HUBUNGAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.2900Keywords:
SARAPAN PAGI, KONSENTRASI SISWAAbstract
Latar Belakang : Anak usia sekolah adalah investasi bangsa, karena mereka adalah generasi penerus bangsa.. Untuk dapat berprestasi seorang anak harus dapat berkonsentrasi dalam belajar, peningkatan konsentrasi belajar dapat dicapai dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan sarapan. Tujuan : untuk mengetahui adakah hubungan sarapan pagi terhadap konsentrasi siswa di sekolah SDN I Kalirejo Banyuwangi. Metode : Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner terkait sarapan atau tidak sarapan. Sampel dihitung menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data diolah dengan langkah editting, Coding, Skoring, dan Tabulasi dan dianalisa secara univariat dengan menggunakan rumus product moment.Hasil : Kebiasaan siswa melakukan sarapan sebelum pergi ke sekolah sebagian besar pada kategori kadang-kadang (78%). Kategori konsentrasi siswa menyatakan bahwa siswa dapat memperhatikan penjelasan guru dengan baik, dapat berkonsentrasi dalam keadaan bugar, dapat berkonsentrasi di kelas, serta mereka juga menyatakan bahwa konsentrasi membuat siswa dapat menerima pelajaran dengan baik, dimana semua pernyataan tersebut berada pada kategori selalu.Kesimpulan : Dengan memperhatikan besarnya rxy yaitu 0,23 yang berada pada kisaran 0,20 - 0,40, ini berarti korelasi positif antara variabel X dan Y, dimana hal ini termasuk korelasi positif yang rendah atau lemah. Sementara itu dengan memperhatikan hasil intepretasi secara kasar dengan menggunakan tabel nilai “r†: df = N-nr = 27-2=25 menunjukkan hasil pada taraf signifikansi 5% maupun 1% tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara sarapan dan konsentrasi siswa.Downloads
Published
2021-12-31
How to Cite
Mawarni, E. (2021). HUBUNGAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI SISWA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 159–167. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.2900
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Elita Mawarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).