak 121 responden (97.58%) dan kategori cukup sebanyak 3 responden (2.42%). Dilakukan Uji statistic Chi Square untuk mengetahui hubungan antara strategi koping dan pretasi akademik, didapatkan sebesar p= 0,161 (p>0,05), sehingga dapat diinterpretasikan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi koping dan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022.References
Algorani EB, Gupta V. Coping mechanisms. In: StatPearls [Internet]. StatPearls Publishing; 2022.
Ananda, S.N., Sumaryati S., & Susanti A.D. (2022). Pengaruh Stres Belajar terhadap Prestasi Akademik dengan Strategi Coping sebagai Variabel Intervening pada Siswa Akuntansi SMK Negeri di Surakarta. Jurnal Tata Arta UNS. 8(1): 95-104.
Basith, A., Syahputra, A., Fitriyadi, S., Rosmaiyadi, R., Fitri, F., & Neni Triani, S. (2021). Academic Stress and Coping Strategy in Relation to Academic Achievement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 292-304.
Ihsan, Jaliil A., Dewi Y. I, & Wahyuni S. Nur, H. (2020). Mekanisme Koping dan Prestasi Belajar Mahasiswa Yang Ikut dan Yang Tidak Ikut Organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 58–70.
Inayah, D. N., Daud, M., & Nur, H. (2023). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja di Kota Makassar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 266–273. https://journal-nusantara.com/index.php/PESHUM/article/view/1391
Kariv D, Heiman T, Zion R Le. Stressors, stress and coping in dual-demand environments: The case of working ‘back to schoolers.’ J Adult Contin Educ 2005;11(1):91–110.
Madigan, D. J., & Curran, T. (2020). Does burnout affect academic achievement? A meta-analysis of over 100,000 students. Educational Psychology Review, 2, 387–405.
Maxon, F. (2022). Coping in Fictional Literature: A literary analysis of coping strategies in Sally Rooney´ s Normal People and its usefulness in the EFL classroom. Linnaeus University. https://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A1740219&dswid=-7405
Oktarisa, F., & Yusra, Z. (2015). Perbedaan Prestasi Akademik Ditinjau Dari Coping Stress Dan Jenis Kelamin Pada Pers Mahasiswa. Jurnal RAP UNP. 6(2): 136-145.
Pratama PYS, Wulanyani NMS. Pengaruh kuantitas, kemampuan komunikasi interpersonal, dan perilaku altruisme anggota kelompok terhadap social loafing dalam proses diskusi kelompok di fakultas kedokteran universitas udayana. J Psikol Udayana 2018;5(01):197.
S. Maharani, N. Kurniawan and Y. Hasneli, "Hubungan Mekanisme Koping dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau," Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, vol. 1, no. 1, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kharisma Novi Dianita, Linda Sulistiani Budiarso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).