PENGARUH PENDIDIKAN SEKS PRANIKAH TERHADAP SIKAP REMAJA DI SMA NEGERI 1 KAJUARA KABUPATEN BONE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28479Keywords:
Pendidikan Seks Pranikah, Remaja , SikapAbstract
Remaja adalah tahap peralihan yang dialami seseorang setelah anak-anak menuju ke pendewasaan, rentang umur sekitar 10 sampai dengan 19 tahun. Pada masa itu remaja mengalami perubahan yang signifikan pada semua perkembangannya sepeti fisik, sosial, kognitif dan watak serta kepribadian. Banyak remaja yang salah mengartikan pergaulan bebas, seperti melakukan banyak hal yang justru melanggar norma sosial. Salah satunya adalah melakukan hubungan seks. Perilaku seks pranikah yang dilakukan remaja akan berdampak pada transmisi penularan penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS. Khususnya negara Indonesia berada pada peringkat ke-4 dengan remaja perempuan yang telah melakukan hubungan seksual sebesar 20%. WHO 2018 menyatakan bahwa diperkirakan 30% dari 40 juta ODHA (yaitu 10,3 juta) merupakan orang muda berusia 15-24 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan seks pranikah terhadap sikap remaja di SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian ekspriemen dan desain penelitian kuantitatif. One group pretst-postest design for pre-experimental research design. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang berumur 16-18 tahun di SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone sebanyak 360 siswa. Sampel yang diambil berdasarkan pada teknik purposive sampling sejumlah 78 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Kajuara yang menjadi responden dalam penelitian ini mempunyai sikap pre-test tentang pendidikan seks yang positif sebanyak 73 responden (93,6%) dan yang bersikap negatif sebanyak 5 responden (6,4%). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan sikap remaja akan seks pranikah sehingga di dapatkan ada pengaruh Pendidikan seks pranikah dengan sikap remaja di SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone.Downloads
Published
2024-06-24
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nasrayanti Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).