HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FK UNTAR ANGKATAN 2022/2023

Authors

  • Izzra Fahmi Agoes Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Zita Atzmardina Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30582

Keywords:

aktivitas fisik, prestasi akademik, IPK

Abstract

Aktivitas fisik merupakan faktor penting dalam kesehatan dan kesejahteraan mahasiswa, serta dapat mempengaruhi prestasi akademik mereka. Tujuan penelitian ini ialah mengeksplorasi hubungan antara aktivitas fisik dan prestasi akademik di kalangan mahasiswa. Penelitian dilakukan terhadap 234 Mahasiswa FK Untar Angkatan 2022 dan 2023, dengan mengumpulkan data tentang tingkat aktivitas fisik, seperti jenis dan durasi aktivitas yang dilakukan, serta pencapaian akademik tiap mahasiswa dalam bentuk nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).  Penelitian dilaksanakan secara analitik observasional dengan desain potong lintang (cross sectional).  Hasil analisis data menunjukkan prestasi akademik siswa dan tingkat aktivitas fisik tidak berkorelasi secara signifikan dengan nilai p < 0,402 dan ditemukan bahwa orang yang beraktivitas fisik 1,186 kali mempunyai prestasi akademik lebih baik. IPK siswa yang lebih banyak melakukan aktivitas fisik tidak selalu lebih tinggi dibandingkan siswa yang lebih sedikit melakukan aktivitas fisik. Pentingnya integrasi aktivitas fisik dalam rutinitas harian mahasiswa ditekankan sebagai bagian dari strategi pendidikan holistik untuk meningkatkan tidak hanya kinerja akademik mereka, tetapi juga kesehatan mereka. Hal ini dapat membantu banyak hal positif dalam mempromosikan gaya hidup sehat di kalangan mahasiswa.

References

Ardila, C. M., & Gómez-Restrepo, Á. M. (2021). Relationship between physical activity, academic achievement, gender, and learning styles in students of a Latin American Dental School: A cross-sectional study. Journal of education and health promotion, 10, 149. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_646_20

Barbosa A, Whiting S, Simmonds P, Scotini Moreno R, Mendes R, Breda J. Physical Activity and Academic Achievement: An Umbrella Review. International Journal of Environmental Research and Public Health. 2020; 17(16):5972. https://doi.org/10.3390/ijerph17165972

Centers for Disease Control and Prevention. The association between school based physical activity, including physical education, and academic performance. Atlanta, GA: U.S. Department of Health and Human Services; 2010.

Dr. Nimmi Agarwal, S. K. D. M. A. (2021). Defining And Measuring Academic Performance of Hei Students-A Critical Review. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 3091–3105. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.6952

Fernandez, J. (2024) What is a good GPA for medical school?, American University of Antigua. Available at: https://www.auamed.org/blog/medical-school/what-is-a-good-gpa-for-medical school/#:~:text=Generally%2C%20a%20GPA%20of%203.5,school’s%2075th%20or%2080th%20percentile). (Accessed: 19 June 2024).

Global status report on physical activity 2022. Geneva: World Health Organization; 2022. Licence: CC BY-NC-SA 3.0 IGO.

Physical activity [Internet]. World Health Organization; 2022 [cited 2023 Dec 21]. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity

Setiabudi, Feri (2023) Hubungan Aktivitas Fisik dan Kebugaran Jasmani dengan Prestasi Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

Suwandaru Universitas Negeri Surabaya Taufik Hidayat Universitas Negeri Surabaya C. The Journal of Universitas Negeri Surabaya [Internet]. 2021 [cited 2023 Dec 21]. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37969

Downloads

Published

2024-08-23