ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RESIKO KECELAKAAN LALU LINTAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28875Keywords:
Faktor kendaraan, Faktor Lingkungan, Faktor Manusia, Resiko kecelakaan lalu lintasAbstract
Artikel ini membahas terkait risiko kecelakaan lalu lintas yang meliputi beberapa faktor seperti manusia, kendaraan, dan lingkungan menjadi salah satu aspek penting. Kecelakaan terutama disebabkan oleh orang-orang yang menggunakan jalan tersebut, meskipun kecelakaan juga dapat disebabkan oleh kesesuaian dan kondisi teknis kendaraan. Penting untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan pengguna jalan serta melakukan pemeliharaan kendaraan secara rutin untuk mengurangi risiko kecelakaan. Metodologi penelitiannya adalah tinjauan pustaka, yang dilakukan dengan menelaah dan mengevaluasi berbagai sumber data terkait tentang faktor risiko kecelakaan lalu lintas, seperti buku, makalah, jurnal ilmiah, dan dokumen pemerintah terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi faktor lingkungan, kendaraan, dan manusia yang berhubungan dengan risiko kecelakaan lalu lintas serta bagaimana perilaku manusia di jalan raya berkontribusi terhadap kecelakaan, serta pengaruh faktor teknis dan kesesuaian kendaraan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perilaku manusia di jalan raya mempunyai pengaruh besar terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan, selain itu kondisi teknis dan kesesuaian kendaraan juga dapat menyumbang terjadinya kecelakaan. Pentingnya meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan para pengguna jalan serta melakukan perawatan kendaraan secara rutin untuk mengurangi risiko kecelakaan. Beberapa hal yang mendukung terjadinya terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain kondisi kendaraan yang tidak memadai, faktor lingkungan fisik seperti jalan berlubang, jalan rusak, jalan basah/licin, jalan gelap, hujan, dan kondisi cuaca. Memperbaiki desain kendaraan dan peraturan pemerintah dapat membantu mengurangi kecelakaan.References
Akbar, Amiruddin, F. (2019). Tinjauan Kecelakaan Lalu Lintas Antar Wilayah Pada Jalan Trans Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal: PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik. Vol. 4 (1).
Anisarida, An An. (2019). Korban Kecelakaan Lalu Lintas Sepeda Motor Dikota Bandung. Jurnal: HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia). Vol. 5 (2).
Bela Titisari, (2019). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus: Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Jogja-Solo Km. 17+300-Km. 49+800 Kabupaten Klaten), Program Studi T. Sipil, Univeritas Muhammadiyah Surakarta.
Esti, Dwi, I. (2019). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Dan Biaya Kecelakaan Materil Pada Ruas Jalan Nasional (Study Kasus: Jl. Raya Serang Km 35 Jayanti Kabupaten Tangerang. Jurnal: Fondasi: Jurnal Teknik Sipil. Vol. 8 (1)
Fahza, Asep. (2019). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol. Jurnal Teknik ITS. Vol 8 (1), Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Fakhruriza, Pradana, M. (2019). Analisa Kecelakaan Lalu Lintas dan Faktor Penyebabnya di Jalan Raya Cilegon. Jurnal: Kajian Teknik Sipil. Vol. 4 (2)
Putra, Styana, E. E. (2021). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Ngerong Cemorosewu. Jurnal: Kacapuri. Vol. 4 (2).
Samsudin, Imam. (2019). Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Ruas Jalan Ir. H. Alala Kota Kendari Ditinjau dari Prasarana dan Geometrik Jalan, Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian.
Siregar, Zulkifli. (2020). Analisis Ruas Jalan Lintas Sumatera Kota Tebing Tinggi dan Kisaran Sebagai Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal: Mesil (Mesin, Elektro, Sipil). Vol. 1 (2)
Suhardi, Bambang. (2023). Ergonomi Transportasi Implementasi Desain Rambu-Rambu Lalu Lintas Dan Model Fitness ForDuty. Yogyakarta: Deepublish Digital
UU RI. 2009. UUD No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
World Health Organization. (2015). Road traffic in- juries.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nofi Susanti, Chairunnisa T D E Angkat, Dhea Afriza Pohan, Mutiara Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).