GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TATANAN SEKOLAH DI INDONESIA : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29169Keywords:
Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sekolah, SiswaAbstract
Anak sekolah sebagai salah satu contoh sasaran yang sangat efektif untuk merubah kebiasaan dan tingkah laku hidup sehat sejak usia dini. Menurut Data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, proporsi anak sekolah di Indonesia berperilaku cuci tangan dengan benar yaitu sebesar 48,2%. Metode yang digunakan peneliti dalam menyusun artikel ini yaitu dengan tinjauan sistematik berpedoman PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Metode ini memiliki lima Langkah terstruktur yaitu: Mengidentifikasi topik literatur, mencari sumber, memilih sumber yang relevan, mengelompokkan dan menganalisis, serta merangkum. Pada tahap awal dilakukan pencarian literatur dengan menggunakan database “Google Scholar” dan Science Direct dilakukan screening. Prosedur penyaringan terdiri dari judul, abstrak, tahun penelitian, dan metode yang digunakan. Kriteria inklusi studi yaitu berupa studi yang dipublikasi dalam 6 tahun terakhir (2019–2024).. Terdapat 8 indikator PHBS tatanan sekolah, diantaranya: Mencuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun termasuk dalam kategori cukup, mengonsumsi makanan sehat di kantin sekolah masih terdapat tiga kategori, yakni kurang, cukup, dan baik. Selanjutnya, menggunakan toilet yang bersih dan sehat sudah termasuk kategori cukup. Berolahraga dengan teratur, sudah termasuk dalam kategori cukup. Pengendalian jentik di sekolah termasuk ke dalam kategori kurang. Tidak merokok di lingkungan sekolah masih terdapat beberapa sekolah yang kurang dalam menerapkan pilar ini, namun ada juga beberapa sekolah yang sudah menerapkan pilar ini dengan baik. Mengukur berat badan dan tinggi badan secara rutin masih berada di kategori cukup. Selanjutnya, indikator membuang sampah pada tempatnya termasuk ke dalam kategori cukup dan kurang.References
Ananda Br.SK, D., Harista Nasution, K., Afrah Goslan Siregar, M., Asiyah Siregar, N., Hasibuan, N., Shabrina Batu Bara, R., & Daulay, S. (2024). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Slamet. Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat(ALKHIDMAH), 2(1), 26–41. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i1.661
Anggraini, N. V., Anggraeni, D. T., & Rosaline, M. D. (2022). Peningkatan Kesadaran PHBS Cuci Tangan dengan Benar pada Anak Usia Sekolah. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(4), 1172–1179. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i4.5399
Apriyani, T. (2024). Literatur Review: Gambaran Pengetahuan, Sikap Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. JK: Jurnal Kesehatan, 2(3), 194–206. https://jurnalkesehatan.joln.org/index.php/health/article/view/116/127
Asrina, A., & Yusriani. (2023). Peningkatan Pengetahuan mengenai PHBS sebagai Program Promosi Kesehatan pada Tatanan Sekolah di SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 440–454. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i3.2425
Aswadi, Syahrir, S., Delastara, V., & Surahmawati. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa-Siswi SDK Rita Pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Al-Sihah: Public Health Science Journal, 9(2), 187–196. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/as.v9i2.3775
Bukit, S., Lamriana Hutagalung, S., & Sarbaini, W. (2022). Analisis Pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Journal of Community Development (JCD), 1(1). https://journal.nabest.id/index.php/jcd/article/download/11/9
Fathonah, W. P., & Minsih. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 208–213. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.427
Harahap, Y. W., Ahmad, H., Aritonang, S., & Antoni, A. (2023). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sekolah di SD Negeri Ujung Gurap Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kesehatan, 1(1), 18–23. https://doi.org/https://doi.org/10.58723/abdigermas.v1i1.7
Herawati, C., Kristanti, I., Selviana, M., & Novita, T. (2019). Peran Promosi Kesehatan Terhadap Perbaikan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Membuang Sampah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. DIMASEJATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5397
Hilman, A. F., Karjatin, A., & Lestari, F. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang PHBS Melalui Media Ular Tangga Yang Dimodifikasi. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(1). https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i1.2058
Iftitah Alam, R. (2023). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) dalam Lingkungan Sekolah. Window of Community Dedication Journal, 04(02), 75–81. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/wocd.v4i2.1820
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).