HUBUNGAN PENGETAHUAN KADER DENGAN PELAYANAN SISTEM LIMA MEJA DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH KOTA BANDA ACEH

Authors

  • Adek Mailisa Risma Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Surna Lastri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Maidar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh https://orcid.org/0009-0007-3650-9246

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.30027

Keywords:

Pengetahuan Kader, Pengisian KMS, Posyandu, Sisten 5 Meja

Abstract

Permasalahan posyandu yakni masih kurangnya pengetahuan para kader terkait dengan pelayanan sistem lima meja di posyandu. Selain itu, terdapat juga kader yang masih belum maksimal dalam memberikan penyuluhan pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan kader dengan pelayanan sistem lima meja di Posyandu Wilayah Puskesmas Batoh Kota Banda Aceh Tahun 2023. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini seluruh kader posyandu yang ada di wilayah Puskesmas Batoh Kota Banda Aceh sebanyak 45 orang kader. Sampel dalam penelitian ini total dari kesuluruhan populasi sebanyak 45 kader posyandu. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara wawancara dan dengan pengisian kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square melalui SPSS.Hasil analisis univariat data penelitian menunjukkan bahwa posyandu yang menerapkan pelayanan sistem lima meja sebanyak (82,2%). Sedangkan hasil dari analisis data bivariat Ada hubungan antara pengetahuan kader tentang pendaftaran pederapan Sistem Lima Meja di Posyandu dengan p-value 0,000, ada hubungan  antara pengetahuan kader tentang  penimbangan dengan p-value 0,001, ada hubungan antara pengetahuan kader tentang  pengisian KMS  dengan p-value 0,002, ada hubungan antara pengetahuan kader tentang penyuluhan kesehatan dengan p-value 0,000, ada hubungan antara pengetahuan kader tentang pelayanan kesehatan dengan nilai p-value 0,002.Peningkatan pengetahuan kader terbukti berperan penting dalam keberhasilan penerapan Sistem Lima Meja di Posyandu, yang telah diterapkan oleh mayoritas (82,2%) Posyandu. Hal ini menekankan pentingnya edukasi kader untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

References

Wulandari, (2016) ‘Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan pengetahuan kader tentang Sistem Lima Meja di Posyandu’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 1(1), pp. 50–57. doi: 10.22435/jpppk.v1i1.427.

Zakiyah, N., Pendidikan Ekonomi, J. and Ekonomi, F. (2020) ‘Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat’, Economic Education Analysis Journal, 9(3), pp. 690–703. doi: 10.15294/eeaj.v9i3.31647.

Nazir(2021) ‘Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya’, Journal Ilmu Sosial, Politik dan Pemerintahan, 8(1), pp. 1–16. doi: 10.37304/jispar.v8i1.605.

Marfian (2019) ‘Tingkat Perkembangan Posyandu di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Fakultas Kesehatan Masyarakat. Paruntu, B. R. L. et al. (no date) ‘Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia di Puskesmas Kabupaten Minahasa Human Resource Requirements Planning in Health Center Minahasa District’, pp. 43–53. Pemerintahan, J. D. (2023) ‘Abstrak’, 6(1), pp. 1–30.

Downloads

Published

2024-09-27