HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA DENGAN PERILAKU PENANGANAN DISMENORE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28560Keywords:
Pengetahuan Remaja, Perilaku Penanganan DismenoreAbstract
Tingkat kejadian dismenore di seluruh dunia yaitu berada di antara 16,8 - 81 % dimana terjadi rata - rata 50 % pada perempuan di setiap negara mengalami nyeri haid atau dismenore. Dismenore dapat memberikan dampak yang buruk bagi remaja putri, dimana dapat menimbulkan gangguan pada aktivitas sehari – hari, dan hal ini juga dapat mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dismenore dengan perilaku penanganan dismenore pada remaja di SMAIT Miftahul Khoir. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 siswi. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.References
Rohan, Hasdianah Hasan, Apin Setyowati, Erma Herdyana, Siti Komariyah EA. Kesehatan Reproduksi. Malang: Intimedia; 2017.
Manafe KN, Adu AA, Ndun HJN. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Dismenore dan Penanganan Non Farmakologi di SMAN 3 Kupang. Media Kesehat Masy. 2021;3(3):258–65.
Handayani, T. Y., & Sari DP. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja dalam Mengatasi Dismenorea. Medihealth J Ilmu Kesehat Dan Sains. 2021;1(1):14–20.
Juwitasari NP, Asdiwinata NIN setya ika, Kep S, Kep M. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Penanganan Nyeri Dismenore Pada Remaja Putri di SMP Saraswati 1 Denpasar Relationship between Knowledge Level and Handling of Dysmenorrhea in Young Women in SMP Saraswati 1 Denpasar. Hub Tingkat Pengetah Dengan Penanganan Nyeri Desminore Pada re,aja Putri Di SMP Sar 1 Denpasar. 2020;
Jusni, Rivandi A, Erniawati, Andriani L, Kamaruddin M. Hubungan Tingkat Pengetahuan Peserta Didik Putri Di Sman 6 Bulukumba Kelas X Dengan Kejadian Dismenorea Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Med Alkhairaat J Penelit Kedokt dan Kesehat. 2020;2(3):119–24.
Februanti S. Pengetahuan Remaja Putri Tentang Penanganan Dismenore Di Smpn 9 Tasikmalaya. J Kesehat Bakti Tunas Husada J Ilmu-ilmu Keperawatan, Anal Kesehat dan Farm. 2017;17(1):157.
Sandra G, Ernawati S, Ambarwati WN. Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Mengenai Penanganan Dismenorea Di Kelurahan Kedungwinong. Univ Muhammadiyah Surakarta [Internet]. 2015;1–13. Available from: http://eprints.ums.ac.id/37848/
Manktelow J. Stress Pada Remaja. 2017;14–33.
Haerani et al. nyeri haid merupakan salah satu keluhan yang dapat dialami wanita saat menstruasi. 2020;
Pangesti, Lestari and R. . Hubungan antara menarce dini dengan pola hormonal dari siklus menstruasi merupakan merupakan dari siklus menstruasi merupakan faktor penting terjadinya dismenore primer. 2018;
Tsamara G, Raharjo W, Putri EA. HUBUNGAN GAYA HIDUP DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA. 2020;
Nengah Runiari. DERAJAT DISMINOREA DENGAN UPAYA PENANGANAN PADA REMAJA PUTRI. 2019;
I Kadek Riyandi Pranadiva Mardana. penilaian nyeri. 2017;
Saputri N, Andar S, Astuti P, Rizky AW, Studi P, Kebidanan D, dkk. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENANGANAN DISMENORE PRIMER PADA REMAJA PUTRI.
Pati E, Purba N, Rompas S, Karundeng M, Studi P, Keperawatan I, dkk. HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENANGANAN DISMENORE DI SMA NEGERI 7 MANADO.
Nancy Martina, Dina Indarsita. HUBUNGAN PENGETAHUAN DISMENORE DENGAN PENANGANAN DISMENORE PADA SISWI DI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN 2019.
Februanti S. Pengetahuan Remaja Putri Tentang Penanganan Dismenore Di Smpn 9 Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi. 2017;17(1):157.
Kurniawati T, Setiyowati W, Mahardika D. HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PENANGANAN DISMENOREA PADA REMAJA PUTRI DI KOTA SEMARANG. Jurnal ilmiah Ilmu Kebidanan dan Kesehatan. 2020;11(1):20–4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maryam Syarah Mardiyah, Ahmad Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).