PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG DAN PEMANFAATAN DAUN KELOR SEBAGAI PENCEGAHAN STUNTING

Authors

  • Rizky Werdaningtyas Departemen Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Trias Mahmudiono Departemen Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29099

Keywords:

Edukasi Gizi, Pemanfaatan Daun Kelor, Pencegahan Stunting

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan stunting yang menunjukan kondisi naik-turun (dinamis) baik di Dunia maupun di Indonesia perlu disikapi secara serius. Hasil Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2021 menunjukkan prevalensi stunting di Indonesia pada 2021 sebesar 24,4%, atau menurun 6,4% dari angka 30,8% pada tahun 2018. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh edukasi gizi dan pemanfaatan daun kelor terhadap pencegahan stunting. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode lapangan yakni melalui edukasi langsung dan demo pembuatan bahan makanan pendamping ASI, penelitian ini menggunakan metode desain kuantitatif. dengan instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang dilakukan dalam dua tahapan yaitu pada saat sebelum kegiatan dilakukan dan setelah kegiatan dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa edukasi gizi mempengaruhi pengetahuan ibu mengenai stunting dan upaya pencegahannya. Hasil pre-test menunjukan bahwa 7 dari 12 ibu memiliki pengetahuan dengan kategori sedang dengan presentase komulatif yaitu 58.3. Selanjutnya, 5 dari 12 lainnya berkategori baik dengan angka komulatif mencapai 41.7. Setelah diberikan edukasi dan pelatihan pembuatan makanan berbahan dasar daun kelor dan dilakukan post-test maka hasilnya menunjukan bahwa dari jumlah (N) yaitu 12 orang, semuanya memiliki pengetahuan yang baik. dengan presentase validasinya adalah 100.0. Kesimpulannya edukasi gizi seimbang dan pemanfaatan daun kelor mempengaruhi secara signifikan pengetahuan ibu menegenai gizi seimbang sebagai pencegahan stunting

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles