HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN ASUPAN NUTRISI MAHASISWA UPERTIS DALAM MENYUSUN SKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29358Keywords:
Stress Level, Nutritional Intake, ThesisAbstract
Mahasiswa tingkat akhir, seringkali mengalami stres saat menghadapi banyaknya kendala dan tuntutan dalam upaya menyelesaikan studinya. Salah satu tuntutan tersebut adalah menyelesaikan persyaratan akademik berupa menyusun skripsi. Stres dapat mengganggu keseimbangan fungsi tubuh, salah satunya adalah fisiologi tubuh yang berkaitan dengan asupan nutrisi. Stres yang dialami dapat menyebabkan asupan nutrisi yang tidak sehat dikonsumsi oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan asupan nutrisi mahasiswa keperawatan dalam menyusun skripsi di Universitas Perintis Indonesia. Metode penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan desain cross sectional, dan teknik sampling adalah total sampling sebanyak 25 responden. Instrument yang digunakan adalah kuesioner Perceived Stress Scale (PSS), Food Frequency Questionnaire (FFQ), Food Recall 2x24 Jam. Analisis yang digunakan univariat dan bivariate menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian setelah dilakukan uji statistic dengan uji Chi-Square menunjukkan, hasil analisis untuk energy, protein, lemak dan karbohidrat dimana diperoleh nilai PValue = (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan asupan nutrisi mahasiswa keperawatan Universitas Perintis Indonesia dalam menyusun skripsi yang ditandai dengan (P-value >0,05). Saran untuk institusi pendidikan, diharapkan juga memperhatikan mekanisme koping atau pertahanan stres mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan instrument yang berbeda dan jumlah sampel yang lebih banyak.Downloads
Published
2024-06-28
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Lisa Fradisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).